×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara mendapat foto zooming seperti dalam film Fast Furious

0

Gadget

Begini cara mendapat foto zooming seperti dalam film Fast Furious

Kamu bisa menggunakan teknik zooming untuk memperoleh gambar keren seperti efek yang terlihat dalam film Fast Furious.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rikky Fatur

08 / 07 / 2019 10:15

Teknik zooming merupakan salah satu teknik fotografi untuk menciptakan foto yang menarik. Foto yang dihasilkan seperti seolah-olah mendekati atau menjauhi subjek foto. Prinsipnya sama seperti teknik panning, yaitu memfokuskan ke subjek foto dan mengaburkan (blur) background-nya. Jika background pada panning blur pada arah horisontal, maka background zooming blur pada arah vertikal menuju ke fokus.

Teknik zooming dilakukan dengan mengubah panjang fokal lensa. Panjang fokal lensa ditarik (zoom out) atau dipanjangkan (zoom in) bersamaan dengan penekanan tombol shutter. Teknik zooming dilakukan dengan menggunakan slow shutter speed. Lensa yang digunakan adalah lensa zoom, misal 18-55. Teknik zooming lebih baik dilakukan dengan menggunakan manual fokus agar tidak terjadi perubahan fokus pada saat shutter ditekan.

Foto Zooming
Shutter speed: 1/5 detik
Apperture: f/29

Berikut adalah tips dalam melakukan teknik zooming:

Loading...

1. Gunakan ISO rendah.

ISO speed yang rendah memungkinkan mengontrol cahaya yang masuk saat kita memakai shutter speed rendah. ISO speed yang rendah juga menambah ketajaman objek foto.

2. Gunakan Shutter Priority (Tv atau S).

Gunakan mode shutter priority untuk mengatur kecepatan shutter yang diinginkan. Pada kamera Canon mode Tv dan pada Nikon mode S, penggunaan shutter priority lensa akan mengatur sendiri bukaannya secara otomatis sehingga kita tidak perlu mengatur bukaan lensa. Gunakan shutter speed rendah tapi jangan terlalu rendah, sekitar 1/5 - 1/30 detik.  

3. Fokus.

Gunakan fokus manual. Pemakaian fokus manual pada teknik zooming lebih mudah karena kamera tidak perlu mencari-cari fokus lagi.  

4. Gunakan tripdod.

Penggunaan tripod bukan merupakan suatu keharusan saat melakukan teknik zooming. Tetapi menggunakan tripod dapat membuat foto lebih tajam karena mengurangi guncangan kamera saat lensa zooming. 

5. Zooming.

Gunakan lensa zoom. Lakukan gerakan memutar lensa secara halus saat zoom in atau zoom out lensa agar hasil foto lebih tajam. Tidak perlu memutar ring lensa sampai habis. Cobalah membuat variasi kecepatan memutar ring dengan shutter speed yang berbeda untuk mendapatkan kombinasi yang tepat.

Pada satu kasus, teknik zooming bisa dilakukan menggunakan lensa fix. Tetapi kamera harus bergerak untuk menggantikan pergerakan putaran lensa. Saya pernah mengambil foto zooming di dalam mobil yang sedang bergerak. Pergerakan mobil memberikan efek zooming yang menarik. Dapat kalian lihat hasil fotonya di bawah ini seperti Fast Furious!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red