×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 7 cara belajar efektif dan efisien yang wajib kamu ketahui

0

N/A

Begini 7 cara belajar efektif dan efisien yang wajib kamu ketahui

Agar hasil belajar bisa optimal dan pengetahuanmu makin meningkat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Wira Ari Yudantoro

05 / 03 / 2019 14:45

Tidak hanya siswa yang mesti belajar, selepas dari mahasiswa sebaiknya pun kita tetap selalu belajar. Tidak selalu berkaitan dengan ilmu pelajaran yang ada di bangku sekolah, namun banyak yang harus dipelajari selepas itu. Terlepas itu bagaimana belajar yang efektif, sudahkah kita paham bagaimana cara menyerap dengan baik pelajaran yang disampaikan?

Belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap, dan atau keterampilannya. Yuk, simak 7 cara belajar yang efektif dan efisien berikut ini.

1. Buat suasana belajar yang nyaman.

Ciptakan suasana yang nyaman, atur kebersihan dan kerapian tempat belajar bisa menjadi kunci kenyamanan. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, di antaranya belajar di tempat-tempat yang nyaman, misalnya di taman atau di pinggir danau, atau di ruangan ber-AC. Serta menyiapkan cemilan dan minuman.

Tidak bisa dipungkiri rasa capek setelah satu atau bahkan setengah jam selama belajar akan timbul. Itulah yang harus dilawan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Loading...

 

2. Merangkum pokok pembelajaran.

Ini penting karena jika kamu membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut. Jika tidak, gunakan stabilo atau pensil penanda poin penting untuk menghindari kembali poin tersebut.

 

3.  Belajar bersama.

Inti dalam memasukkan suatu ke dalam otak adalah rasa rileks dan senang. Jika kita merasa capek dan tertekan maka akan bertambah tak masuk poin atau ilmu yang ada. Makanya metode ini sering kali dikatakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum diketahui akan lebih mudah diselesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

 

4. Metode mempersingkat, memodifikasi menyerupai nama sesuatu atau berimajinasi.

Metode ini untuk mempermudah kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi dan juga akronim. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya. Dan yang tidak kalah penting juga metode berimajinasi dengan sesuatu yang tidak biasa. Ini bisa menjadi trik khusus yang jitu.

 

5. Belajar dengan praktik.

Belajar sambil praktik adalah hal yang sangat efektif. Cara belajar ini juga akan membuat kamu tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun. Dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik. Karena kita adalah makhluk yang suka visual, maka dari itu dengan praktik kita tidak lagi membayangkan, namun langsung melihat dan memudahkan untuk mencerna.

 

6. Belajar rutin tapi jangan lama.

Dengan rutin belajar kamu akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah kamu pelajari. Yang perlu kamu lakukan adalah "belajar rutin", bukan "terlalu lama belajar". Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks daripada harus belajar terlalu lama.

 

7. Mengerti, bukan menghapal.

Yah, hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghapal. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya, maka dengan sendirinya akan kita ingat ketika ujian. Kalau kamu masih dalam metode belajar dengan menghapal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red