×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

0

N/A

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Jangan salah, jika kamu tidak mengatur keuanganmu di bulan puasa. Pengeluaranmu justru dapat membengkak loh!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bestlook21

13 / 05 / 2019 11:51

Terbayang tidak di benakmu kalau bulan puasa itu momen di mana kamu bisa menghemat pengeluaran? Karena dapat mengeleminasi kebutuhan makan, jajan, dan pengeluaran untuk nongkrong. Eits, jangan salah guys, malah sebaliknya di bulan puasa kamu akan mengeluarkan banyak pengeluaran yang tak terduga.

Sekarang kamu malah banyak mengeluarkan biaya untuk berbuka dan sahur. Jika biasanya kita makan malam dengan lauk seadanya, namun di bulan puasa kamu bakal membutuhkan makanan yang lebih variatif, kamu butuh ta’jil, camilan, bahkan hidangan penutup. Belum lagi saat menjelang lebaran kamu butuh baju lebaran, zakat, dan bagi-bagi THR. Berikut tips hemat di bulan puasa.

1. Buatlah rencana daftar menu selama sebulan.

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Tips yang pertama, kamu sebaiknya membuat daftar menu buka puasa selama sebulan. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengatur apa yang akan dikonsumsi selama sebulan. Dengan demikian, kamu dapat memperkirakan berapa besar jumlah pengeluaran untuk makanan sesuai dengan kebutuhan.

Loading...

 

2. Pilih undangan buka bersama yang penting.

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Selama bulan puasa, pasti kamu dapat undangan buka bersama teman. Eits gak semua undangan harus kamu datengi lo! Pilihlah undangan yang menurut kamu penting saja. Ada 3 tips dari Prita Ghozie, seorang perencana keuangan yang dilansir dari berita Kompas. Menurut Prita, buka puasa bersama itu biasanya menghabiskan pengeluaran yang melebihi dari makan malam normal. Maka perlu untuk disiasati agar pengeluaran tidak membengkak.

Cara mensiasatinya adalah kamu dapat mendata dalam satu bulan ajakan untuk buka puasa apa saja yang penting dan ada rencana untuk kamu datangi. Yang kedua, kamu harus cari tau di mana lokasi untuk berbuka puasa sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan budget. Yang terakhir, apabila lokasi berbuka puasa tidak sesui dengan budget yang kamu miliki, kamu dapat mensiasatinya bisa berbuka puasa lebih dulu sendiri, misal dengan kurma dan air putih, lalu kita dapat join dengan teman kamu untuk makan malam saja.

 

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Setiap kamu mau belanja kebutuhan menjelan lebaran, sangat penting untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Seperti beli baju atau sandal dan sepatu sesuai dengan kebutuhan kamu, bukan karena keinginan atau bahkan karena diskon besar-besaran sehingga kamu kalap untuk menuruti keinginanmu. Alhasil pengeluaranmu pun membengkak.

 

4. Manfaatkan diskon.

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Untuk memenuhi kebutuhan pada saat bulan puasa dan menjelang lebaran, kamu dapat memanfaatkan diskon besar-besaran. Eits, tapi jangan lupa beli yang sesuai kebutuhan ya. Kamu dapat mencari diskon di internet dan membuat list kebutuhan yang akan kamu beli, kira-kira beli di mana sesuai diskon yang kamu dapatkan.

 

5. Pilih baju lebaran yang masih bagus, gak perlu baru.

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Lebaran bukan momen untuk memakai baju baru loh! Kalau semisal masih punya baju bagus, kenapa harus beli lagi?

 

6. Uang THR bukan untuk dihabiskan semua.

Begini 6 tips mengatur pengeluaran di bulan puasa, anti boros

Uang THR jangan dihabiskan, tapi kamu bisa alokasikan untuk investasi, dana darurat, serta kamu dapat memberikan uang THR untuk saudara-saudaramu. Selain itu jangan sampai lupa kewajiban kamu untuk menunaikan zakat dan juga bersedekah.

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red