×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 6 cara efektif meredakan stres berlebihan

0

Kesehatan

Begini 6 cara efektif meredakan stres berlebihan

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Stres dapat dialami oleh siapa saja, namun kondisi ini pun dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

12 / 09 / 2019 16:09

 

Setiap orang pasti pernah merasakan tekanan dan beban berat dalam hidupnya. Hal ini bisa menjadi pemicu utama stres berlebihan. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang beragam seperti gelisah, merasa kesepian, berprasangka buruk, sulit menenangkan pikiran, mudah marah, hingga pada akhirnya mulai kecanduan alkohol. Kondisi tersebut tentunya harus segara diatasi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Pasalnya, stres merupakan salah satu penyebab utama dari munculnya berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit serius. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara meredakan dan menangani stres.

Stres tak hanya berdampak pada kesehatan psikis, tetapi juga pada kesehatan fisik. Hal ini disebabkan karena stres bukan hanya sekadar perasaan belaka. Namun, ketika kamu mengalami stres, maka tekanan darah dalam tubuh akan meningkat dan pembuluh darah pun menyempit sehingga kamu cenderung akan bernapas lebih cepat. Kondisi ini dipicu oleh hormon kortisol yang dilepas oleh tubuh serta adrenalin yang membuat kinerja jantung meningkat lebih cepat. Hormon kortisol dapat meluapkan energi secara percuma sehingga membuat kamu mudah merasa lelah.

Sebelum menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres.

Loading...

1. Istirahat cukup.

Cara mengatasi stres sebenarnya tidaklah rumit. Istirahat yang cukup dan tidur nyenyak merupakan cara yang mudah untuk menghilangkan stres. Pasalnya, stres juga dapat terjadi ketika seseorang kurang istirahat.

2. Relaksasi.

Stres dapat disebabkan karena adanya tekanan, beban pikiran, ketegangan dan keadaan mental yang kacau. Maka dari itu kamu perlu melakukan relaksasi untuk meringankan beban pikiran yang dapat memicu stres.

3. Meditasi.

Meditasi merupakan cara lain yang dapat kamu coba untuk menenangkan pikiran. Salah satunya dengan melakukan olahraga yoga sebagai cara untuk menghilangkan stres akibat beban pikiran.

4. Meluapkan perasaan.

Jika merasa stres, ada baiknya tak memendam apa yang kamu rasakan seorang diri. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat beban yang kamu tanggung semakin berat. Dengan berbagi apa yang kamu rasakan pada seseorang yang dipercaya dapat membantu mengurangi beban pikiran. Luapkan semua yang ada di benakmu pada orang yang dapat dipercaya atau kamu pun dapat meluapkannya pada seorang psikolog. Setelah melakukan itu, perasaanmu pasti akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Olahraga.

Olahraga adalah tidak hanya membuat tubuh lebih sehat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga juga baik untuk keadaan psikis seseorang, terutama bagi yang tengah mengalami stres. Cara menghilangkan stres dengan berolahraga merupakan cara yang mudah, sederhana, dan efektif. Kamu dapat melakukannya dengan bersepeda atau jalan-jalan di sekitar rumah.

6. Lakukan kegiatan yang kamu senangi.

Melakukan kegiatan yang kamu sukai juga dapat membantu mengurangi stres . Kamu dapat melakukan semua hobi apapun itu yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, seperti baca komik, nonton rilm, memasak, belanja, jalan-jalan, dan lain-lain.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red