×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 tips untuk membuat rumah minimalis modern

0

Rumah

Begini 5 tips untuk membuat rumah minimalis modern

Bisa kamu jadikan rekomendasi nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fiky Nur Fadli

06 / 09 / 2018 11:55

 

Tempat tinggal yang aman dan nyaman menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang karena rumah sebagai tempat untuk beristirahat setelah letih bekerja. Suasana di rumah pun harus memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Namun jika lahan yang dimiliki terbatas, apakah bisa membuat rumah yang nyaman? Solusinya adalah membuat rumah minimalis modern yang memiliki konsep dengan memanfaatkan lahan terbatas, namun tetap nyaman sebagai hunian keluarga.

Membangun hunian minimalis modern alangkah baiknya jika menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah yang cocok untuk ditinggali di lahan yang tidak terlalu luas. Desain rumah minimalis bukan hanya terlihat dari bentuk rumahnya saja, tetapi komposisi di dalamnya juga harus diperhatikan agar kesan minimalis tetap hadir didalam rumah. Sehingga nantinya pemilik rumah merasa nyaman dengan desain rumah modern minimalis yang diinginkan.

Nah, berikut ini 5 tips konsep rumah minimalis modern yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

1. Bangunan vertikal atau horizontal.

Loading...

Begini 5 tips untuk membuat rumah minimalis modern

Lihat terlebih dahulu bagaimana kondisi lahan bakal rumahmu, apakah cocok untuk rumah dengan model vertikal atau horizontal. Jika lahan terasa sempit dan tidak pas untuk bentuk rumah horizontal, kamu bisa mendesain ulang rumahmu dengan bentuk vertikal yang pastinya harus didiskusikan terlebih dahulu dengan arsitek yang kamu pilih. Kelebihan berkonsultasi dengan arsitek ini adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam pembangunan rumah dan perencanaan pembangunan rumah akan lebih matang

Yang perlu diperhatikan dalam mendesain bangunan rumah berbentuk vertikal adalah pondasi yang kuat dan bangunan lantai dasar yang kokoh untuk menopang bangunan di atasnya. Hal ini untuk meminimalisir adanya rentak rambut pada dinding rumah. Jika dirasa lahan yang dimiliki luas, tidak salahnya untuk membuat rumah berbentuk horizontal. Keuntungannya adalah rumah terlihat luas serta nyaman. Kamu pun juga bisa mengkreasi desain rumahmu dengan leluasa.

2. Penataan ruang.

Begini 5 tips untuk membuat rumah minimalis modern

Konsep penataan ruang di dalam rumah juga berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni rumah. Rencanakan dengan matang di dalam hunian ingin ada ruang apa saja. Jika lahan tak terlalu luas, kamu bisa membuat 2 kamar tidur dan satu lantai, serta tentukan letak ruangan primer lainnya seperti dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya. Selain itu rumah dengan penataan yang simpel dan praktis memungkinkan untuk berkreasi lebih terhadap ruangan dalam rumah.

Lahan yang luas juga lebih menguntungkan karena pemilik rumah bisa menambahkan berbagai ruangan yang ada pada rumahnya, seperti terdapat halaman belakang, garasi, dan lain sebagainya.

3. Desain interior dan eksterior.

Begini 5 tips untuk membuat rumah minimalis modern

Desain di dalam rumah harus dipikirkan secara matang juga. Terdapat 2 pilihan desain interior yang bisa menggunakan wallpaper atau cat dinding. Penggunaan wallpaper pada desain interior rumah harus di padu-padankan dengan perabotan yang ada di dalam rumah sehingga akan terkesan lebih senada dan tidak terlalu ramai. Penggunaan cat dinding untuk interior rumah bisa menggunakan warna-warna netral yang bisa dikreasikan dengan perabotan di rumah serta untuk ruangan pribadi seperti kamar tidur yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

4. Gunakan canopy.

Begini 5 tips untuk membuat rumah minimalis modern

Pemanfaatan lahan terbatas untuk konsep rumah minimalis bisa menggunakan canopy untuk menggantikan peran garasi yang ada di dalam rumah. Kamu bisa memanfaatkan lahan yang diberi canopy sebagai rumah untuk kendaraan dan juga sebagai tempat bermain anak-anak agar tidak terkena panas matahari.

5. Area hijau dan teras rumah minimalis.

rumah minimalis www.pinterest.co.uk

Foto: www.pinterest.co.uk

Lahan sempit bukan berarti tidak bisa membuat area hijau pekarangan rumah. Pembuatan area hijau ini bisa membuat kesan bahwa rumah kamu terlihat lebih luas dan sedap dipandang. Teras rumah juga bisa digabungkan dengan area hijau rumah minimalismu karena teras adalah hal pertama yang akan dilihat oleh tamu yang berkunjung ke rumah. Selain itu, jangan pernah menaruh furniture berlebihan di teras rumah karena akan memberikan kesan tidak rapi dan sempit pada teras hunian minimalismu.

Yang terpenting dalam pembangunan rumah minimalis modern adalah bagaimana memanfaatkan lahan yang ada dan membuat rumah terkesan lega dan enak dipandang. Dan juga gunakanlah jasa arsitek sebagai orang yang akan memberikan masukan dan ide yang cocok untuk konsep rumah yang kamu inginkan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red