×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

0

News

Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

Obesitas juga bisa terjadi pada anak-anak dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

24 / 09 / 2018 10:00

Obesitas atau masalah berat badan bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Sebagian orang menganggap anak yang gemuk sangat menggemaskan, tetapi perlu disadari oleh para orang tua bahwa berat badan yang berlebihan pada anak-anak akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti resiko jantung koroner dan kolesterol. Selain itu, obesitas pada anak juga dapat menganggu aktivitas. Anak-anak jadi sulit bergerak karena kelebihan berat badan. Bagi orang tua, bisa menerapkan 5 hal berikut agar anak terhindar dari risiko obesitas.

1.Ajarkan anak gaya hidup sehat.

Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

Foto: Merdeka.com

Gaya hidup memang salah satu faktor yang sangat memengaruhi terjadinya risiko obesitas pada anak. Orang tua dapat menerapkan pola hidup sehat dengan memberikan contoh kepada buah hati bagaimana menjalani keseharian yang sehat, mulai memperkenalkan makanan yang sehat, serta berperilakulah sehat di depan anak. Karena anak-anak akan meniru setiap perilaku yang dilihatnya.

Loading...

2. Modifikasi makanan.

Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

Pola makan merupakan hal paling mendasari penyebab terjadinya obesitas pada anak. Orang tua bisa memodifikasi makanan yang dikonsumsi oleh anak dengan cara mencampur lauk yang disukai anak-anak dengan makanan yang banyak mengandung serat. Atau dengan cara mengkreasikan makanan sehat menjadi bentuk yang menarik bagi anak-anak, serta dapat mengganti makanan yang banyak mengandung gula dengan buah-buahan.

3. Ajak anak untuk aktif bergerak.

Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

Foto: Hello Sehat

Dengan aktif bergerak, selain dapat mencegah bertambahnya berat badan juga dapat menjadikan tubuh sehat dan bugar. Orang tua bisa mengajak anak untuk bermain yang banyak melibatkan gerakan, atau mengajaknya bermain sepeda di lingkungan rumah. Juga hal yang tidak kalah penting adalah dengan membatasi anak untuk menonton televisi terlalu lama, karena menonton tidak membuat anak aktif bergerak.

4. Periksa kesehatan secara rutin.

Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

Foto: Fimela Family

Pemeriksaan kesehatan sangat berguna untuk mengetahui bahwa kondisi anak dalam keadaan sehat atau tidak, lebih baik lagi jika pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin agar anak terhindar dari risiko obesitas dan penyakit lainnya.

5. Memberikan penghargaan pada anak.

Begini 5 tips agar anak terhindar dari obesitas

Foto: Hai Bunda

Salah satu cara efektif yang dapat diterapkan untuk membuat anak menjalai hidup sehat adalah memberikan penghargaan pada anak. Beri anak pujian jika ia melakukan gaya hidup sehat, atau dapat menegurnya jika anak menjalani gaya hidup yang tidak sehat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red