×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

0

Binatang

Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

https://petlifetoday.com/take-care-of-a-guinea-pig/

Sebenarnya mudah banget lho merawat hewan lucu yang satu ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Manarul hidayah

20 / 03 / 2019 10:08

Para pencinta hewan mungkin sudah tidak asing lagi dengan hewan peliharaan yang satu ini, yaitu guinea pig. Guinea pig bukan berasal dari jenis babi lho, melainkan jenis hewan pengerat seperti halnya hamster. Di Indonesia, guinea pig biasa disebut marmut. Sama seperti kelinci, guinea pig adalah peliharaan yang sudah umum dipelihara di Indonesia, namun kebanyakan orang tidak tertarik memelihara guinea pig karena tidak tahan lama alias cepat mati.

Sebenarnya semua tergantung bagaimana kita merawatnya. Jika dirawat dan dipelihara dengan benar, guinea pig tidak akan cepat mati dan bisa jadi peliharaan yang lucu dan menggemaskan seperti halnya kucing. Buat kamu yang ingin mengadopsi guinea pig, di bawah ini adalah cara yang benar dalam merawat guinea pig.

1. Ketika membeli, pilih guinea pig yang sehat.

Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

Seperti halnya dalam membeli hewan pada umumnya, memilih guinea pig yang benar saat membeli adalah hal yang sangat penting. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika guinea pig yang kita pelihara ternyata bermasalah.

Loading...

Untuk memilih guinea pig yang sehat, kamu hanya perlu melakukan beberapa pengecekan pada guinea pig yang akan kamu beli. Cek pada bagian mata, pilihlah mata yang jernih, bersih dan melek. Jangan pilih jika mata guinea pig banyak belek dan sayu.

Cek seluruh badan dan bulu guinea pig, pastikan tidak ada jamur dan kutu pada bulu guinea pig dan juga tidak ada kecacatan fisik. Dan terakhir pilihlah guinea pig yang terlihat lahap saat makan. Itu membuktikan bahwa guinea pig tersebut dalam keadaan sehat. Disarankan untuk membeli guinea pig lebih dari satu atau sepasang agar guinea pig kamu tidak kesepian saat di kandang.

 

2. Siapkan kandang yang luas dan sesuaikan dengan jumlah guinea pig kamu.

Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

Pilihlah kandang yang cukup luas agar ada sedikit ruang untuk guinea pig kamu bisa berlari dan bermain di dalam kandang. Sesuaikan juga kandang dengan jumlah guinea pig yang kamu beli. Semakin banyak guinea pig yang kamu beli, semakin besar juga kandang yang harus kamu gunakan.

Jangan lupa untuk sering membersihkan kandang dari kotoran maupun sisa-sisa makanan yang bisa membusuk bila didiamkan berhari-hari. Kebersihan kandang adalah salah satu faktor untuk menjaga kesehatan guinea pig.

 

3. Jangan terlalu banyak memberikan sayuran.

Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah ketika memberi makan guinea pig. Perlu diingat jika guinea pig adalah herbivora, mereka memakan segala jenis rumput, sayuran, dan buah-buahan. Namun jangan sering memberikan guinea pig pakan berupa sayuran basah setiap hari. Biasanya ini akan membuat guinea pig menderita diare yang sulit disembuhkan dan pada akhirnya bisa mengakibatkan kematian.

Untuk pakan sehari-hari, guinea pig bisa diberi makan dengan pelet kelinci. Pemberian sayuran dan buah-buahan bisa dilakukan sebanyak 3x seminggu sebagai selingan saja, tidak untuk diberikan setiap hari.

 

4. Biarkan guinea pig bermain di luar kandang.

Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

Membiarkan guinea pig kamu bermain di luar kandang adalah hal wajib untuk dilakukan. Hal ini juga untuk mencegah guinea pig stress karena selalu berada di dalam kandang. Kamu bisa sambil mengajak mereka bermain dan membiarkan guinea pig kamu bermain-main di halaman rumah.

 

5. Sesekali bawa guinea pig kamu pergi ke taman terdekat.

Begini 5 cara merawat guinea pig yang benar dan mudah

Selain membiarkan guinea pig kamu bermain di luar kandang, sesekali kamu juga harus mencoba membawa guinea pig kesayanganmu ke taman terdekat untuk dilepaskan. Hal ini juga berguna untuk kesehatan guinea pig kamu.

Selain bermain-main, guinea pig juga akan memakan rumput taman gratis sepuasnya. Hal ini bisa jadi alternatif jika pakan di rumah kamu sudah habis dan belum sempat membeli pakan baru. Kamu bisa membawa mereka ke taman untuk diberikan rumput liar gratis.

 

Selain beberapa tips di atas, memberikan hal lainnya untuk menunjang kesehatan guinea pig kesayanganmu juga perlu dilakukan, seperti memandikan guinea pig seminggu sekali dan juga memberikan vitamin dan suplemen untuk menjaga kesehatan guinea pig kesayangan.

Dan jangan lupa untuk tetap banyak mencari informasi mengenai perawatan guinea pig yang benar untuk menghindari kesalahan yang bisa membuat umur guinea pig kamu pendek alias gampang mati. Semoga bermanfaat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red