×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 cara agar tak mengantuk setelah makan siang

0

Kesehatan

Begini 5 cara agar tak mengantuk setelah makan siang

Kamu bisa mengatur pola hidup sehat agar tak mengantuk setelah makan siang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arya Raihan

05 / 05 / 2019 11:55

Saat sedang lapar, energi yang ada di dalam tubuh berkurang dan konsentrasi dalam suatu pekerjaan akan terganggu karena telah terkuras saat melakukan aktivitas di pagi hari menjelang siang. Tentunya kita dianjurkan makan siang untuk dapat mengembalikan energi yang hilang. Namun, apa yang terjadi sehabis makan siang? Sebagian orang biasanya setelah makan siang memicu terjadinya kantuk. Mengantuk setelah makan siang merupakan kondisi yang tidak normal karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuat kamu lebih segar.

Mengapa kamu sering mengantuk sehabis makan siang? Biasanya ini karena kamu mengonsumsi makanan yang terlalu berat dan juga kurang tidur atau tidak melakukan aktivitas sehabis makan siang. Mengantuk dapat menghambat pekerjaanmu di mana tugas sedng menumpuk dan akan diselesaikan secepat mungkin. Jika ingin mencari tahu apa yang harus dilakukan agar tidak mengantuk setelah makan siang dan tubuh tetap segar dalam beraktivitas, coba lakukan 5 cara ini.

1. Melakukan pekerjaan kecil.

pekerjaan kecil

Untuk mencegah terjadinya kantuk, coba lakukan pekerjaan kecil seperti melipat baju, mengepel, menyapu, ataupun beres-beres rumah. Jika kamu hanya duduk saja sehabis makan, dapat mengakibatkan terjadinya kantuk. Dengan melakukan hal ini membuat kamu aktif bergerak sehingga oksigen dan nutrisi di dalam tubuh dapat dialirkan ke segala tubuh dengan baik dan kamu menjadi berenergi. Lakukan pekerjaan ini kurang lebih 15-20 menit setelah makan.

Loading...

 

2. Atur porsi makanan.

makanan sehat

Mengatur porsi makan perlu dilakukan pada saat sarapan. Agar lebih bergizi, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, kaya protein, vitamin, dan berserat tinggi yang cukup dan tidak berlebih. Untuk makanan kaya protein dapat kamu temukan dalam daging-dagingan, kacang-kacangan, dan tidak lupa minum susu. Untuk vitaminnya juga dapat kamu temukan dalam buah-buahan dan harus dikonsumsi sesuai yang dianjurkan.

Makanan bernutrisi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mengendalikan tekanan darah pada tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan pastinya juga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat. Dengan demikian kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa kantuk.

Agar sistem imun dalam tubuh terjaga, sebaiknya hindari makanan yang mengandung glukosa tinggi dan juga mengandung lemak banyak seperti makanan cepat saji, minuman soft drink, dan juga gorengan karena makanan dan minuman tersebut masuk ke dalam kategori jumlah porsi yang besar dan berpotensi menyebabkan kantuk.

 

3. Membatasi konsumsi kafein.

makanan kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh memang dapat mencegah datangnya kantuk pada siang ataupun malam hari. Namun kandungan dalam kafein ini tidak berlangsung lama, justru minuman kafein dapat menimbulkan rasa kantuk setelah meminumnya. Hal ini disebabkan kandungan dari kafein dapat mengurangi cairan di dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, minumlah air putih untuk mengembalikan cairannya lagi dan membatasi jumlah asupan kafein yang kamu minum.

 

4. Perbanyak minum air putih.

air putih

Usahakan kamu memperbanyak minum air putih dan selalu menempatkannya di atas meja kerja maupun saat berolahraga. Air sejuta manfaat ini mampu menghilangkan dehidrasi, menghilangkan terjadinya kantuk, dan pastinya mempertajam konsentrasimu saat melakukan pekerjaan. Air putih juga sangat dibutuhkan pada setiap organ sel di dalam tubuh untuk melakukan fungsinya masing-masing. Usahakan minum air putih setidaknya delapan gelas per hari agar tubuh kamu terasa lebih segar saat beraktivitas.

 

5. Sempatkan waktumu untuk berolahraga.

olahraga

Jika kamu ingin berolahraga setelah makan untuk mencegah terjadinya kantuk, maka berilah waktu jeda 2 jam setelah kamu makan. Jeda memberi cukup waktu bagi perut untuk kembali dalam keadaan kosong. Melakukan olahraga saat perut masih kenyang dapat menimbulkan reflux (asam lambung naik) serta perut mengalami mual dan muntah. Dengan berolahraga, selain mencegah terjadinya kantuk dapat menambahkan memori pada otak sehingga membuat daya ingat menjadi tajam. Berolahraga juga berfungsi untuk membakar lemak di dalam tubuh.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red