Buatkamu para pekerja pasti sering mengalami dompet menipis padahal kalau diingat-ingat tidak belanja apapun. Sepertinya tidak belanja barang-barang seperti tas, baju, sepatu, namun gaji sebulan hasil banting tulang hilang tak bersisa. Nah,kamu wajib mengenali keadaan ini karena banyak hal-hal sepele yang tanpa kita sadari dapat menguras kantong. Apa saja sih hal-hal sepele tersebut? Berikut ulasannya.

1. Sering ke mini market.

Mini market ada di mana-mana dan mudah ditemukan, jadilah kamu sering mampir ke sana tanpa ada tujuan membeli sesuatu. Hal ini, seperti belanja tanpa adanya perencanaan sering membuat pengeluaran jadi semakin banyak. Jajanan yang kamubeli tidak begitu terasa keluarnya, namun kalau terlalu sering, kebiasaan ini bisa menguras uang yang kamu miliki. Untuk itu, pandai-pandailah menahan diri dari jajan makanan atau minuman ringan demi menghemat pengeluaran tiap bulannya.

2. Kebiasaan mampir ke coffee shop.

Buat kamu pencinta ngopi-ngopi cantik, kebiasaan satu ini tanpa sadar bikin kantong jebol. Bagaimana tidak, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi, apabila diakumulasikan, berapa uang yang dikeluarkan setiap bulannya demi menyeruput kopi fancy? Uang yang kamu keluarkan untuk menikmati kopi di cafe dengan lingkungan yang nyaman dan tenang tanpa sadar menjadi rutinitas sehari-hari yang sebenarnya tidak terlalu penting.

3. Menjadi korban diskon.

Awalnya kamu ke mall hanya untuk cuci mata, namun saat melihat ada barang yang sedang didiskon, kamu bisa mengubah rencana belanja yang sebenarnya menjadi belanja barang diskon yang tidak terlalu diperlukan tersebut. Apabila sedang berhadapan dengan barang diskon, cobalah untuk menahan dirimu dengan cara bertanya apakah saat ini kamu membutuhkannya atau tidak.

4. Lebih suka makan di luar.

Salah satu pola hidup yang sehat sekaligus hemat adalah dengan memasak makanan sendiri di rumah. Masak memang membutuhkan waktu lebih dalam hal persiapan. Untuk itu, tak ada salahnya membawa bekal dari rumah karena hal ini lebih efektif untuk menahan pengeluaran harianmu.

Ternyata hal-hal yang mungkin untuk kamuterkesan sepele dapat menjadi salah satu sumber pengeluaran yang membuatmujadi boros. Maka dari itu, pandai-pandailah untuk mengelola uang dan jangan lupa menabung.