Keylogger adalah sebuah perangkat keras ataupun perangkat lunak yang dapat merekam secara langsung aktifitas pengguna komputer termasuk penekanan, pengetikan apapun di keyboard pengguna saat pengguna menekannya.

Keylogger, software yang mengintai segala aktivitasmu di laptop

Dilansir dari technewsworld.com Beberapa pengguna laptop HP diketahui telah ter-install program untuk merekam penekanan tombol keyboard pengguna dikenal dengan program Keylogger, kata seorang peneliti keamanan baru-baru ini.

Peneliti tersebut, Michael Myng, menemukan software keylogger ketika dia sedang membetulkan masalah yang terjadi di keyboard laptop temannya. Software tersebut secara default dalam kondisi off.

Setelah Myng menghubungi pihak vendor HP tentang permasalahan ini, dengan cepat mengeluarkan patching-nya untuk memperbaikinya.

Keylogger adalah software yang berbahaya, ujar Lamar Bailey, Direktur peneliti keamanan dan pengembangan dari perusahaan Tripwire.

Program ini seperti seseorang sedang mengintip dari balik bahu anda ketika anda sedang mengetik di depan layar ujarnya. Keylogger dapat merekam password yang bisa saja digunakan untuk meng-akses akun keuangan anda, merekam komunikasi pribadi dan bahkan dapat mengambil kepemilikan kode program.

Perangkat lunak yang sudah terpasang di 460 model laptop HP tampaknya tidak memiliki maksud-maksud jahat di baliknya. Keylogger ini tampaknya menjadi bagian dari driver Touchpad Synaptics, "kata Frederik Mennes, manajer senior strategi pasar dan keamanan di Vasco Data Security.

Tujuan dari keylogger yang sudah terpasang sebenarnya hanya untuk keperluan de-bugging oleh perusahaan penyedia touchpad tersebut. Seharusnya keylogger ini sudah harus dihapus dari software sebelum produk akhir tersebut dipasarkan.

Nampaknya kesalahan ini terjadi akibat kurang telitinya bagian Quality Control driver dari pihak ketiga, sehingga keylogger tersebut masih tertanam di laptop HP. Beruntungnya pihak vendor HP sudah mengeluarkan patch-ing untuk membetulkan eror tersebut.

Bagaiman dengan anda? Apakah anda termasuk yang membeli laptop merk Hp tersebut. Sayangnya sampai berita ini ditulis tidak disebutkan seri HP apa yang sudah beredar.