×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bayi gajah betina lahir di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta

0

Binatang

Bayi gajah betina lahir di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta

Gajah Sumatra GL Zoo / Foto : GL Zoo

Anak gajah yang baru lahir ini merupakan hasil perkawinan alami dua ekor gajah Sumatra (Elephas Maximus).

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

26 / 03 / 2020 17:52

 

Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) pekan ini kehadiran penghuni baru. Seekor anak gajah berjenis kelamin betina, Rabu (25/3/20) lalu lahir dari pasangan gajah jantan bernama Argo dan gajah betina bernama Sinta.  

Public Relation Manager GL Zoo, Eros Yan Renanda mengungkapkan bahwa  anak gajah yang baru lahir ini merupakan hasil perkawinan alami dua ekor Gajah Sumatra (Elephas Maximus). Induk jantan berasal dari Pusat Latihan Gajah Way Kambas Bengkulu berumur 30 tahun, sementara induk betina  berasal dari  Pusat Konservasi Gajah Seblat Bengkulu, tercatat  berumur 21 tahun. 

“Induk jantan yang kami namai Argo ini merupakan gajah Sumatra jantan yang didatangkan dari Pusat Latihan Gajah Way Kambas Lampung pada tahun 1996. Sementara Sinta merupakan gajah Sumatra betina yang berasal dari Pusat Konservasi Gajah Seblat Bengkulu dan tiba di GLZoo pada tahun 2015,“ ujar Eros kepada wartawan, Kamis (26/3/20).

Bayi gajah betina lahir di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta

Loading...

 

Dijelaskan Eros, sampai saat ini bayi gajah dalam kondisi sehat dan lincah. Meski demikian, bayi gajah yang baru dilahirkan ini terus mendapat pengawasan dari Tim dokter GL Zoo dan mahout.

Kelahiran anak gajah ini sudah diketahui sejak tahun 2018 lalu setelah pihak GL Zoo melakukan USG terhadap kandungan induk betina. Karena itu, selama hamil induk betina juga mendapat perlakuan khusus berupa pemberian pakan khusus dan multivitamin sehingga kandungan gajah  berada dalam kondisi baik. Selain itu, tim dokter hewan GL Zoo juga melakukan pemeriksaan rutin terhadap kesehatan induk gajah.

“Setiap hewan itu mempunyai keunikan masing-masing. Begitu juga dengan gajah. Hewan ini  mempunya masa kehamilan cukup lama sekitar 18-22 bulan. Karena itu, perlu kesabaran selama melakukan perawatan hewan ini,” tandas Eros.

Dengan lahirnya bayi gajah Sumatra ini, maka jumlah koleksi gajah yang ada di GL Zoo bertambah dari 8 ekor, menjadi 9 ekor. Namun bagi wisatawan yang hendak menyaksikan kenampakan bayi gajah yang lucu ini hendaknya bersabar, karena GL Zoo tutup operasional sejak tanggal 22-31 Maret 2020. (*/Sulistyawan)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red