×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Baru lulus kuliah? 5 hal ini bisa kamu lakukan di waktu senggang

0

Life

Baru lulus kuliah? 5 hal ini bisa kamu lakukan di waktu senggang

Tips-tips bagi siapa saja yang baru lulus kuliah

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dian Nita Pangesty

17 / 09 / 2018 10:06

Kuliah telah usai, waktunya untuk terjun langsung ke dunia nyata. Kita sudah tidak bisa lagi menggunakan title mahasiswa sebagai alasan untuk ‘nganggur’. 

Ujian sidang sudah usai bukan berarti ujian hidup ikut selesai juga. Justru, pada waktu seperti sekaranglah, masalah-masalah akan terus menghampiri kita. Mulai dari lingkungan sampai diri sendiri. 

Pada saat seperti ini ada 2 tipe orang. Pertama, habis lulus kuliah langsung tancap gas, dan bejonya langsung ke terima kerja. Kedua, lulusan sarjana yang masih anget dan ingin leha-leha dulu di rumah guna refreshing. Ketiga, ngegas cari kerja tapi apalah belum ada panggilan.

Tipe kedua dan ketiga inilah yang biasanya akan mendapat ujian lebih banyak. Biar tidak makan hati, pandai-pandailah kita untuk menata hati. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk bisa survive pada situasi ini? 

Simak di bawah ini nih, 5 hal yang harus kamu lakukan saat baru saja lulus kuliah:

Loading...

Jangan pulang ke kampung halaman

Image result for backpacker train

Bagi mahasiswa perantau (yang sekarang jadi alumni) pasti berkeinginan untuk pulang kampung sehabis menyelesaikan kuliah. Tapi, mending kamu pikir-pikir lagi saja. Melarang pulang kampung bukan berarti sama sekali tidak boleh. Satu atau dua hari saja mungkin tidak apa-apa.

Akan tetapi, kalau sampai berminggu-minggu, kamu harus siap di tembak beberapa pertanyaan yang pastinya bakal bikin stress. Contohnya “sudah selesai ya kuliahnya? Kok nggak cari kerja? Kapan kerja? Kapan nikah?. Seperti itulah kira-kira gambaran pertanyaannya. Ngeri bukan?

Gali potensi yang kamu punya

Image result for content writer

Hal kedua yang perlu kamu lakukan ketika sudah menyelesaikan perkuliahan adalah menggali keahlian diri. Kalau kamu sudah mempunyai passion, step ini mungkin tidak akan sulit. Tapi kalau kamu orangnya biasa-biasa saja,  maka kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra. 

Jangan anggap sepele poin ini karena akan berdampak juga pada pemilihan bidang kerja. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan keahlianmu.

Pastikan tubuh tetap bergerak

Image result for busy

Jangan malas untuk keluar kamar. Sebisa mungkin untuk menyibukkan diri sendiri dengan hal apapun. Menjaga tubuh tetap bergerak akan mengurangi tingkat kestresan kamu karena belum mendapat pekerjaan. Walaupun kita memang pengangguran, tapi usahakan untuk tidak terlihat menganggur. Hal itu juga bisa menangkal orang lain untuk bertanya macam-macam terhadap kita. 

Keep busy yourself, juga bisa menangkal kamu jadi makanan empuk dari depresi. Saat kamu diam saja, pikiran-pikiran negatif bisa dengan mudah menghampirimu begitu saja. Jadi, sebisa mungkin untuk tetap melakukan aktivitas positif seperti melakukan hobi atau traveling.

Lengkapi berkas CV dan portfolio

Image result for writing portfolio

Sembari mencari lowongan kerja atau menunggu panggilan, kamu bisa menyibukkan diri dengan memperbaiki CV kamu dan melengkapi portfolio keahlian. Mengingat kedua hal tersebut sangat penting, maka tidak ada salahnya untuk memberikan perhatian lebih. Setidaknya CV dan Portofolio kita bisa menarik bagi sebuah perusahaan. Jangan lupa untuk melengkapi berkas-berkas kelengkapan untuk melamar pekerjaan juga. Walaupun belum ada niat untuk bekerja, setidaknya kita tidak keteteran ketika membutuhkannya.

Planning hidup selanjutnya

Image result for planning stock

Sudah sampai pada poin terakhir yakni, merencanakan langkah selanjutnya. Jangan mentang-mentang sudah lulus terus tidak mempunyai tujuan hidup dan terus membebani orang tua. Rencanakanlah mulai sekarang apa yang harus kamu lakukan untuk menyambung hidup. Setidaknya jika tidak ingin bekerja untuk orang lain, maka kamu bisa mencari peluang bisnis yang bisa dilakukan. 

Begitulah kiat-kiat ketika sudah lulus kuliah. Semoga kita bisa sukses bersama dan menjemput masa depan dengan semangat!.

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red