×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Aplikasi HP bisa berbahaya, yuk lindungi diri dari pencurian identitas

0

Gadget

Aplikasi HP bisa berbahaya, yuk lindungi diri dari pencurian identitas

Pengguna harus selalu berpikir secara aktif dan lebih berhati-hati dalam segala hal yang mereka lakukan di internet dengan perangkatnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yulianie Budiasih Wibowo

23 / 07 / 2019 13:37

Beberapa bulan lalu challenge ini viral di dunia maya. Warganet menyandingkan foto terbarunya dan diri mereka 10 tahun lalu dengan hashtag #10yearschallenge. Nah ternyata challenge ini cukup berbahaya karena foto tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan uji coba algoritma pengenalan wajah. Dampaknya juga bisa mengarah ke pencurian identitas.

Ternyata ada juga aplikasi yang sama berbahaya akhir-akhir ini. Aplikasi yang sedang viral, faceapp. Beberapa selebriti ikut meramaikan tren foto ini di media sosial mereka. Mereka berlomba-lomba menunjukkan wajah mereka ketika sudah tua. Wajah tua tersebut terlihat sangat otentik dan mirip dengan wajah asli, tidak terlihat kaku. Hasilnya sangat bagus. Namun organisasi FBI sedang selidiki aplikasi tersebut. Pasalnya, muncul dugaan jika identitas pengguna dikirim ke Rusia. Pemerintah Amerika Serikat was-was mengenai data para masyarakatnya yang ditakutkan dapat diakses pemerintah Rusia. Namun, CEO FaceApp, Yaroslav Goncharov mengumumkan jika data para pengguna tidak dikirim ke Rusia melainkan ke server seperti Google Cloud, dan Amazon Web.

Perusahaan anti virus, Kaspersky memberikan rekomendasi pada pengguna FaceApp dan aplikasi-aplikasi lain agar terhindar dari risiko keamanan yang berbahaya. Kaspersky mengatakan tidak ada salahnya bergabung mengikuti fenomena online challenge dan sejenisnya atau memasang aplikasi baru. Bahayanya terletak ketika pengguna hanya memberikan aplikasi ini izin tanpa batas ke dalam kontak, foto, pesan pribadi, dan lainnya. Melakukan hal itu memungkinkan pembuat aplikasi bahkan legal untuk mengakses hal yang seharusnya tetap menjadi data rahasia pengguna. Ketika data sensitif ini diretas atau disalahgunakan, aplikasi viral dapat mengubah sumber menjadi celah yang bisa dieksploitasi oleh peretas untuk menyebarkan virus berbahaya.

Para pengguna harus selalu berpikir secara aktif dan lebih berhati-hati dalam segala hal yang mereka lakukan di internet dan dengan perangkat mereka. Beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan meliputi beberapa hal seperti hanya unduh aplikasi dari sumber terpercaya. Baca juga ulasan dan peringkat aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin diinstall pada perangkatmu dengan bijak
Baca perjanjian lisensi dengan cermat. Perhatikan daftar izin yang diminta aplikasimu. Hindari mengklik "next" selama instalasi aplikasi. Dan untuk lapisan keamanan tambahan, pastikan untuk menginstal solusi keamanan di perangkatmu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red