×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Apakah Covid-19 bisa menular dari ibu hamil ke bayinya? Ini kata ahli

0

Kesehatan

Apakah Covid-19 bisa menular dari ibu hamil ke bayinya? Ini kata ahli

Penyebaran virus Corona yang begitu masif mengkhawatirkan banyak pihak, termasuk ibu hamil.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Peter Asher

19 / 03 / 2020 13:25

Di tengah ketakutan virus Corona baru di seluruh dunia, beberapa kabar baik telah muncul tentang Covid-19. Peneliti Cina telah mengungkapkan bahwa infeksi virus tidak menular dari ibu hamil ke bayi yang baru lahir.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pediatrics adalah yang kedua dari Cina dalam bulan lalu untuk mengonfirmasi bahwa ibu yang terinfeksi penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19) selama kehamilan tidak menginfeksi bayinya.

Keempat ibu dalam penelitian saat ini, yang berfokus pada kesehatan bayi baru lahir, melahirkan di Rumah Sakit Union Wuhan di Cina saat terinfeksi. Wuhan di Provinsi Hubei diyakini sebagai pusat penyebaran penyakit saat ini.

Menurut peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Huazhong, tidak ada bayi yang mengalami gejala serius yang terkait dengan Covid-19 seperti demam atau batuk. Meskipun semua awalnya diisolasi di unit perawatan intensif neonatal dan diberi susu formula. Tiga dari empat tes negatif untuk infeksi pernapasan setelah usap tenggorokan, sementara ibu anak keempat menolak izin untuk tes.

Seorang bayi baru lahir mengalami masalah pernapasan ringan selama tiga hari yang dirawat dengan ventilasi mekanis non-invasif. Dua bayi, termasuk satu dengan masalah pernapasan, memang memiliki ruam tubuh yang akhirnya hilang dengan sendirinya.

Loading...

"Tidak mungkin untuk menyimpulkan apakah ada hubungan antara masalah medis lain ini dan COVID-19," kata Dr. Yalan Liu dari Huazhong University of Science and Technology.

"Kami tidak yakin ruam itu disebabkan oleh infeksi Covid-19 dari ibu," tambahnya.

Dalam studi retrospektif sebelumnya pada sembilan ibu hamil yang terinfeksi COVID-19, para peneliti juga tidak menemukan bukti bahwa infeksi virus dapat menular ke anak. Kesembilan kelahiran dilakukan dengan operasi sesar. Tiga dari empat kehamilan dalam penelitian ini juga dibawa ke operasi caesar.

"Untuk menghindari infeksi yang disebabkan oleh penularan perinatal dan postnatal, dokter kandungan kami berpikir bahwa bedah Caesar mungkin lebih aman," kata Liu.

"Hanya satu ibu hamil yang melakukan persalinan normal," tambahnya.

"Bayinya sehat. Mungkin persalinan normal tidak apa-apa. Perlu penelitian lebih lanjut," ungkap Liu.

Dalam wabah virus Corona sebelumnya, para ilmuwan tidak menemukan bukti penularan virus dari ibu ke anak, tetapi SARS dan MERS keduanya dikaitkan dengan "penyakit ibu yang kritis, aborsi spontan, atau bahkan kematian ibu," menurut Liu.

Para peneliti mengatakan penyelidikan lebih lanjut ke dalam aspek-aspek lain dari potensi infeksi Covid-19 pada bayi baru lahir dan anak-anak diperlukan. Misalnya sensitivitas tes diagnostik saat ini untuk mendeteksi virus adalah sekitar 71 persen, sehingga mereka menyarankan untuk mengevaluasi keandalannya pada anak-anak. Untuk itu, para peneliti mengumpulkan sampel tambahan dari bayi yang baru lahir, termasuk plasenta, cairan ketuban, darah neonatal dan cairan lambung, antara lain untuk mendeteksi kemungkinan reseptor untuk virus.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red