Apa yang menyebabkan seseorang bisa menangis dan mengeluakan air mata. Hal yang biasa terjadi pada manusia normal. Hari pertama manusia lahir, mereka sudah memiliki pengalaman pertama mengeluarkan air mata.Dan kenapa harus air, ketika seseorang menangis atas kehilangan, itu berarti sistem saraf semakin nyaman atau mencapai suatu tahap menerima kehilangan. Tubuh manusia menghasilkan rata-rata lima hingga 10 ons air mata setiap hari.

Sebenarnya di atas sudut luar mata kita, tepat di bawah alis, ada kelenjarlakrimalatau lebih dikenal dengankelenjar air mata.

Sebab & proses terjadinya air mata, rata-rata hasilkan 10 ons per hari

Ukurannya hanya sebesar buah kenari, tetapi organ yang kecil ini dapat menyemburkan aliranair mata. Air mata juga memiliki fungsi di yaitu menjaga mata dari bakteri, membantu kelopak mata bergerak di bola mata, dan membersihkan kotoran yang menempel di bola mata. Air matamuncul lewat jalan keluar yang ada di sudut luar mata kita. Setiap kali kita berkedip, kelopak mata akan menyebarkan air mata di bola mata kita secara menyeleruh. Kemudian air mata mengalir lewat lubang di sudut dalam mata melewati saluran lain dan menuju ke bidang di belakang hidung kita, di mana air mata itu diserap oleh tubuh.

Sebab & proses terjadinya air mata, rata-rata hasilkan 10 ons per hari

Air mata sesungguhnya berasal dari cairan darah. Darah yang mengalir naik ke kepala, darah itulah yangmenjadi asal dari air mata.Meskipun air mata berasal dari cairan darah, air mata tidak berwarnamerah. Hal ini disebabkan karena ketika cairan darah masuk ke dalamkelenjar air mata, dinding sel yang dilalui bekerja untuk menyaringunsur warna merah yang terdapat dalam sel darah merah sehinggamenghasilkan cairan bening yang disebut dengan air mata.

Survei yang dilakukan oleh Gwenda Simons di Universitas Oxford menemukan bahwa ketika seseorang menangis, ini sama saja dengan memberi dorongan emosional untuk mencapai katarsis, yaitu upaya melepaskan diri dari ketegangan.

Sebab & proses terjadinya air mata, rata-rata hasilkan 10 ons per hari

Orang yang menangis dapat menurunkan kadar depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.Alasan lain mengapa orang dapat menangis ketika sedih karena emosi dapat memicu air mata pada manusia.

Sebab & proses terjadinya air mata, rata-rata hasilkan 10 ons per hari
Air mata emosional dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi nonverbal, misalnya, bayi menangis, sebagai bentuk isyarat kepada ibunya bahwa ia menginginkan sesuatu. Para peneliti meyakini, keluarnya sejumlah air mata dipercaya dapat mengurangi kadar zat-zat kimia dalam tubuh.