×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Apa perbedaan antara tumor dan kanker? Ini penjelasannya

0

Kesehatan

Apa perbedaan antara tumor dan kanker? Ini penjelasannya

Foto: Pixabay/Skeeze

Ada benjolan di tubuh, pertanda tumor atau kanker? Cek bedanya!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

06 / 02 / 2020 10:40

Tumor dan kanker, kadang kita bingung membedakan di antara dua penyakit ini. Akibatnya, bisa saja kita menganggap enteng kalau terdapat benjolan di salah satu bagian tubuh.

Padahal, benjolan itu bisa saja pertanda kita mengidap kanker. Jika malas periksa ke dokter hingga terlambat mendapatkan penanganan, akhirnya nyawa dapat terancam. Jadi, apa sebenarnya perbedaan antara penyakit tumor dengan kanker?

Tumor terjadi ketika ada sel atau jaringan yang tumbuhnya tidak normal (berlebihan). Tumor muncul berupa benjolan di bagian tubuh tertentu. Jenisnya ada dua, tumor jinak dan tumor ganas. 

Tumor jinak berkembang dengan lambat, tidak menyebar ke tempat lain pada tubuh. Tumor jinak juga tidak merusak sel-sel lain di sekitarnya.

Tumor ganas, inilah yang disebut kanker. Tumor ganas tumbuh dan berkembang dengan cepat. Menjadi berbahaya karena menggerogoti sel-sel sehat di dekatnya dan menyebar ke bagian tubuh lain. Nantinya, tumor-tumor baru muncul di tempat tersebut.

Loading...

Nah, kalau ada benjolan di tubuh, segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah itu tumor jinak atau ganas. Kalaupun benjolan itu ternyata kanker, setidaknya kita masih bisa mencegah perkembangannya sejak awal. Benjolan pertanda kanker terasa keras dan padat jika disentuh. Sedangkan benjolan yang menandakan tumor jinak, saat ditekan terasa bergeser atau tidak keras.

Apa saja persamaan benjolan pada tumor dan kanker?

• Benjolan akibat tumor atau kanker dapat muncul kembali jika pengobatan yang dilakukan belum tuntas sepenuhnya.

• Tumor jinak dan kanker bisa berbahaya. Tumor jinak bisa berakibat serius pada beberapa kasus. Contohnya, struktur otak dapat hancur perlahan akibat adanya tumor jinak pada otak kita.

• Bukan hanya kanker saja, benjolan pada tumor jinak juga bisa tumbuh hingga berukuran sangat besar.

Penanganan terhadap penyakit tumor bergantung dari jenis, ukuran, stadium, dan tempat tumbuhnya. Bisa melalui observasi, kemoterapi, operasi, ataupun radioterapi.

Seseorang rentan terkena tumor saat usianya semakin bertambah. Sedangkan orang berusia tua yang mengidap tumor, sering kali itu adalah kanker.

Jadi, berapa pun usiamu, biasakan pola hidup sehat termasuk mengonsumsi makanan penuh gizi dan berolahraga. Kebiasaan buruk sehari-hari bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Selagi masih muda, jaga selalu kesehatan yang pastinya berguna juga untuk masa tua.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red