×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Apa Itu nilai waktu uang? Yuk, pahami penjelasannya

0

Ekonomi

Apa Itu nilai waktu uang? Yuk, pahami penjelasannya

Pahami pentingnya nilai waktu uang agar kita tidak salah dalam menyimpan uang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fendi Saputra, SE., MM.

07 / 01 / 2022 15:55

Nilai waktu uang adalah alat yang berguna dalam membantu kita memahami nilai uang dalam kaitannya dengan waktu. Ini merupakan formula atau rumus yang sering digunakan oleh investor untuk lebih memahami nilai uang sekarang dibandingkan dengan nilai uang di masa depan. 

Bagaimana kita dapat menggunakannya untuk memahami pengaruh waktu terhadap nilai uang kita. Prinsip dasar dari nilai waktu uang adalah bahwa uang lebih berharga di masa sekarang daripada di masa depan, karena uang yang kita miliki sekarang memiliki potensi untuk menghasilkan.

Nilai waktu uang ini sebagian besar disebabkan oleh inflasi disuatu negara. Jika kita memikirkannya, Rp 1 jutapada tahun 2012 dapat membeli lebih banyak barang di pasar daripada 20 tahun kemudian, pada tahun 2022. Dengan mengingat hal itu, rumus atau formula nilai waktu uang dapat membantu kita menentukan nilai sekarang dari uang yang kita miliki hari ini dan berapa nilainya di masa depan.

Dengan berinvestasi kita harus sadar dan ingat bahwa ada sejumlah risiko tertentu yang harus dipertimbangkan pada saat menggunakan nilai waktu dari uang. Misalnya, investor mengambil uangnya sebesar Rp 2 juta dan menginvestasikannya uangnya di perusahaan kemudian diharapkan memberikan pengembalian/return 5% setiap tahun tapi tidak ada garansi kepastian. Sebaliknya, dengan investasi apa pun itu, kita harus menerima risiko kehilangan uang yang kita investasikan untuk kesempatan mengalahkan inflasi dan meningkatkan nilai uang di masa depan.

Nilai waktu uang itu penting karena memungkinkan investor membuat keputusan yang lebih tepat tentang apa yang harus dilakukan dengan uang mereka. Nilai waktu uang dapat membantu memahami opsi mana yang terbaik berdasarkan bunga, inflasi, risiko, dan pengembalian. Ini juga dapat digunakan untuk membantu kita memahami berapa banyak uang yang harus ditabung dalam suatu rekening jika kita memiliki tujuan atau capaian tertentu.

Loading...

 

*Fendi Saputra SE., MM., Dosen Muda Prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red