Dewasa ini, Sedang dalam perbincangan di kalangan wirausahawan muda mengenai bisnis start-up. apa itu bisnis start-up?Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Bagi yang masih belum "ngeh" mengenai definisi tentang start-up business itu apa. jadi, pada intinya adalah start-up business atau bisnis start-up itu merupakan bisnis yang sedang dalam tahap merintis atau bisa dikatakan sedang dalam pengembangan.

Mulai dari ide usahanya, strategi pemasarannya, sampai hal- hal terkecil lainnya masih dalam perumusan pengembangan agar mendapatkan formula yang tepat.

Nah, bagi kita anak- anak muda yang hidup di zaman yang serba kreatif ini setidaknya sekali dalam seumur hidup kita harus merasakan rasanya berkecimpung di dalam bisnis start-up ini.

1. Melatih Kreativitas

3 Keuntungan anak muda cobain dunia bisnis start-up


Dengan orang yang terbatas dalam sebuah organisasi bisnis start-up memaksa kita untuk berfikir lebih keras. apalagi dengan konsep- konsep yang belum terbukti di lapangan.

Trial dan Error merupakan hal yang menjadi makanan sehari- hari bagi bisnis start-up. segala macam kegagalan- kegagalan yang terjadi akan memaksa kita untuk terus berfikir, berfikir, berfikir, berfikir terus.

Contohnya saja seperti bisnis raksasa seperti microsoft pun dulunya start-up kok. karena kreatifitas yang terus dilatih, akhirnya bisa menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia.


2. Mempelajari Bisnis Secara Luas

3 Keuntungan anak muda cobain dunia bisnis start-up



Dengan struktur organisasi yang jauh lebih sederhana daripada perusahaan besar lain. setiap orang yang berpartisipasi dalam bisnis start-up biasanya menangani beberapa lingkup kerja. misalnya saja bagian keuangan merangkap dengan bagian perizinan, bagian promosi merangkap dengan bagian pengembang teknologi, dan lain sebagainya.

Hal tersebut memberikan kesempatan untuk mempelajari bisnis dengan wilayah pembelajaran yang luas namun dengan beban yang kecil.

3. Mempelajari Manajemen

3 Keuntungan anak muda cobain dunia bisnis start-up



dan iniyang terpenting dari tergabungnya kamu di bisnis start-up sebagai anak muda. di bisnis start-up. dalam bisnis start-up, kita akan mempelajari manajerial secara keseluruhan. mulai dari manajemen keuangannya, manajemen risiko, manajemen perilaku organisasi, bahkan hingga manajemen waktu kamu.

tidak bisa sembarangan membuka bisnis start-up, diperlukan juga kemampuan manajemen yang tinggi. kalau kamu masih asal- asalan dalam menjalani bisnis start-up, ya kamu siap- siap deh untuk mengalami kerugian finansial, jadwal tidur yang tidak teratur, juga bisa terjadinya konflik dengan teman kamu yang merintis bisnis tersebut. intinya sih, matangkan konsepnya, serius jalankan, dan pahami aturannya.

Gimana? seru dan menambah ilmu- ilmu baru kan jika kamu bisa berbisnis start-up. mungkin kamu tertarik membuat bisnis start-up. siapa tahu aja bisa bersaing dengan microsoft!