Sudah tua, belajar hidup mandiri sana, kamu pasti sering mendengarkan kalimat tersebut. Entah itu dari keluarga, teman, maupun tetangga yang rumahnya bersebelahan dengan rumahmu. Belajar hidup mandiri ibaratkan menghidupkan korek api ditengah hembusan angin yang kencang, gampang-gampang susah. Jika kamu tidak melakukan tips yang tepat, korek api tidak akan pernah menyala.

Lalu apa yang harus kamu lakukan agar kamu bisa hidup mandiri? Apalagi sebentar lagi kamu akan melanjut ke Perguruan Tinggi. Agar dirimu tidak tersiksa nantinya, bekali dirimu dengan tips belajar mandiri berikut ini. Dijamin deh hidup pre-kuliah nanti tidak akan sulit kamu jalani.

1. Menyusun jadwal kegiatan yang sesuai

Andalkan 5 cara ini supaya lebih mandiri menjelang kuliah

foto: unsplash.com

Jika sebelumnya tugas-tugas yang kamu punya dilakukan secara otodidak alias saat punya waktu saja, sekarang saatnya untuk lebih teratur. Kamu bisa menyusun jadwal kegiatan apa yang akan dilakukan selama satu hari.

Pembuatan jadwal kegiatan ini bukan tanpa maksud dan tujuan. Dengan adanya jadwal, kamu dapat mengatur waktumu dengan baik. Kamu dapat mengetahui kapan harus belajar, kapan harus beres-beres rumah, kapan harus bermain dan kapan waktunya untuk menonton TV.

2. Belajar memasak makanan sendiri

Andalkan 5 cara ini supaya lebih mandiri menjelang kuliah

foto: unsplash.com

Ini nih berguna buat kamu yang bakal kuliah di luar kota dan jauh dari orang tua. Gunakan waktu yang kamu punya untuk belajar memasak makanan sendiri. Makanan yang kamu masak tentu tidak perlu terlalu ribet seperti masakan ibu di rumah. Cukup yang simple saja seperti memasak ikan, mi goreng, nasi goreng, menumis sayur dan menggoreng telur.

Ingat, kamu tidak punya orang lain saat kamu mulai memasuki bangku kuliah nanti. Tidak ada ibu ataupun bibi yang mengantarkan makanan setiap hari ke depan pintu kamarmu. Sebelum terlambat, belajar lah. Toh ilmu memasak yang kamu miliki nanti bisa kamu pakai saat kamu sudah berumah tangga nanti.

3. Mulai belajar mengatur keuangan pribadi

Andalkan 5 cara ini supaya lebih mandiri menjelang kuliah

foto: unsplash.com

Kehidupanmu akan berubah 180 derajat saat dirimu jauh dari orang tua, termasuk dalam hal keuangan. Saat uangmu habis, kamu tidak bisa seenaknya menelepon orang tua untuk mengirimkan uang tambahan untukmu. Sebaliknya, kamu harus menunggu beberapa hari hingga uang tersebut dikirimkan ke rekeningmu.

Itulah alasan kenapa kamu juga perlu belajar mengatur keuangan pribadi dengan baik. Supaya uang yang diberikan oleh orang tua tidak habis dalam sekejap, melainkan bertahan sampai tanggal pengiriman di bulan selanjutnya tiba. Agar pengelolaan uang saku menjadi lebih mudah, susunlah anggaran belanja sederhana yang berisi daftar kebutuhanmu selama satu bulan.

4. Mempunyai target yang ingin dicapai

Andalkan 5 cara ini supaya lebih mandiri menjelang kuliah

foto: unsplash.com

Kenapa kamu mau kuliah di luar kota kalau kamu bisa kuliah di kotamu sendiri? Alasannya satu yaitu karena kamu ingin belajar mandiri. Simple memang, tapi di balik itu pasti kamu mempunyai sebuah target yang ingin dicapai makanya kamu mau susah payah menempuh pendidikan di luar kota.

Supaya kamu fokus mencapai target tersebut, tuliskan apa yang menjadi cita-citamu semasa kecil dulu. Setelah itu, tempelkan di dinding kamar atau di pintu kamar agar kamu selalu mengingatnya. Dengan cara ini, kamu pasti akan menjadi lebih mandiri dimana kamu mau belajar tanpa harus disuruh-suruh lagi.

5. Pandai menempatkan diri di lingkungan

Andalkan 5 cara ini supaya lebih mandiri menjelang kuliah

foto: unsplash.com

Karena kamu sudah jauh dari orang tua, kamu harus pintar-pintar menempatkan diri di lingkungan tempat tinggalmu, khususnya di lingkungan pergaulan. Artinya berteman lah dengan orang-orang yang baik, mau belajar dan mempunyai visi dan misi untuk meraih sukses.

Di usiamu yang sudah memasuki usia dewasa, orang tua tidak bisa lagi mengatur dengan siapa kamu bergaul. Tetapi kamu, ya kamulah yang mengatur dengan siapa akan berteman. Jadi jangan sampai salah pilih teman ya!

Mau belajar mandiri? Kamu bisa menerapkan 5 tips mudah di atas. Kalau kamu masih punya tips lain, silahkan tambah di kolom komentar.