Kamu tahu atau pernah dengar kata anagram? Kalau kamu sering nonton serial atau film detektif, kamu pasti nggak asing sama istilah ini. Nah, bagi kamu yang belum tahu, anagram itu bukan sejenis media sosial, ya. Anagram itu merupakan semacam permainan kata.

Dikutip dari laman Wikipedia, anagram adalah kata atau frase yang terbentuk dengan cara menyusun ulang huruf-huruf dari kata atau frase yang berbeda, dengan menggunakan semua huruf dari kata awal tepat satu kali.Misalnya, kata "anagram" sendiri bisa disusun ulang menjadi "nag a ram".

Masih bingung? Biar kamu lebih paham, coba simak fakta-fakta tentang anagram berikut ini.

1. Apa sih anagram itu?

Anagram, seni permainan kata yang sering ada di novel dan film top

foto:briansnellgrove.net

Anagram adalah sebuah kata atau frase baru yang dihasilkan dengan cara menyusun ulang huruf-huruf dari kata yang berbeda makna. Misalnya, "anagram" disusun ulang menjadi kata "nag a ram". Atau kata "silent" bisa diubah menjadi "listen". Intinya, kata baru yang dihasilkan harus menggunakan huruf yang sama dengan kata awal. Dan kata baru yang dihasilkan harus memiliki makna.

Sedikit tambahan, kata atau frase awal disebut sebagai subjek anagram. Sedangkan anagram adalah kata atau frase baru yang dihasilkan dari subjek anagram. Kamu sudah paham, kan?

2. Anagrammatist

Anagram, seni permainan kata yang sering ada di novel dan film top

foto:contentwritingshop.co.uk

Seseorang yang membuat sebuah anagram bisa disebut sebagai anagrammatist. Tujuan seorang anagrammatistadalah menghasilkan anagram untuk merefleksikan atau memberikan komentar atas subjek anagramnya. Anagram yang dihasilkannya bisa berarti sinonim atau antonim dari subjek anagram. Bisa juga sebagai parodi, kritik, ataupun sebuah sindiran.

Untuk menjadi seorang anagrammatist diperlukan ketekunan, kreatifitas, dan ketelitian. Karena untuk menghasilkan anagram yang sempurna diperlukan kreatifitas dan kejelian dalam menyusun ulang sebuah kata. Sehingga dalam kata baru yang dihasilkan tidak ada satupun huruf yang tertinggal atau berlebih. Harus ekstra teliti deh pokoknya!

3. Sering digunakan dalam novel, serial, atau film

Anagram, seni permainan kata yang sering ada di novel dan film top

foto:harrymedia.com

Anagram adalah seni permainan kata yang sangat menarik. Karena itu beberapa penulis atau pengarang seringkali menggunakan anagram di dalam karya mereka.

Misalnya saja dalam novel atau film "Harry Potter and The Chamber of Secrets", karangan J.K. Rowling. Apa kamu tahu saat Voldemort mengungkapkan identitasnya sebagai Tom Marvolo Ridlle? Yap, "Tom Marvolo Riddle" adalah anagram dari "I am Lord Voldemort".

Selain itu, masih banyak novel atau film lain yang menggunakan anagram. Seperti novel The Da Vinci Code atau anime Detective Conan. Ada yang tahu novel atau film apa lagi yang menggunakan anagram?

4. Anagram di dalam game

Anagram, seni permainan kata yang sering ada di novel dan film top

foto:techmanch.com

Selain pada novel atau film, anagram juga terdapat dalam beberapa game. Untuk memainkan game-game tersebut diperlukan kemampuan anagramming. Misalnya saja dalam game Anagrams, Scrabble dan Boggle. Dalam versi Scrabble, anagramnya disebut sebagai Clabbers (anagram dari Scrabble). Karena tiles (ubin) dalam Scrabble boleh ditempatkan di posisi manapun pada board, selama itu bisa menghasilkan sebuah kata yang valid. Kamu tertarik mencoba game-nya?

5. Contoh-contoh anagram

Anagram, seni permainan kata yang sering ada di novel dan film top

foto: express.co.uk

Biar kamu makin paham, berikut ini adalah beberapa contoh anagram sempurna yang terkenal di dunia.

"William Shakespeare" = "I am a weakish speller"

"Tom Marvolo Riddle" = "I amLord Voldemort"

"Vladimir Nabokov" = "Vivian Darkbloom"

"Anna Madrigal" = "A man and a girl"

Nah, kalau yang berikut ini adalah beberapa contoh anagram sederhana versi Indonesia.

"Bandung" = "Gun Band"

"Purwakarta" = "Tawar kapur"

"Pevita Pearce = Private peace"

"Diana Tasya Sandia Nurul" = "Satu rayuan di lisan Anda"

Itulah sedikit fakta tentang anagram. Keren dan menyenangkan, bukan?

Meskipun kelihatannya sederhana, membuat anagram itu nggak gampang, lho. Tapi, kalau teliti dan punya pemikiran yang kreatif, kamu juga bisa kok.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat anagram? Kalau iya, selamat berlatih dan mencoba!