×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Aktor legendaris Inggris, Albert Finney tutup usia di umur 82 tahun

0

Selebritis

Aktor legendaris Inggris, Albert Finney tutup usia di umur 82 tahun

Ia telah membintangi sejumlah film dan pernah mengantongi nominasi untuk Aktor Terbaik di Oscar, BAFTA, dan Golden Globes.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dwi Prima Putra

10 / 02 / 2019 10:47

Aktor legendaris Inggris, Albert Finney, meninggal dunia pada usia 82 tahun setelah menderita sakit. Karier layar lebarnya berlangsung selama enam dekade, dari peran pertamanya di tahun 1960 yang dibintangi bersama Laurence Olivier di The Entertainer, hingga yang terakhir pada tahun 2012.

Salah satu peran paling penting Finney datang di awal kariernya adalah memainkan peran utama dalam komedi Tony Richardson 1963 Tom Jones. Film pemenang Oscar dan Finney mengantongi nominasi untuk Aktor Terbaik di Oscar, BAFTA, dan Golden Globes.

Melalui kariernya, Finney kemudian dinominasikan untuk empat Oscar Aktor Terbaik lainnya, dalam perannya sebagai Poirot dalam film 1974 Murder On The Orient Express karya Sidney Lumet, penampilannya dalam The Dresser tahun 1983, Under The Volcano, tahun 1984 dan nominasi Aktor Pendukung di Ed Masry, film Steven Soderbergh Erin Brockovich.

Finney bekerja dengan beberapa pembuat film paling terkenal di dunia selama bertahun-tahun, termasuk Ridley Scott (The Duellists, A Good Year), Coen Brothers (Miller's Crossing), Tim Burton (Big Fish, Corpse Bride), dan Paul Greengrass (The Bourne Ultimatum).

Di antara perannya yang paling dicintai adalah ‘Daddy’ Warbucks yang diadaptasi dari karya musikal John Huston di tahun 1980. Finney juga memainkan peran utama dalam Scrooge tahun 1970, memenangkan Golden Globe untuk Aktor Terbaik dalam Musikal/ Komedi.

Loading...

Dalam tahun-tahun terakhirnya, Finney kembali bekerja sama dengan Sidney Lumet untuk film terakhir sutradara, drama kriminal 2007, Before The Devil Knows You Dead.

Peran layar lebar terakhirnya datang dalam film James Bond Sam Mendes, Skyfall. Finney berperan sebagai Kincade, gamekeeper dari rumah keluarga Bond di Skotlandia, tampil menonjol di babak final film, sebuah peran yang tak terlupakan dalam kariernya yang cemerlang.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red