Film-film bergenre horror dan science fiction acapkali sukses membuat para penonton ketakutan dan terperangah. Semua ini tentu tak lepas dari kerja keras sutradara dan kekuatan akting para aktor pendukungnya yang jempolan. Tak terkecuali bagian special effect yang sukses menghasilkan beragam monster mengerikan.

Sutradara film, tak jarang melakukan banyak hal yang di luar batas kewajaran untuk menghasilkan adegan yang memorable dan memancing bakat akting yang luar biasa dari para aktornya.

Berikut ini 5 film yang di dalam proses pengerjaannya, sang sutradara berhasil mengerjai para aktor sehingga mereka sukses mendapat adegan yang fantastis.

1. The Exorcist (1973).

Ini aksi iseng sutradara film demi menghasilkan adegan yang fantastis

William Friedkin, sutradara the Exorcist memang dikenal tak pernah tanggung-tanggung. Untuk menghasilkan suasana horror dan ekspresi yang tepat dari para aktornya, ia sengaja membuat ruangan seperti di dalam kulkas, sangat dingin sehingga para aktor akan menggigil dan terlihat ketakutan. Ia juga sering tiba-tiba menembakkan pistol ke udara, membuat para aktor terkejut sehingga ekspresi mereka selalu waspada.

Puncaknya, di adegan muntah. Aktor Jason Miller tahu bahwa aktris yang berperan sebagai gadis kesurupan akan memuntahi pakaiannya. Dalam adegan aslinya, Miller malah dimuntahi pada bagian wajahnya. Sehingga ia shock dan bisa menyelesaikan adegannya sekali jadi. Setelahnya ia mengomel sebab cairan muntahan tersebut adalah sup buncis, dan ia tidak suka sup buncis.

Ada-ada saja ya akal sutradaranya.

2. The Texas Chainsaw Massacre (1974).

Ini aksi iseng sutradara film demi menghasilkan adegan yang fantastis

Sutradara Tobe Hooper sengaja menyembunyikan aktor Gunnar Hansen, yang berperan sebagai Leatherface, dari pemain dan kru film lainnya. Pada kemunculannya yang pertama, Hansen berhasil membuat semua orang ketakutan karena topengnya yang memang mengerikan. Pada adegan ia membunuh salah satu aktor dan memotong-motongnya, jeritan aktor tersebut adalah nyata.

Kok serem ya jadi aktor di film ini.

3. Alien (1979).

Ini aksi iseng sutradara film demi menghasilkan adegan yang fantastis

Di film epic ini, adegan kepala alien menembus keluar dada seorang astronot yang aslinya benar-benar membuat semua cast-nya takut dan panik. Sutradara Ridley Scott sengaja tidak memberitahu para aktor bahwa akan ada tubuh alien yang keluar dari salah satu badan mereka. Tiruan tubuh alien ini diisi dengan organ babi dan darah yang kemudian menciprati semua orang dalam adegan tersebut. Setelahnya, beberapa aktor butuh ditenangkan dan dibersihkan wajah serta tubuh mereka dari organ babi tersebut. Meski terkesan kejam, namun adegan ini membuat ekspresi ketakutan dan kekagetan para aktor menjadi sangat meyakinkan.

Sutradaranya iseng banget ya.

4. The Blair Witch Project (1999).

Ini aksi iseng sutradara film demi menghasilkan adegan yang fantastis

Di film yang disutradarai oleh Daniel Myrick ini, diceritakan tiga orang mahasiswa Film yang menghilang di sebuah hutan saat mereka membuat film dokumenter tentang sebuah urban legend. Aslinya, Sutradara memang menyuruh ketiga aktornya untuk berjalan sendirian ke hutan dengan dibekali kamera, makanan untuk bertahan dan dijanjikan akan bertemu di sebuah tempat. Sutradara kemudian mengikuti mereka secara diam-diam dan membuat suara seperti patahan batang pohon atau melempari mereka dengan batu.

Beberapa adegan film ini betulan dialami ketika ketiga aktor tersebut hilang dan merasa kebingungan di dalam hutan. Persediaan makanan mereka kemudian dikurangi sedikit demi sedikit supaya mereka gampang panik dan marah. Paling parah, di malam hari, sutradara akan mendatangi tenda mereka dan memperdengarkan rekaman berisi suara tawa anak kecil, kemudian menggoyang-goyangkan tenda mereka.

Hmm kalau kamu jadi aktornya, tetap akan jalan syuting atau berhenti ya?

5. Prometheus (2012).

Ini aksi iseng sutradara film demi menghasilkan adegan yang fantastis

Dalam salah satu adegan, ahli biologi Rafe Spall bertemu makhluk serupa cobra. Akhirnya, makhluk serupa cacing besar tersebut masuk ke dalam tubuhnya dan ia terbunuh. Tak lama, salah satu rekannya akan terjatuh ke atas mayatnya dan cacing besar tersebut akan keluar dari mulutnya.

Mirip dengan teknik yang Ridley Scott gunakan di film Alien 33 tahun sebelumnya (kebetulan sutradaranya pun sama). Yang berbeda adalah, Scott mengganti tubuh Spall dengan boneka, membenamkan makhluk cacing tersebut dan tubuhnya dan menghubungkannya dengan sebuah tali yang dapat ia gerakkan. Ia melarang semua kru memberi tahu aktris Kate Dickie yang akan melakoni adegan tersebut. Jadi, saat Dickie membalikkan tubuh Spall, dan cacingnya menyentak keluar, Dickie menjerit ketakutan. Bahkan aktor Idris Elba yang berdiri di dekatnya, ikut-ikutan menjerit tertahan.

Hadeuh jadi aktor harus kuat mental ya.