Tren menggunakan lendir siput sebagai perawatan kecantikan berasal dari Korea Selatan. Jessica Jeong, duta dari produk kecantikan bernama MISSHA, mengatakan bahwa lendir bekicot dipercaya telah digunakan menghaluskan kulit oleh para wanita zaman Romawi dahulu.

"Pemakaian lendir bekicot secara reguler telah terbukti bisa meredakan luka bekas jerawat, melembabkan kulit, kulit jadi lebih kenyal, mengecilkan pori-pori kulit, dan menyempurnakan kompleksi kulit," jelas Jeong kepada Todaymengenai kandungan lendir bekicot pada masker Snail Hydro Gel.

Lendir secara natural merupakan lapisan penjaga untuk melindungi kaki bekicot atau siput dari bahaya di lingkungan liar, seperti permukaan yang kasar, bakteri, dan sinar matahari. Jadi, para pakar percaya bahwa lendiri tersebut juga bisa melindungi kulit manusia.

"Percaya atau tidak, lendir bekicot memang baik untuk kulit. Syaratnya, lendir bekicot harus didapatkan dari sumber yang tepat dan proses konsentrasi yang benar juga," jelas Dr Neal Schultz, seorang dermatolog.

Tak disangka, lendir siput bisa dipakai untuk kecantikan wajah

Intinya, Dr Schultz menambahkan, kandungan hormon pada lendir bisa secara periodik meningkatkan kualitas kulit dalam waktu delapan minggu pemakaian.

Seorang representatif dari program televisi, Broke Sassman, mencoba masker yang mengandung lendir bekicot. Sassman mengatakan bahwa masker tersebut sangat licin sehingga sulit untuk menempelkannya pada kulit wajah.

Selama 25 menit, Sassman mengatakan bahwa masker tersebut sering kali terlepas dari wajahnya. Namun, usai pemakaian masker dan wajah dibilas, dia merasakan sejumlah efek baik pada kulit wajahnya, mulai dari kulit terasa lebih kenyal dan segar.

Meskipun seolah-olah terdengar menjijikkan, akan tetapi konon lendir siput memiliki manfaat meredakan peradangan kulit disebabkan jerawat atau masalah kulit lainnya. Dengan sifat alamiah yang ada pada lendir siput tersebut, kulit wajah bisa terasa kenyal dan lembut.

Meski di Indonesia masih belum ada tempat untuk perawatan dengan masker lendir siput ini, di negara super nyentrik yakni Jepang ternyata sudah lumayan lama melayani perawatan menggunakan masker lendir siput.