Uang adalah alat pembayaran yang sah. Pada zaman modern seperti sekarang ini kita tak hanya dapat melakukan pembayaran dengan uang tunai, tetapi juga dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, dan uang elektronik.

Wajah uang pun selalu berganti dari masa ke masa, dan uang model lama sudah mulai terlupakan dan bahkan ada yang sudah tidak berlaku lagi. Penasaran uanglawas apa saja yang memiliki harga tinggi? Berikut 6 jenis uanglamadimulai dari yang paling murah.

1. Uang Koin Rp 1.000 kelapa sawit.

Jika punya 6 uang lawas ini kamu bisa kaya mendadak


Masih ingat dengan uang ini? Coba deh cari-cari di sekitar rumah kamu, mana tahu masih ada. Karena uang terbitan tahun 90an ini dapat dijual dengan harga puluhan ribu hingga harga tertinggi 300 ribu. Coba bayangkan jika kamu memiliki 10 koin ini dengan harga Rp 300 ribu, uang yang mulanya hanya bernilai Rp 10.000 (10 koin) bisa jadi Rp 3.000.000.


2. Uang kertas Rp 10.000 Cut Nyak Dhien.

Jika punya 6 uang lawas ini kamu bisa kaya mendadak

Jika uang koin yang bernilai seribu rupiah dapat dihargai hingga Rp 300 ribu, menurut kamu bagaimana dengan uang kertas pecahan Rp 10 ribu ini? Satu lembar uang Rp 10.000 bergambar Cut Nyak Dhien ini memiliki harga Rp 600 ribu per lembarnya, fantastis bukan? Coba deh kamu cari-cari lagi uang seperti ini di rumah.


3. Uang Kertas Rp 100 Kapal Layar

Jika punya 6 uang lawas ini kamu bisa kaya mendadak

Dibanding dua uang kuno di atas, uang senilai seratus rupiah ini memang memiliki nilai yang paling kecil di zamannya. Namun, siapa sangka harga dari uang senilai seratus rupiah ini bisa dihargai lebih tinggi dari kedua uang di atas. Satu lembar uang seratus rupiah bergambar kapal layar ini dihargai Rp 1 juta loh. Jika kamu memiliki 10 lembar saja kamu udah bisa beli motor bekas!


4. Uang kertas Rp 500 orang utan

Jika punya 6 uang lawas ini kamu bisa kaya mendadak
Dahulu uang ini sangat terkenal, karena gambar orang utan yang kerap menjadi bahan meme anak-anak sekolah. Sekarang, harga dari uang kertas bernilai Rp 500 ini mencapai Rp 1,5 juta per lembarnya.


5. Uang kertas Rp 50.000 W.R Soepratman

Jika punya 6 uang lawas ini kamu bisa kaya mendadak
Jika mendapatkan uang ini pada saat masih duduk di sekolah dasar dahulu, pastikan akan sangat membahagiakan, dan kini pun jika kamu masih menyimpan uang ini juga akan sangat bahagia. Sama dengan uang Rp 500 di atas, uang pecahan Rp 50 ribu ini juga dihargai Rp 1,5 juta per lembarnya.


6. Uang kertas Rp 5.000 sasando

Jika punya 6 uang lawas ini kamu bisa kaya mendadak
Uang pecahan Rp 5 ribu ini memiliki harga tertinggi di antara 5 uang lainnya. Satu lembar uang Rp 5 ribu bergambar sasando ini dapat dihargai hingga Rp 3 juta.

Itulah 6 uang kuno yang dapat membuat kamu kaya mendadak, gimana? Apakah kamu masih menyimpannya? Kamu dapat menjualnya ke para kolektor atau ke toko-toko online yang menerima uang tersebut.