×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Tips aman bepergian dan berbelanja selama pandemi

0

Jalan-Jalan

9 Tips aman bepergian dan berbelanja selama pandemi

Pandemi Covid-19 belum berakhir, jangan kendor untuk menaati protokol kesehatan selama bepergian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

30 / 06 / 2021 10:26

Satu tahun lebih sudah wabah Covid-19 melanda dunia. Di Indonesia wabah ini pun belum mereda dan mirisnya tahun ini malah melonjak tajam. Jika diharuskan di rumah terus tentu akan ada sangat banyak orang yang keberatan dan ekonominya terganggu. Dan tak terhitung yang merasakan kebosanan saat semua serba dari rumah.

Namun, bagaimanapun juga banyak profesi yang tidak bisa dilakukan di rumah dan perlu bertemu dengan banyak orang, misalnya ojek online, pedagang pasar maupun penjaja kaki lima, karyawan bank, karyawan supermarket, dan pekerjaan lapangan lainnya. Jika diharuskan bepergian tentu sangat mengkhawatirkan untuk beberapa orang mengingat Covid-19 tahun ini masih tinggi.

Namun jangan terlalu panik karena pikiran yang sehat juga memengaruhi kesehatan fisik seseorang. Meski begitu protokol kesehatan harus tetap kamu jalankan dan hati-hati saat berinteraksi di luar. Nah, berikut ini merupakan kiat-kiat aman bepergian dan berbelanja selama pandemi yang bisa kamu coba lakukan.

1. Memakai masker double jika dirasa perlu.

Melihat Covid-19 yang makin meningkat, ada baiknya kamu memakai masker double selama bepergian maupun di tempat umum. Tujuannya agar partikel yang disaring semakin rapat. Namun jika masker double terasa pengap, maka satu masker pun tak apa. Tetapi perlu kamu ingat bahwa maskermu harus punya setidaknya dua atau tiga lapisan.

Loading...

2. Membawa sabun cair atau handsanitizer sendiri.

Memang kini di tempat umum banyak disediakan sabun maupun handsanitizer. Namun wadah tempat kedua benda tersebut biasanya juga disentuh banyak orang dan umumnya sabun yang ada di tempat umum merupakan sabun cuci piring, bukan sabun mandi atau khusus cuci tangan. Jadi ada baiknya kamu tetap membawa sabun maupun handsanitizer punyamu sendiri.

3. Memakai metode cashless untuk transaksi.

9 Tips aman bepergian dan berbelanja selama pandemi

Foto: www.neilmarshalltaxandbusiness.com.au

Memakai metode cashless selama pandemi memang sangat dianjurkan saat ini, mengingat Covid-19 dapat melekat pada uang kertas maupun logam. Ada baiknya kamu mengalihkan sebagian uang ke dompet elektronik seperti Dana, Ovo, Gopay, Shopeepay dan sebagainya untuk belanja maupun saat jajan. Akan lebih mudah jika tempatmu berbelanja juga sudah mendukung metode cashless.

4. Take away atau bungkus makanan saat kedai favorit kamu sedang ramai.

9 Tips aman bepergian dan berbelanja selama pandemi

Foto: freepik.com

Memang tidak semua kota mengharuskan untuk membungkus saat membeli makanan, walau juga masih cukup banyak kedai yang melayani makan di tempat. Namun jika saat kamu membeli makanan dan tempat yang kamu tuju ramai, akan lebih baik jika kamu membungkus dan memakannya di rumah.

5. Lihat-lihat tempat dan penjual nya saat jajan street food.

9 Tips aman bepergian dan berbelanja selama pandemi

Foto: Pinterest

Pastikan tempat yang kamu tuju bersih dan penjualnya memakai masker serta tidak sedang batuk-batuk. Hal ini guna meminimalisir hal-hal tak diinginkan yang mungkin saja terjadi. Sebab mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan.

6. Kurangi membeli makanan di luar jika badan kurang sehat.

Jika badan kurang sehat atau sedang sakit lebih baik masak sendiri ataupun makan masakan rumah. Tahan dulu hasrat membeli jajan ke luar, kecuali jika badan sudah fit kembali.

7. Membawa alat salat sendiri.

Jarak tempuh yang lama tak jarang mengharuskanmu untuk mampir salat di masjid maupun SPBU. Memang masjid dan SPBU masih menyediakan mukena dan sajadah, namun baiknya kamu memakai alat salatmu sendiri dan hindari memakai sajadah di tempat umum. Jika lantainya agak berdebu atau kotor gunakan jaket maupun kerudungmu sendiri.

8. Pakai handsanitizer atau cuci tangan secara berkala.

Selalu gunakan handsanitizer atau cuci tanganmu sehabis memegang maupun menggunakan benda di tempat umum atau berinteraksi dengan banyak orang.

9. Banyak konsumsi buah dan sayur serta suplemen vitamin.

9 Tips aman bepergian dan berbelanja selama pandemi

Foto: dreamstime.com

Mengonsumsi vitamin juga sangat dianjurkan selama pandemi. Tujuannya agar badan tetap fit dan menjaga imunitas, mengingat imun kamu juga memengaruhi mudah tidaknya tertular penyakit. 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red