×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Rahasia bikin persahabatanmu harmonis, nggak gengsi minta maaf

0

Wow

9 Rahasia bikin persahabatanmu harmonis, nggak gengsi minta maaf

Biar awet sampai tua yaa...

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siti Chodijah

06 / 01 / 2020 11:55

Kita seringkali berharap hubungan kita dengan sang kekasih langgeng bahkan hingga berlanjut ke jenjang pernikahan. Hubungan dengan kekasih memang penting banget buat investasi masa depan. Tapi tak hanya kekasih, menjaga hubungan persahabatan juga penting banget, loh.

Sama halnya dengan kekasih, kita juga pasti mengharapkan hubungan persahabatan kita selalu baik-baik dan langgeng terus sampe tua. Tapi, yang namanya hubungan pasti ada aja problem kan? jelas pasti ada dong.

Tergantung cara kita menyikapinya, buat kalian yang ingin persahabatan terus berlanjut yaa di selesaikan dengan cara baik-baik, buat kalian yang mau memutus persahabatan yaa itu hak kalian, tapi alangkah baiknya untuk terus menjalin hubungan. Tapi itu kembali pada diri kalian masing-masing.

Terus gimana sih caranya supaya kita bisa menjaga persahabatan? Yuk, simak 5 tips berikut!

1. Jangan Sungkan Untuk Meminta Maaf

Loading...

Sulitnya untuk memaafkan dan saling minta maaf diantara hubungan persahabatan justru akan membuat hubungan persahabatan semakin tidak baik. Jangan sungkan untuk meminta maaf, dengan begitu, sebesar apapun masalah yang kamu hadapi bisa diselesaikan dengan baik.

2. Saling Jujur

Baik hubungan pasangan kekasih maupun persahabatan, harus selalu mengutamakan sifat kejujuran. Dengan saling terbuka satu sama lain, rasa kepercayaanpun akan meningkat. Jangan pernah sekalipun berbohong, biasanya orang yang sudah mempercayaimu sepenuhnya akan sulit untuk kembali percaya ketika mengetahui sahabatnya berbohong.

3. Selalu Ada Disaat Sahabatmu Membutuhkan Dukungan

Sebagai sahabat yang baik, tentu kamu tidak ingin melewatkan moment penting bagi sahabatmu. Untuk itu kamu harus selalu ada buat sahabat. Apalagi jika sahabatmu sedang dalam masalah, tentu kamulah orang pertama yang harus menghiburnya.

Meski hanya dukungan melalui pesan singkat dan telepon, hal ini tentu akan membuat persahabatan tetap terjaga dengan baik. Apalagi jika hubungan persahabatanmu berbeda kota. Sehingga harus mencari cara menjaga persahabatan jarak jauh.

4. Saling Mengingatkan dan Peduli Satu Sama Lain

Sahabat sejati enggak cuman jadi orang yang selalu ada di setiap momen bahagia dan momen sedih kamu. Tapi sahabat sejati juga selalu mencoba membantumu untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi. Saat dia melakukan kesalahan, ingatkan dia bahwa apa yang dia lakukan perlu dia perbaiki. Dengan begitu dia akan merasa betapa beruntungnya dia memiliki sahabat yang peduli pada setiap perubahannya, dan sahabat kamu pasti bakal makin sayang deh sama kamu!

5. Kenali Sifat Sahabatmu dengan Baik

Kalo sahabat kamu orang yang sensitif, sebaiknya kita lebih hati-hati nih pas lagi bercanda sama dia. Tapi kalo sahabat kamu humoris, pasti dia bakal suka banget nih sama joke-joke andalan kamu yang siap bikin kalian ketawa ngakak bareng! Poin satu ini penting banget loh, tapi kita sering banget lupa, karena semakin kamu memahami karakter sahabat kamu, semakin besar peluang untuk menghindari konflik dengan sahabat kamu. Semakin jarang konflik yang terjadi, semakin langgeng deh persahabatan kamu!

6. Cobalah untuk Selalu Jadi Pendengar yang Baik

Sahabat sejati itu pasti selalu ada saat suka dan duka. Saat sahabat kamu sedang sedih, mereka datang padamu kemudian menceritakan semua masalahnya padamu. Kewajiban kamu adalah “jadilah pendengar yang baik”! Dengarkan semua ceritanya sepenuh hati, berikan kalimat yang bisa menenangkan hatinya dan sebisa mungkin bantulah memikirkan solusi atas permasalahannya. Percaya deh, sahabat kamu bakal makin nyaman sama kamu dan enggak bisa jauh-jauh dari kamu!

7. Jangan Mengutamakan Ego Masing-masing

Saat kalian sedang asik-asikan bercanda, eh secara ga sadar kamu udah menyinggung perasaan sahabat kamu, padahal masalahnya sih sepele… Duh gawat! Tenang, kamu jangan ikut-ikutan marah seperti dia ya. Walaupun kamu mikir itu cuman masalah kecil, gak ada salahnya kok kamu minta maaf duluan. Kalau kalian sama-sama ngutamain ego masing-masing, hubungan kalian bakal panas terus dan itu bakal memperburuk situasi persahabatan kalian, duh jangan sampe deh!

8. Jangan Sepelekan Ucapan Terima Kasih

Saat kita menerima sebuah kebaikan dari seorang sahabat, jangan lupa mengucapkan terima kasih. Meskipun hanya bantuan kecil, jangan pernah disepelekan, sekalipun dia adalah seorang sahabat namun ucapan terima kasih selayaknya kita ucapkan dengan tulus.

9. Kembangkan Sikap Ketulusan Hati

Jika kita ingin memperoleh kepercayaan dari seorang sahabat, kembangkanlah sikap penuh ketulusan hati. Bahkan, sahabat kita akan menaruh kepercayaan dalam segala hal bila kita tulus dan berterus terang.

Tak banyak teman yang mau berterus terang dengan kekurangan kita, bahkan mereka takut menyinggung perasaan kita, hingga akhirnya membiarkan kita berada dalam kesalahan. Seorang sahabat pasti memiliki ketulusan dan mau berterus terang.

Okee itulah tips dari aku agar persahabatan kalian awet. Semoga bermanfaat yaaaa..

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red