×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Peralatan aneh milik Batman ini bikin kamu geleng-geleng kepala

0

Sosok

9 Peralatan aneh milik Batman ini bikin kamu geleng-geleng kepala

Pandangan kamu tentang Batman bakalan berbeda setelah melihat koleksi alat-alatnya

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hafizh Alfarisi

24 / 09 / 2018 08:41

Meski tidak memiliki kekuatan super, popularitas Batman tidaklah kalah dengan superhero DC lainnya. Bahkan dalam hal pertarungan sekalipun dirinya bisa menyaingi Superman.

Berbeda dengan superhero lainnya yang mendapatkan kekuatan secara konvensional, Batman menempa sendiri keahliannya lewat berbagai macam latihan. Alhasil ia menguasai beragam ilmu seni bela diri dan daya deduksi tinggi yang membuatnya disegani, baik oleh lawan atau pun kawan.

Seakan tak cukup mengandalkan keahliannya saja, Batman selalu mempersenjatai dirinya dengan peratalan-peralatan canggih. Mulai dari Batarang, grappling hook, bom asap sampai Batmobile dan Batplane. Namun ada kalanya Batman membawa peralatan yang terkesan aneh, tidak masuk akal dan jauh dari image keren pahlawan berkostum kalelawar yang selama ini kita kenal.

1.    Semprotan pembasmi hiu

Batman Shark Repellent/sideshowtoy

Loading...

Pernah melihat Batman bergelantungan di tangga helikopter, di atas lautan dengan kaki digigit hiu? Nyatanya, adegan yang terjadi dalam film live-action tahun 1966 ini menjadi ikonik setelah Batman yang dibintangi Adam West menyemprotkan semprotan berlabel ‘pembasmi hiu’ ke makhluk buas tersebut.

Entah bahan apa yang terkandung di dalam kaleng tersebut, hiu tersebut langsung melepas gigitannya (tanpa meninggalkan bekas luka apa pun). Lebih anehnya lagi, semprotan tersebut berasal dari satu set penangkal makhluk samudra ganas lainnya.

Apakah Batman sudah memperkirakan dirinya diserang hiu sebelumnya? Atau dirinya punya fobia terhadap makhluk bergigi runcing tersebut? Yang jelas ide menyingkirkan hiu bak nyamuk terdengar cukup menggelikan bagi hero sekelas Batman.

2.    Semprotan anti-penjahat wanita

Bat-Female-Villain-Repellent; Planetary/Batman: Night on Earth

Jika semprotan pembasmi hiu terdengar cukup menggelikan di telinga, ‘semprotan anti-penjahat wanita’ bakal membuat kita menahan tawa. Alat yang terlalu spesifik ini muncul dalam komik kolaborasi Planetary/Batman: Night on Earth.

Komik yang ditulis oleh pengarang Planetary ini memainkan sosok Batman yang terus berganti versinya akibat realitas yang kerap berubah-ubah. Dari Batman modern sampai…..ya, versi Adam West yang secara blak-blakan menolak melawan perempuan dan memilih menyemprotkan spray bertuliskan ‘penangkal penjahat wanita’.

Seperti halnya dengan hiu, wanita yang disemprotkan penangkal tersebut langsung jatuh tersungkur meski hanya beberapa saat. Kita pun jadi dibuat bertanya-tanya sebenarnya ada berapa ‘semprotan penangkal’ yang Batman punya.

3.    Topeng Batman

Topeng Batman

Tidak seperti topeng milik Flash dan Robin atau kaca mata ajaib Clark Kent yang hanya digunakan untuk menyembunyikan identitas asli penggunanya, topeng hitam berkuping runcing milik Batman menyimpan kegunaan lainnya.

Mulai dari gas tidur dan gas air mata di pelipisnya sampai kuping yang bisa ditembaki atau menjadi pisau. Tak akan ada yang menduga jika topeng Batman menyimpan banyak senjata di dalamnya, yang jika dipikir-pikir lagi akan sangat berbahaya bahkan bagi penggunanya sendiri.

4.    Jet-skates

vol 1 177

Terkadang Batman dan Robin membutuhkan moda transportasi untuk mengejar penjahat atau untuk sekedar sampai di lokasi dengan cepat. Karenanya Batman memiliki sejumlah kendaraan seperti Batmobile, Batplane dan Batboat. Namun ada masanya Batman lebih memilih roller skates bertenaga jet ketimbang kendaraan sungguhan. Mungkin saat itu ia tidak membawa alat pemanggil otomatis atau Alfred sedang pergi liburan.

5.    Topeng cermin

9 Peralatan aneh milik Batman ini bikin kamu geleng-geleng kepala

Tidak diragukan lagi jika Batman tidak mengenal rasa takut, bahkan tergolong nekat. Namun, seri Detective Comics No.213 membawa kenekatan Batman dan ide menggelikan komik era perak ke level yang lebih tinggi. Pasalnya, dalam komik ini Batman mengenakan topeng yang terbuat dari pecahan-pecahan cermin untuk mengelabui musuhnya, Mirror-man.

Di sini dikisahkan bahwa Mirror-man bisa melihat apa yang ada di balik topeng Batman lewat alat ciptaannya. Meski rahasianya sudah disebar, banyak yang tidak percaya bila Bruce Wayne adalah Batman. Penjahat itu pun mencoba menggunakan alatnya lagi sambil menyiarkannya langsung di televisi.

Bukannya sosok Bruce yang muncul, Batman pun berhasil mengelabui alat tersebut dengan menampilkan wajah yang berbeda berkat kumpulan cermin yang dipakainya dibalik topeng biasa. Cara tersebut memang berhasil, tapi memasang topeng yang sembarangan ditempeli potongan cermin tersebut benar-benar beresiko.

6.    Batarang X

Detective Comics #244

Siapa yang tak kenal Batarang. Senjata ini cukuplah unik karena diadaptasi bentuk kalelawar dan digunakan seperti halnya shuriken atau bumerang. Namun dalam komik keluaran tahun 1961, adiksi Batman dengan senjata ini membuatnya menciptakan alat serupa dengan penamaan yang cukup kreatif—Batarang X.

Meski sama-sama dilemparkan, alat yang besarnya melebihi Batarang biasa ini memiliki fungsi berbeda. Batman mengklaimnya sebagai alat penyusupan. Sesaat dilontarkan katapel raksasa, Batman segera menaikinya layaknya papan selancar dan terbanglah ia di angkasa ‘tanpa terlihat’.  

7.    Balon Batman Raksasa

Batman vol 1 #115 “Batman in the Bottle

Kisah yang ditawarkan komik Batman mengalami peralihan mencolok sejak era perak hingga sekarang. Jika saat ini ceritanya bernada gelap dan penuh drama, berbeda dengan komik tahun 50an sampai 70an yang mengutamakan cerita ala Doraemon dengan penyelesaian masalah lewat alat-alat ganjil yang selalu dibawa Batman dalam sabuk serbagunanya.

Dalam komik keluaran 1958, Batman dan Robin dikirim ke masa lalu untuk menyelamatkan rakyat Zolo yang diserang beberapa raksasa. Untuk menyingkirkan mereka, Batman berpura-pura menjadi jin botol dan melakukan beberapa trik klasik.

Mulai dari suara gemuruh dan gas tawa sampai balon yang besarnya melebihi semua raksasa tersebut. Lebih mengejutkannya lagi, balon yang akhirnya dapat mengusir raksasa-raksasa tersebut berbentuk persis seperti Batman itu sendiri. Sangat aneh bukan?

8.    Kartu kredit

Batman and Robin 1997

Dalam sejarah perfilman maupun pertelevisian, karakter Batman Adam West terkenal  sering menyumbang koleksi peralatan aneh. Namun beberapa film setelahnya pun ternyata masih melanjutkan tradisi tersebut. Sebut saja film Batman and Robin pada 1997. Batman yang saat itu dibintangi George Clooney mengeluarkan senjata pamungkas berupa kartu kredit (lengkap dengan simbol miliknya) untuk memenangkan lelang atas Poison Ivy.

Hal ini terdengar menggelikan mengingat superhero umumnya tidak pernah membawa alat pembayaran serupa. Kenapa harus repot membawa kartu kredit ke mana-mana jika yang dilakukannya hanya melawan penjahat? Apa Batman menampar musuhnya dengan kartu itu saat sedang terpojok?

9.    Krayon

Batman #149

Tidaklah aneh bila Batman yang dijuluki detektif hebat membawa pensil atau pulpen untuk mencatat kejadian penting. Atau lebih layaknya lagi ia merekam semua pentunjuk dengan alat-alatnya yang canggih. Namun betapa menggelikannya saat Batman selalu membawa krayon di dalam sabuk serbagunanya. Tidak sampai di situ saja, krayon tersebut pun digunakannya untuk, yah, menyelamatkan nyawa.

Cerita yang absurd ini dimulai ketika Batman dan Robin mengejar dua kriminal yang mengaku berasal dari masa lalu. Kedua penjahat tersebut pun mengalihkan perhatian mereka dengan melepaskan sebuah gerbong kereta ke arah lalu lintas yang ramai. Si duo superhero langsung melompat ke atasnya.

Batman dengan ide briliannya, menggambar tanda berhenti dengan krayonnya di atas poster yang ditancapi tongkat, dan melemparnya ke tengah lalu lintas. Seketika semua mobil berhenti melihat tanda tersebut. Bravo!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red