Jika biasanya melancong ke kota-kota Eropa, para turis biasanya akan memilih destinasi yang sudah dikenal, seperti Paris, Brussel atau Amsterdam. Tak dapat dipungkiri, pesona Menara Eiffel di Paris, patung maneken de pis di Brussel dan kanal-kanal cantik di Amsterdam sangat menarik hati.

Tak banyak orang tahu, ada sebuah negara kecil di Eropa yang tak kalah cantiknya. Terletak di Eropa Tengah dengan jumlah penduduk 8.8 juta orang, Austria berdiri dengan anggunnya. Keunggulan Negara ini adalah karena pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan dan kastil-kastilnya yang menawan.

Austria adalah rumah bagi para composer seperti Johannes Bhramms, Mozart dan Beethoven. Sigmund Freud, pencetus ilmu psikoanalis, juga berasal dari negara cantik ini. Salah satu kota cantik yang layak dikunjungi di Austria adalah Linz, yang merupakan kota terbesar kedua.

Penasaran dengan fakta menarik soal Linz? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Adolf Hitler pernah tinggal di Linz

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Siapa yang tak kenal, pemimpin Nazi yang menjadi penyebab perang dunia II ini. Hitler dilahirkan di sebuah kota perbatasan antara Austria dan Jerman di Branau am Inn, namun kemudian keluarganya pindah ke Linz. Ia kemudian menghabiskan masa mudanya di Linz, dari tahun 1898 hingga 1907. Kabarnya penduduk Linz selalu malu jika ditanya soal Hitler ini. Wajar lah, karena Hitler dianggap sebagai salah satu pemimpin paling kejam di dunia. Gambar di atas adalah rumah lama Hitler di Linz.

2. Kota yang nyaman dan sepi

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Dibandingkan dengan kota-kota lain di Eropa, Linz cenderung lebih sepi dan jauh dari hiruk pikuk. Padahal terhitung sebagai kota kedua terbesar di Austria. Berjalan-jalan di kota Linz sangat nyaman, asal tidak saat musim dingin, tentu saja. Jalanan yang bersih, dan rapi dipercantik dengan beberapa taman yang menghiasi sudut-sudut kota.

3. Nongkrong di Hauptplatz

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Hauptplatz adalah semacam alun-alun kota Linz yang sering dijadikan tempat menongkrong. Ia terentang dari Klosterstrabe hingga ke ujung sungai Danube dan merupakan pusat kota Linz. Di tengahnya terdapat Trinity Column atau monument Trinity setinggi 20 meter yang didedikasikan untuk bencana alam dan zaman penuh kesulitan di masa lalu. Para turis biasanya senang duduk menongkrong sambil menikmati arsitektur kota, atau mengunjungi caf-caf yang banyak terletak di sana.

4. Berjalan-jalan di Linz Botanical Garden

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Kebun Raya yang satu ini dianggap sebagal salah satu kebun paling menakjubkan di Eropa. Terletak di area seluas 40.000 meter persegi, kamu bisa melihat sekitar 10 ribu jenis tumbuhan. Ada juga wilayah outdoor dengan tema berbeda, seperti Japanese Garden dan area yang dipenuhi bunga teratai.

5. Danube yang tenang dan damai

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Sungai Danube adalah salah satu danau terbesar dan terpanjang di Eropa. Ia melintasi banyak kota-kota Eropa, diantaranya Budapest, Vienna, Linz, Belgrade dan Bratislava. Kamu bisa menikmati indahnya sungai ini dengan duduk-duduk di pinggirnya atau mengikuti boat tour selama satu setengah jam dan menikmati pemandangan kota Linz dari tengah sungai.

6. Ars Electronica Center wajib dikunjungi jika kamu tergila-gila dengan teknologi

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Ars Electronica Center terkadang disebut sebagai museum masa depan sebab ia surga bagi para penggemar teknologi. Terdapat ping pong game virtual, layar dengan resolusi 8K yang menampilkan pelbagai bagian dunia, foto satelit bumi, hingga teknologi robot yang bisa merespon saat namanya dipanggil. Bahkan jika kamu bukan penggila teknologi pun, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi.

7. Kaca-kaca di Lentos Art Museum

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Kamu suka mengunjungi museum yang tak biasa? Lentos Art Museum adalah salah satunya. Bangunannya terdiri dari banyak kaca sehingga saat malam tiba, menjadi terang sewarna lampu neon. Di dalamnya sendiri terdapat lebih dari 1500 benda seni yang berasal dari tahun 1920-an hingga ke tahun yang lebih mutakhir. Patung-patung seni dan galeri fotografi juga turut memanjakan mata pengunjung.

8. Mendaki bukit kecil Postlingberg

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Di sisi utara Linz, kamu bisa mendaki bukit kecil Postlingberg. Jangan takut akan lelah, sebab ada kereta atau taksi yang kamu bisa ambil sebagai pilihan transportasi. Tiba di lokasi, kamu bisa mengunjungi gereja Pilgrimage Basilica yang memiliki dua menara. Ada pula Grottenbahn yang menyuguhkan dunia kurcaci dan Fairytale world. Kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Linz dari atas bukit sambil menyantap makanan di restoran dan caf yang ada di sana.

9. Linzertorte

9 Fakta menakjubkan Linz, kota di Austria yang layak kamu kunjungi

Diklaim sebagai kue dengan resep tertua di dunia ini, merupakan cake jenis pie yang biasanya berisi kacang dan kayu manis atau pelbagai selai. Saat dipotong, kue ini cepat hancur, seperti bread-crumb. Mmh melihat tampilannya saja sudah enak ya.

Bagaimana, menarik kan? Next time, mungkin kamu bisa memasukkan Linz sebagai kota yang layak kamu kunjungi saat liburan nanti.