Meskipun pipi chubby terlihat cute dan kelihatan lebih muda, tapi banyak perempuan yang insecure memilikinya. Memang saat ini standar kecantikan yang lagi tren adalah wajah tirus. Wajah yang tirus banyak diminati karena dianggap dapat membuat orang jadi semakin cantik, kelihatan lebih ramping, sehingga dapat tampil secara menarik dan lebih percaya diri.

Banyak perempuan yang melakukan segala upaya untuk membuat wajahnya agar tirus. Nggak jarang mereka tanpa pikir panjang melakukan operasi wajah. Operasi untuk meniruskan wajah adalah cara yang tercepat, namun dengan cara ini kamu bakal menggelurkan banyak uang, adanya efek buruk yang kemungkinan terjadi ketika operasi wajah tidak berjalan dengan lancar, serta dampak buruk yang bisa menghantuimu. Oleh karena itu, operasi tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus memikirkannya matang-matang.

Sebenernya kamu nggak perlu operasi untuk mendapatkan wajah yang tirus loh. Cara mudah dan sederhana ini bisa kamu coba. Lets scroll down!

1. Rajin melakukan latihan hitt cardio.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Pertama kali yang harus kamu ingat dan catat adalah, losing weight in your face is something you cant do without seeing a change in the rest of your body!Jadi kamu gak bisa fokus pada menghilangkan lemak wajah saja, tapi pada bagian tubuh secara keseluruhan.

Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah hitt cardio workout. Melakukan cardio workout secara rutin dapat membantumu membakar lemak pada tubuh. Jika kamu rajin melakukannya dijamin tubuh akan lebih fit, ideal, dan tentunya wajah akan menjadi tirus.

2. Jangan skip menu sayur dan buah.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Jangan skip sayur dan buah dalam menu dietmu, ya! Sayur dan buah segar kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, dan air yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu menghilangkan lemak dan menjaga hidrasi secara alami.

3. Minum air putih yang cukup.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Dengan minum air putih yang cukup memiliki banyak manfaat loh. Minum air putih setidaknya delapan gelas per hari dapat membuatmu jadi sehat, menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengurangi beberapa jenis peradangan, serta dapat mengurangi lemak di wajah.

4. Mengurangi konsumsi gula.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Selain dapat meningkatkan glukosa dalam darah, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan retensi air pada wajah sehingga terlihat lebih gemuk. Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung gula, ganti dengan makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan atau biji-bijian yang dapat membantu menghilangkan lemak tidak sehat.

5. Mengurangi konsumsi garam.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Nggak hanya gula yang harus kamu kurangi, ternyata garam juga lho! Konsumsi garam berlebihan mengakibatkan tubuh dapat dengan mudah menyimpan lebih banyak cairan sehingga tubuh akan kelihatan membengkak dan menjadi kembung. Hal ini juga dapat terjadi di area wajah. Pembengkakan tersebut membuat wajah akan terlihat lebih chubby.

6. No junkfood.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Selain tidak sehat, kebiasaan makan junk food dapat menyebabkan obesitas dan menjaga lemak di wajah tidak bisa hilang. Kebiasaan untuk tidak makan junk food memang sulit dihindari. Tapi jika menginginkan wajahmu tirus, kamu wajib menghindarinya.

7. Say good bye to alcohol.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Dilansir dari Woman Magazine, seorang personal trainer, ahli gizi, dan penulis Carly Yue menyarankan untuk mengurangi konsumsi alkohol, atau bahkan tidak meminumnya sama sekali. Menurutnya, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat wajah jadi chubby dan lebih parah lagi memicu pembengkakan wajah.

8. Senam wajah.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Melakukan senam wajah secara rutin merupakan salah satu cara sederhanan untuk mengencangkan otot wajah dan membuatnya tampak lebih tirus, bahkan dapat menghilangkan double chin. Saat melakukannya, kamu bisa dengan posisi duduk atau berdiri menghadap cermin.

Ada beberapa senam wajah yang bisa kamu lakukan, seperti chift lift exercise atau latihan angkat dagu. Kamu bisa melakukan chift lift exercise dengan cara memiringkan kepala ke langit-langit, jaga agar mata tetap tertuju keatas. Lalu buat bibir menjadi kencang, seolah mencoba mencium langit-langit, tahan sampai hitungan 10 detik dan rileks.

Selain itu, kamu bisa mencoba menggembungkan pipi selama beberapa detik, dan dorong udara dari pipi kanan ke kiri begitu sebaliknya selama beberapa detik. Rileks sebentar, lalu lanjut dengan menahan senyum sambil menggertakkan gigi selama beberapa detik. Step selanjutnya setelah kamu rileks, buka mulut dengan lebar dan ucapkan huruf O kemudian E, usahakan tidak menunjukkan gigi ketika mengucapkan huruf tersebut, dan ulangi pencupan sebanyak 15 kali.

9. Tidur yang cukup.

9 Cara mudah dan sederhana bikin wajah tirus tanpa operasi

Tak hanya membuat kamu jadi merasa lebih lelah, kurang tidur bisa juga membuat metabolisme tubuh bekerja lebih lambat dan meningkatkan kadar hormon stres atau kortisol dalam tubuh. Akibatnya dapat meningkatkan nafsu makan sehingga dapat mengakibatkan penimbunan lemak dalam tubuh dan wajah serta naiknya berat badan.

Untuk itu sebaiknya kamu tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam sehari. Dengan demikian kamu dapat mengendalikan nafsu makan dan berat badan sehingga wajah pun akan terlihat lebih tirus.