Kota adalah sebuah tempat yang biasanya menjadi pusat bisnis dan ekonomi sebuah wilayah! Cenderung banyak perusahaan, gedung tinggi dan pusat hiburan modern didirikan di sebuah wilayah kota.

Lokasi kota didirikan umumnya berlokasi paling banyak di muara sungai dan pesisir laut, ini biasanya karena menjadi pusat perdagangan di masa lalu karena adanya pelabuhan dan bisa lebih mudah mengakses daerah pedalaman melalui perjalanan lewat sungai.

Lalu gimana ya guys kalau kota didirikan di daerah yang ekstrem dari cuaca super dingin, panas, sangat tinggi di pegunungan! Oke, berikut beberapa kota di dunia dengan lokasi yang ektrim banget guys, coba cek apa kamu sudah pernah ke kota-kota berikut guys!


1. Yakutsk kota paling dingin sedunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Ibu kota Republik Sakha di Rusia ini dianggap sebagai kota paling dingin sedunia. Loh kenapa ya guys? Karena suhu kota ini rata-rata setahun mencapai -8 derajat Celcius. Bahkan ne guys walau saat musim panas salju masih ada di tanah kota ini. Duh pasti pas musim dingin disana makin dingin deh kalau musim panas masih kayak gitu! Mau tahu guys suhu rata-rata musim dinginnya bisa mencapai -40 derajat Celcius lho dan bahkan sempat mencapai -64,4 derajat Celcius. Kebayang gak guys dinginnya tu suhu!

Karena dinginnya ne kota, warga jadi harus menyalakan mesin kendaraan atau yang ada baterainya tiap hari biar gak rusak walau gak dipakai juga hmmm dan tiap menghela nafas atau berbicara akan keluar seperti kabut dari wajah! Dingin ya guys! Mau coba kesana guys?

2. Kuwait City, kota degan suhu paling panas di dunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Memang kita tahu ya guys wilayah Timur Tengah suhunya lebih panas dari kawasan lain, tapi untuk kota adalah Kuwait City. Kota dengan jumlah penduduk 2,4 juta jiwa ini memiliki suhu rata-rata tahunan 34,3 derajat Celcius dengan Bulan Juni, Juli dan Agustus bisa mencapai 45-47 derajat Celcius. Bahkan tahun 2012 di Sulaibiya dekat Kuwait City suhu terpanas masuk rekor untuk kawasan Asia yakni 53,8 derajat Celcius. Wih panas banget ya guys!

3. Kota Aswan, kota terkering di dunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Tahu letak kota ini gak guys? Kalau belum tahu! Kota ini teretak di Mesir guys! Kenapa dijuluki kota terkering karena dalam satu tahun curah hujannya kurang dari satu milimeter! Namun karena letaknya yang dekat dengan Sungai Nil dan Bendungan Aswan membuat warga kota tidak kekurangan air walau curah hujan yang sedikit sekali!

4. Buenaventura, kota terbasah di dunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Kalau kota Aswan jadi kota terkering, kota Buenaventura yang terletak di Kolombia ini jadi kota terbasah karena curah hujannya mencapai 6.275,6 mm pertahunnya. Wah bener-bener kota hujan ne guys kalau sampai curah hujan sebesar itu ya! Akibatanya bangunan dengan bahan kayu menjadi cepat rusak deh guys sehingga bangunan di kota ini dibuat memang tahan cuaca hujan terus menerus dan udara yang lembab.

5. Wellington, kota dengan angin paling kencang

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Ibu kota Negara Selandia Baru ini memiliki kecepatan rata-rata angin 29km/jam atau lebh cepat 11km/jam dari Kota Chichago yang berjuluk kota angin di Amerika. Jadi kalau kamu guys merasa angin di tempat tinggalmu kencang, di kota ini mungkin jauh lebih kencang!

6. El Alto, kota paling tinggi lokasinya di dunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Kota di Negara Bolivia ini guys terletak di ketinggian 4.150 meter diatas permukaan air laut atau 4 km lebih sedikit ya. Karena letaknya cukup tinggi pemerintah Bolivia pun membuatkan semacam gondola untuk transportasi dari kota ini menuju Kota La Paz melewati ngarai yang terjal dan berbahaya.

7. Perth, kota berjuluk paling terisolasi di dunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Wah kok bisa ya guys dibiang terisolasi? Coba deh lihat peta dan lihat posisi kota di kawasan Australia Barat ini jauh banget kan dengan kota-kota besar Australia yang banyak berkumpul dikawasan selatan dan tenggara Benua Kangguru ini? Akibatnya jika pengen pergi misalnya ke Kota Adelaide kamu mesti melewati gurun dan perjalanan yang cukup panjang mengingat Australia juga termasuk negara yang sangat luas, dua kali lipat dari India! Tapi meskipun berjuluk kota terisolasi, Perth tetaplah makmur bukan dan kehidupannya sama majunya dengan kota lain di Australia.

8. Iquitos, kota paling sulit diakses di dunia

8 Kota dengan kondisi paling beda sedunia, di Indonesia ada nggak ya?

Kota yang terletak di Peru ini hanya bisa diakses dengan jalur perahu atau pesawat. Wah, susah juga ya kalau mobil gak bisa mengakses kota ini. Jika kamu naik perahu dari muara Sungai Amazon kamu mesti menempuh 3.600 km untuk sampai kota ini wih jauh sekali ya guys, Untungnya ada penerbangan ke kota ini dari Panama City dan Lima, Peru sehingga akses lebih mudah untuk warga hanya melalui jalur udara. Gimana guys berminat mencoba liburan kesana?