×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Cara mengubah kelemahan menjadi kelebihan

0

Kepribadian

8 Cara mengubah kelemahan menjadi kelebihan

Ingatlah bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bestlook21

15 / 07 / 2020 12:50

Setiap manusia selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sayangnya, kebanyakan dari kita lebih terfokus pada kekurangan yang dimiliki. Hal ini justru membuat sulit untuk mengembangkan diri, minder, ujung-ujungnya terjerumus pada pemikiran kita nggak bisa apa-apa, padahal memiliki banyak kelebihan.

Tahukah kamu jika kekurangan yang kamu miliki dapat diubah menjadi kelebihan. Lantas, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang wajib kamu lakukan.

1. Stop menyalahkan keadaan.

Ketika seseorang memiliki kekurangan, baik itu kekurangan fisik, skill, pengetahuan, maupun harta, kebanyakan dari mereka selalu menyalahkan keadaan. Sering kali mereka lupa jika memiliki banyak kelebihan.

Jika kamu mengalami hal yang demikian, mulai dari sekarang stop menyalahkan keadaan. Karena nggak ada habisnya jika kamu menyalahkan apa yang terjadi. Justru ini akan membuatmu dipenuhi oleh pikiran-pikiran negatif dan menjadi penghalangmu untuk terus maju.

Loading...

2. Embrace your weakness.

Setelah kamu berhenti menyalahkan keadaan yang terjadi. Coba pahami setiap orang itu berbeda, begitu pun dengan dirimu, kamu cuma ada satu di dunia ini.

Terima apa yang menjadi kekuranganmu. Di balik semua kekurangan tentunya ada kelebihan yang lebih besar. Tinggal bagaimana caramu menggali potensi yang kamu miliki.

3. Kenali dan upgrade potensi yang kamu miliki.

Meski kamu sudah menerima kekuranganmu, nggak cukup sampai di sini karena kamu perlu mengenali dan upgrade potensi diri. Pikirkan dan tulis apa aja potensi yang kamu miliki, susun strategi yang tepat untuk mengubah kelemahan menjadi kelebihan, dan teruslah belajar. Yakini kamu bisa melakukannya.

4. Motivasi diri sendiri.

Berikan motivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan yang kamu raih. Bayangkan kamu akan berhasil mengubah kelemahanmu, berhasil menemukan dan meningkatkan potensi diri, serta berhasil mencapai berbagai tujuan besar. Dengan begitu kamu akan memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai keberhasilan.

5. Be brave.

Meskipun masih banyak kekurangan yang kamu miliki, jadilah pribadi yang berani. Segala usaha yang kamu lakukan perlu didasari dengan keberanian.

Beranilah untuk memulai, tak perlu menjadi sempurna dulu baru memulai. Berani untuk mencoba hal yang baru. Berani untuk menerima kegagalan yang mungkin bisa terjadi.

6. Sabar dan nikmati prosesnya.

Setiap proses yang kamu lalui tentunya tak sepenuhnya berjalan dengan mulus. Ketika menghadapi hal demikian, janganlah mudah marah, mengeluh, dan membandingkan prosesmu dengan orang lain.

Segala upaya yang kamu lakukan pasti ada hasilnya. Jika hasilnya tidak terlihat sekarang, mungkin masih butuh lebih banyak waktu lagi. Janganlah berhenti berproses, nikmati jalanmu, dan selalu menjadi pribadi yang sabar.

7. Bersyukur.

Meski banyak rintangan yang kamu lalui, janganlah berhenti untuk bersyukur. Bersyukur kamu masih sehat, masih diberikan waktu untuk berproses, dan bersyukur atas hasil yang kamu terima sekarang. Percayalah, dengan senantiasa bersyukur, Tuhan akan menambahkan kenikmatan untukmu.

8. Berdoa.

Untuk meraih sesuatu tak cukup hanya dengan mengandalkan usaha. Berdoa sangatlah penting memperlancar tercapainya apa yang kamu usahakan. Selain itu, dengan berdoa akan mendekatkan dirimu dengan Tuhan, menjauhkan dari kesombongan atas apa yang kamu raih, membuat hidup menjadi tenang, bahagia, dan bermakna.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red