×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

0

N/A

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Foto: LEEROY Agency dari Pixabay

Ini tips agar artikelmu banyak dibaca orang dan muncul di halaman utama pencarian Google.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ririn Rosaria

29 / 11 / 2019 19:15

Jika kamu memiliki hobi menulis dan sering mengirim banyak artikel ke berbagai platform menulis berbayar tapi artikelmu jarang mendapatkan bayaran karena jumlah viewers yang sedikit, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Beberapa platform memang memiliki kebijakan tersendiri dalam membayar artikel yang berhasil diterbitkan. Biasanya dengan redeem point yang diperoleh dari jumlah views. Jadi semakin banyak viewers maka semakin banyak pula uang yang diperoleh. Semua kebijakan itu pada intinya tergantung pada jumlah viewers. 

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara agar artikelmu bisa masuk halaman utama pencarian dan dibaca banyak orang sehingga jumlah viewers kamu pun meningkat.

 

1. Gunakan topik trending di Twitter sebagai pembahasan.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Loading...

Jika ingin menulis artikel pastinya mikir mau nulis tentang apa. Tidak perlu risau karena kamu bisa menggunakan topik yang sedang trending atau yang banyak dibicarakan di Twitter. kamu bisa menggunakan salah satu dari peringkat 1 sampai 10 topik yang sedang trending karena salah satu dari kriteria artikel yang dipilih oleh pembaca adalah mencakup konten yang sedang viral.

2. Carilah keyword yang banyak dicari pengguna Google untuk judul.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Pastinya jika pembaca ingin mendapatkan informasi, mereka akan lebih muda jika menuliskan keyword singkat di pencarian Google. Seperti contoh tips diet sehat atau tips menjadi cantik. Setelah itu akan ada banyak macam judul yang direkomendasikan Google. Tidak perlu terlalu rumit dalam membuat judul artikel. Biasanya dalam judul-judul tersebut mengandung keyword yang dituliskan oleh pengguna. Jadi menentukan keyword yang cocok untuk judul juga penting loh.

3. Jangan copy paste.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Jangan copy paste karena selain memplagiat karya orang lain, nilai artikelmu menjadi tidak berkualitas dan jauh dari kata original. Sebisa mungkin tulislah artikel dengan gaya bahasamu sendiri. Jadilah diri sendiri saat menulis dan nikmatilah. Beberapa platform mungkin memiliki sistem untuk mendeteksi tulisan hasil plagiat. Tulisanmu akan ditolak dan kemungkinan terbesar akan diblokir dari anggota komunitas karena dinilai tidak original. 

4. Usahakan tanam backlink di artikelmu.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

FYI, backlink adalah icon yang berbentuk seperti rantai. Agar lebih keren dan praktis alangkah baiknya menambahkan backlink di artikelmu untuk memberi kesan banyaknya informasi yang tersedia di dalamnya. Tapi jangan terlalu memaksakan karena menyebabkan artikelmu tidak nyambung. Jangan menambahkan link tentang tips diet pada artikelmu yang membahas gadget. Dengan backlink kamu bisa menghubungkan artikelmu dengan artikel lainnya atau dengan artikel yang sebelumnya perna kamu tulis di blog pribadi atau di platform lainnya.

5. Jangan lupa unggah thumbnail.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Ini adalah bagian yang paling penting setelah judul karena jika judulnya tidak begitu menarik biasanya pembaca akan melihat gambar yang muncul atau thumbnail. Thumbnail  berfungsi untuk melengkapi artikelmu agar bisa menarik perhatian pembaca. Dengan menggunakan thumbnail menarik, orang mungkin akan menerka-nerka isi artikelmu sehingga membuatnya penasaran dan akhirnya membaca artikelmu.

7. Gunakan model artikel listicle.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Artikelmu dinilai membosankan atau tidak berdasarkan isi yang disajikan? Daripada bentuk narasi para pembaca lebih banyak menyukai artikel yang disajikan dalam bentuk listicle karena memberi kesan to the point dan tidak bertele-tele. Sedangkan artikel narasi terkesan membosankan dan banyak yang masih bingung dalam menentukan poin yang dibahas.

7. Share artikelmu ke social media.

7 Tips artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman utama pencarian

Biasanya artikel yang mendapatkan bayaran tinggi dari berbagai platform memiliki pageviews tertinggi, mencakup konten yang viral, dan original. Untuk mendapatkan pageviews tertinggi kamu tidak hanya mengandalkan pencarian di Google, melainkan juga harus sharing artikelmu ke grup WhatsApp, Intagram, Twitter, dsb. Semakin banyak orang yang mengklik artikelmu, secara otomatis juga memengaruhi banyaknya pageviews.

Beberapa hal tadi bisa dicoba agar artikelmu bisa mendapatkan banyak viewers. Tidak ada salahnya mencoba, kan? setiap orang pasti ingin mendapatkan hasil dari apa yang dilakukan, terlebih lagi jika hasil dari sebuah hobi. Tidak ada pekerjaan yang lebih menyenangkan dari pada sekedar hobi yang dibayar.

Jika suka menulis maka menulislah dan dapatkan peluang dari sana karena kamu tidak bisa hidup hanya dengan makan tulisan. Carilah peluang dan dapatkan uang dengan mencari project menulis di website untuk freelancer, adsense blog, atau menjadi article creator di beberapa platform menulis.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red