×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tanaman pangan ini bisa jadi alternatif pengganti nasi

0

N/A

7 Tanaman pangan ini bisa jadi alternatif pengganti nasi

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Jika nasi tidak ada, apa yang bisa dijadikan panganan pokok untuk kita makan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Riyanto Agus

09 / 04 / 2019 15:20

Nasi tak dapat lepas dari masyarakat Indonesia. Bahkan bagi orang Indonesia tak akan kenyang jika tak makan nasi. Contohnya saja saat makan mie, orang Indonesia kebanyakan sering menambahkan nasi padahal mie adalah karbohidrat.

Muncul pertanyaan jika sewaktu-waktu beras di Indonesia tak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Indonesia, apa makanan pokok alternatif selain nasi? Lalu bisakah tanaman itu dibudidayakan di Indonesia?

Tenang saja, ternyata beberapa masyarakat Indonesia ada yang mengonsumsi makanan pokok selain nasi lho. Maka dari itu penulis telah merangkum dari berbagai sumber mengenai 7 tanaman pokok pengganti nasi yang sudah dikenal lidah warga Indonesia.

1. Jagung.

Sumber : UC

Loading...

Tanaman yang bernama latin Zea mays ini merupakan makanan pokok paling populer selain nasi di Indonesia. Tanaman yang sebangsa dengan padi ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia di Madura, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan Jawa Tengah. Biasanya jagung diolah menjadi nasi jagung atau diolah menjadi kue melalui tepungnya.

 

2. Singkong.

Sumber : UC

Umbi-umbian yang memiliki kadar karbohidrat tak kalah dengan beras ini memang banyak dikonsumsi oleh warga Indonesia. Banyak olahan yang biasanya dibuat dari singkong, seperti nasi singkong, direbus, digoreng, dibakar, atau dibuat tepungnya. 

 

3. Ubi jalar.

Sumber : uc

Ubi jalar menjadi makanan pokok lainnya yang banyak dikonsumsi selain nasi. Ubi jalar ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat timur seperti Papua dan Maluku. Mereka biasanya membakarnya dengan cara "bakar batu". Selain itu banyak lagi olahan ubi jalar yang dapat kamu konsumsi.

 

4. Sagu.

Sumber uc

Kenal Papeda? makanan khas asal timur ini terbuat dari sagu. Sagu sendiri berasal dari daging batang pohon sagu yang diambil saripatinya. Selain diolah menjadi papeda, banyak olahan lainnya yang dapat dikreasikan seperti kue melalui tepung sagu.

 

5. Sorgum.

Sumber uc

Sorgum berada di urutan ke-5 sebagai makanan pokok yang dikonsumsi di dunia setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum ini menjadi makanan pokok masyarakat Asia Selatan dan Afrika Sub-Sahara. Sorgum banyak dibudidayakan oleh masyarakat Nusa Tenggara. 

 

6. Jewawut.

Sumber uc

Jewawut adalah sejenis serelia berbiji kecil yang pernah menjadi makanan pokok masyarakat Asia Timur dan Asia tenggara sebelum budidaya padi dikenal. Beberapa daerah di Indonesia pernah tercatat mengkonsumsi jewawut sebagai makanan pokok, di antaranya Enrekang (Sulawesi Selatan), Pulau Rote, Pulau Sumba, dan berbagai daerah lainnya.

 

7. Jelai.

Sumber : Uc

Jelai mungkin asing jika terdengar bagi kita, namun sebenarnya banyak sudah yang membudidayakan tanaman ini. Mereka mengonsumsinya sebagai makanan pokok. Jelai di Jawa dikenal dengan nama Hanjeli. Jelai biasanya diolah menjadi kudapan.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red