Terdapat berbagai makanan yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat di masa pandemi Covid-19. Makanan bernutrisi dan sehat jelas sangat membantu tubuh agar terhindar dari wabah Covid-19. Dalam hal ini kita diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna guna membantu metabolisme tubuh.

World Health Organization (WHO) sendiri telah menyarankan beberapa makanan yang wajib dikonsumsi selama masa pandemi Covid-19. Seperti halnya untuk mengonsumsi daging merah sebanyak dua kali per minggu dan sebagai camilannya bisa diganti dengan mengonsumsi sayuran seperti berikut ini.

1. Brokoli.

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Jenis sayuran satu ini ternyata kaya akan serat, kalsium, folat dan fitonutrien serta memiliki senyawa yang dapat membantu mengurai risiko penyakit jantung. Brokoli juga punya kandungan vitamin C serta beta karoten yang dapat membantu mengurangi penuaan diri.

2. Paprika merah.

Tidak hanya buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C, ternyata paprika juga memiliki kandungan vitamin C, bahkan lebih tinggi. Jenis sayuran satu ini di dalamnya memiliki banyak fungsi, yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Bawang putih.

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu masakan satu ini? Bawang putih ternyata merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak hanya digunakan sebagai pelengkap masakah. Bawang putih juga bisa dijadikan sebagai sayuran yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

4. Buah-buahan.

Selain terdapat berbagai macam jenis sayur, tubuh juga perlu diimbangi dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang wajib dikonsumsi antara lain seperti jeruk, alpukat, apel, dan berry.

5. Jeruk.

Siapa yang tidak mengenal buah satu ini. Jeruk merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Buah jeruk memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan juga dapat mengurangi risiko anemia.

6. Alpukat.

Seperti yang diketahui bahwa buah alpukat merupakan salah satu buah yang tumbuh di iklim hangat. Terdapat berbagai macam manfaat dari buah alpukat, antara lain dapat menurunkan kolesterol, mengurangi risiko depresi dan juga perlindungan dari penyakit kanker.

7. Apel.

Apel merupakan salah satu buah yang banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan. Selain itu apel juga dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh karena mengandung antioksidan quercetin dan polifenol.

Itu dia beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Selain mengonsumsi makanan sehat, kita juga harus mengimbangi dengan beristirahat yang cukup guna terhindar dari Covid-19.