×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

0

Film

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Amerika Serikat akan mendapatkan wakil presiden perempuan tahun depan. Sementara di film dan TV itu sudah sering terjadi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

19 / 11 / 2020 09:38

Pilpres atau Pemilihan Presiden Amerika Serikat baru selesai dan menciptakan sejarah baru di mana seorang perempuan terpilih menjadi wakil presiden. Sepanjang sejarah Amerika Serikat baru kali ini ada perempuan yang menempati posisi nomor dua di negara itu. Negara Kesatuan Amerika Serikat berdiri sejak 4 Juli 1776, sempat mengalami perang saudara sebelum akhirnya bersatu dan jadi negara superpower di berbagai bidang. Sistem pemerintahannya berbentuk federal dan dipimpin seorang presiden serta dibantu wakil presiden yang terpilih lewat proses pemilihan umum.

Saat ini Donald Trump dan Mike Pence masih menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Amerika Serikat dan jika hasil pemilu sudah disahkan Mahkamah Konstitusi maka mulai Januari 2021 jabatan tersebut diteruskan Presiden Terpilih Joe Biden bersama wakilnya (yang seorang perempuan) Kamala Harris. Belum pernah dalam sejarahnya ada perempuan menempati jabatan presiden serta wakil presiden Amerika selama ini sehingga kemenangan Harris tercatat sebagai hal fenomenal dan luar biasa.

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Wakil Presiden Amerika Serikat Terpilih Kamala Harris. Foto: VPR

Tapi di dunia hiburan dan fiksi, jabatan presiden maupun wakil presiden Amerika sudah sering digambarkan dipegang oleh perempuan. Baik dalam nuansa drama serius maupun komedi. Mungkin ini juga sebagai “pemanasan” untuk warga Amerika agar terbiasa/tidak kaget jika kemudian di kehidupan nyata seorang perempuan berhasil menjabat posisi berpengaruh seperti itu. Dan ini kemudian jadi kenyataan saat Kamala Harris berhasil mematahkan prediksi dan terpilih menjadi wapres dari presiden terpilih Joe Biden lewat pemilu pilpres tahun 2020.

Loading...

Bagaimana dengan perempuan-perempuan lain yang pernah menjabat sebagai PotUS / President of the United States walau dalam dunia fiksi? Berikut beberapa di antaranya.

1. Presiden Allison Taylor dari serial TV 24. Tahun rilis: 2008-2010.

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: 24 Spoilers

Diperankan aktris Cherry Jones, Presiden Allison Taylor merupakan Presiden tangguh dan tidak menyerah pada tuntutan teroris yang merongrong Amerika di serial TV pemenang piala Emmy ini.

(Spoiler Alert!)

 Bahkan saat putranya dibunuh dan suaminya ditembak karena keputusannya tersebut. Cherry Jones pernah mengatakan kalau aktingnya sebagai presiden Amerika Serikat semoga menginspirasi perempuan Amerika agar mengejar karier dan posisi sebagai presiden Amerika Serikat di dunia politik negara itu.

2. Wakil Presiden Selina Meyer dari serial TV Veep. Tahun rilis: 2012-2019.

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: New York Times

Penggambaran Selina Meyer di serial Veep sebagai wakil presiden awalnya terlihat naif dan bahkan seperti bahan olokan di dunia politik, namun perlahan dia dapat mengatasi berbagai cobaan dan halangan hingga berhasil menduduki posisi Presiden Amerika Serikat.

(Spoiler Alert!)

Walau posisi tersebut bukan ia dapatkan lewat pemilu karena presiden mendadak mengundurkan diri karena alasan pribadi. Pemeran Selina Meyer adalah aktris komedian Julia Louis-Dreyfus yang memecahkan rekor sebagai nominator Primetime Emmy Awards komedi terbanyak dalam sejarah lewat serial ini, mengungguli nominator sebelumnya komedian perempuan lain Lucille Ball.

3. Presiden Olivia Marsdin dari serial TV Supergirl. Tahun rilis: 2015-masih produksi.

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: Tim Hanley Wordpress

Di serial TV DC Comics ini, Presiden Amerika Serikat bukan saja digambarkan sebagai sosok perempuan, namun juga alien/makhluk asing dari angkasa luar. Memiliki identitas asli sebagai pengungsi planet Durla di planet Bumi, Olivia Marsdin bercita-cita agar Amerika Serikat menjadi negara ramah pada pengungsi—walaupun bukan berasal dari planet Bumi.

(Spoiler Alert!)

Pada musim keempat identitas aslinya terbongkar ke publik sehingga Olivia Marsdin terpaksa mengundurkan diri dari jabatan Presiden Amerika Serikat. Pemeran Presiden Olivia Marsdin adalah Lynda Carter, aktris senior yang dulu banget berperan di serial TV Wonder Woman.

4. Presiden Claire Underwood dari serial TV House of Cards. Tahun rilis: 2013-2018.

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: Consequence of Sound

Aktris peraih piala Golden Globe Awards Robin Wright memerankan karakter yang awalnya merupakan First Lady (atau istri Presiden Amerika Serikat Frank Underwood) di serial Netflix ini. Claire digambarkan besar dalam lingkungan elite dan ambisius sejak kecil hingga akhirnya menduduki jabatan tertinggi di kancah politik Amerika Serikat sebagai Presiden.

Gosipnya Wright merasa kalau bayaran dia tidak sesuai jika dibandingkan pemeran suaminya, Kevin Spacey, sehingga di season 4 dia meminta kenaikan gaji. Mungkin gara-gara itu akhirnya House of Cards berhenti di season 6?

5. Wakil Presiden Caroline Reynolds dari serial TV Prison Break. Tahun rilis: 2005-2009.

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: Zimbio

Penggambaran Caroline Reynolds (diperankan Patricia Wettig) di serial tentang percobaan kabur dari penjara ini lebih ke arah antagonis. Reynolds menggunakan pengaruh politik dia untuk memastikan narapidana bernama Lincoln dihukum mati karena membunuh abangnya, Terrence Steadman (yang sebenarnya bagian konspirasi Caroline Reynolds sebagai wakil presiden Amerika Serikat). Serial Prison Break diperankan juga oleh Wentworth Miller, si Captain Cold di serial TV superheroes DC Comics The Flash serta DC's Legends of Tomorrow.

6. Presiden Elizabeth Lanford dari film Independence Day: Resurgence (2016).

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: FimFetch

Masih ingat film Independence Day (1996)? Film di mana alien datang ke planet Bumi dengan piring terbang besar yang bayangannya bisa menutupi satu kota? Film ini sukses luar biasa dan 20 tahun kemudian sekuelnya dirilis dengan judul Independence Day: Resurgence.

Jika di film pertama Presiden Amerika Serikat adalah Thomas Whitmore (diperankan Bill Pullman) dan memiliki peran penting dalam film, maka di sekuel Independence Day Presiden Elizabeth Lanford (diperankan Sela Ward) perannya cenderung tidak terlalu signifikan seperti Thomas Whitmore, yang bahkan berperan cukup penting di film ini.

7. Presiden Amerika Serikat 'tanpa nama' dari film Iron Sky (2012).

7 Presiden perempuan Amerika Serikat dalam cerita fiksi

Foto: Iron Sky Wiki

Film ini keren banget! Memiliki genre komedi satire fiksi ilmiah, Iron Sky menceritakan kalau sebelum kalah Perang Dunia Kedua tahun 1945 sekelompok tentara Nazi Jerman berhasil kabur ke Bulan.

Mereka membangun pangkalan militer di Bulan dan tidak ketahuan orang-orang di Bumi sampai ekspedisi astronot Amerika Serikat (disponsori Presiden Amerika Serikat yang tidak disebut namanya di sepanjang film, namun punya penampilan mirip Cawapres Sarah Palin) tiba di Bulan dan menimbulkan kekacauan. Peran Presiden Amerika Serikat tidak serius di sini dan Iron Sky lebih menitikberatkan pada usaha tentara Nazi Jerman dari Bulan yang ingin menguasai Bumi.

Jika tidak melenceng dari jadwal maka Amerika Serikat pada awal 2021 nanti akan mencetak sejarah dengan mengangkat seorang perempuan menjadi wakil presiden. Kelak siapa tahu kalau berikutnya akan ada presiden Amerika Serikat perempuan seperti peran-peran di atas tadi? Kita lihat saja.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red