×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Penyebab munculnya ketombe di kulit kepala dan cara mengatasinya

0

Kesehatan

7 Penyebab munculnya ketombe di kulit kepala dan cara mengatasinya

Foto: pexels.com/Deena

Ketombe bertebaran di rambut tentu bikin risih. Yuk, cari tahu penyebabnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

05 / 12 / 2019 13:15

Ketombe muncul ketika sel-sel kulit mati mengelupas dan rontok di kulit kepala menghasilkan serpihan-serpihan putih. Selain terasa gatal, ketombe sering berjatuhan ke bahu yang bisa mengganggu penampilan. Orang yang mengalaminya sering kali merasa tidak percaya diri terutama saat menggunakan baju berwarna gelap yang bikin makin jelas terlihat.

Orang tanpa ketombe, sel-sel kulit baru muncul sekitar sebulan sekali. Sedangkan buat orang yang berketombe, pergantian kulit terjadi lebih cepat yaitu sekitar dua minggu sekali. Sel-sel kulit lama yang mati dan mengelupas akhirnya menumpuk dan muncul sebagai ketombe. Hindari menggaruknya dengan keras karena bisa merusak kulit kepala yang berujung pada infeksi.

Lantas, apa sih penyebab ketombe bisa muncul di kulit kepala?

1. Malassezia.

Ragi seperti jamur ini menjadi salah satu penyebab ketombe bermunculan. Sel-sel kulit baru terus bertumbuh di kulit kepala yang mengalami iritasi akibat malassezia. Sel-sel kulit yang menumpuk ini akan menyisakan kulit mati yang menjadi ketombe.

Loading...

2. Malas keramas.

Ketombe sering muncul pada orang yang malas mencuci rambut dengan rutin. Jarang keramas membuat sel-sel kulit kepala dan minyaknya terangkat dan menimbulkan ketombe.

3. Alergi produk.

Sebagian orang ada yang sensitif atau tidak cocok dengan produk penataan dan perawatan rambut seperti gel atau hairspray. Kalau sudah begitu, kulit kepala dapat mengalami iritasi dan bersisik yang memunculkan ketombe.

4. Eksim atopik.

Penyakit ini menyebabkan kulit kepala kering, pecah-pecah, gatal dan merah. Kulit kepala kering menimbulkan serpihan ketombe yang berukuran lebih kecil.

5. Tinea capitis.

Infeksi jamur di kulit kepala dan batang rambut ini menyebabkan banyak ketombe bermunculan pada seseorang yang mengidapnya.

6. Psoriasis.

Seseorang yang menderita psoriasis dengan kulit kepala mengalami radang menyebabkan kering, tebal, bersisik, mengelupas yang pada akhirnya menimbulkan ketombe.

7. Cuaca.

Ternyata, perubahan cuaca di luaran bisa menjadi faktor munculnya ketombe. Cuaca berpengaruh pada kulit kepala, kondisi tertentu bisa menimbulkan ketombe.

Selain hal di atas, kebiasaan seseorang juga bisa berisiko munculnya ketombe. Kebiasaan itu seperti sering minum alkohol, asupan vitamin B kurang, mengonsumsi makanan pedas, manis, dan tinggi kandungan garam. Kondisi seperti rambut berminyak dan pubertas terutama pria juga bisa jadi faktor timbulnya masalah ketombe.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe supaya tidak muncul lagi.

1. Sampo antiketombe.

Berbagai jenis sampo antiketombe yang beredar di pasaran. Kamu harus memilih yang benar-benar tepat untukmu. Cobalah untuk membeli merek-merek tersebut bergantian jika sampo biasa tidak mempan mengatasi masalahmu. Terdapat kandungan yang berbeda-beda dalam sampo antiketombe seperti berbasis tar, pyrithione zinc, selenium sulfida, asam salisilat, ketoconazole.

Kamu bisa menggunakan sampo khusus ini setiap hari kalau memang ketombe masih banyak muncul. Kalau sudah berkurang, gunakan dua atau tiga kali seminggu hingga ketombe tidak muncul lagi di kulit kepala.

2. Bahan alami.

Dibanding produk berbahan kimia, yang alami pastinya minim risiko. Kamu bisa mengatasi masalah ketombe dengan rutin melakukan perawatan di rumah menggunakan bahan-bahan alami seperti tea tree oil, lemon, minyak kelapa, minyak zaitun, dan garam.

Cara menggunakan tea tree oil, campurkan dengan sampo yang biasa kamu gunakan saat keramas. Rutin lakukan itu hingga ketombemu hilang. Lemon, ambil sarinya sekitar 2 sendok makan, pijatkan di kulit kepala kemudian cuci. Lemon mengandung asam yang mampu menghilangkan ketombe dengan cara menyeimbangkan pH kulit kepala.

Untuk minyak kepala, ambil sekitar 3 hingga 5 sendok makan kemudian pijat kulit kepala menggunakan bahan tersebut. Atau, kamu bisa mencampurkan minyak kelapa pada sampo saat mandi. Minyak zaitun, gunakan saat memijat kulit kepala dengan minyak zaitun hangat sekitar satu jam sebelum keramas.

Dengan garam, gosokkan dengan perlahan di kulit kepala supaya serpihan ketombe dapat keluar dan mudah dibersihkan. Lanjutkan keramas hingga kulit kepala bersih. Jangan lupa gunakan kondisioner khusus untuk masalah ketombe.

3. Makanan sehat.

Mengonsumsi makanan bergizi seperti telur, ikan, keju, dan yang mengandung vitamin B lainnya tentu diperlukan. Selain itu kacang-kacangan, kerang, ayam kalkun adalah contoh makanan mengandung mineral seng yang dapat membantumu mengatasi masalah ketombe.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red