Sudah 40 tahun film fiksi ilmiah Star Wars mewarnai jagad layar lebar internasional dan hingga saat ini masih eksis menjadi favorit. Untuk bisa bertahan puluhan tahun seperti itu tentunya Star Wars memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan lainnya. Film ini selalu menjadi box office dan memperoleh pendapatan yang tinggi pada setiap serinya.

Film yang memulai debutnya pada tahun 1977 ini bukan sekedar menceritakan kehidupan di antariksa tetapi jika diamati lebih dalam banyak pelajaran hidup yang bisa diambil. Jika kamu termasuk penggemar dan pecinta film waralaba ini mungkin bisa flashback dan mengingat kembali ceritanya kemudian menemukan pelajaran hidup yang bisa dipetik dari Star Wars. Tokoh dan karakter-karakter yang ada dalam Star Wars mengajarkan banyak hal penting dan baik untuk kehidupan.

1. Wanita Mengendalikan Dunia

Dalam film Star Wars kamu bisa temui bahwa bukan hanya laki-laki yang bisa menjadi pemimpin dan mengatur dunia. Wanita juga mampu melakukannya seperti yang digambarkan melalui tokoh Puteri Leia, Ratu Amidala dan Rey. Mereka digambarkan sebagai wanita-wanita yang memegang peranan penting dalam film tersebut.

2. Kita Butuh Mentor Dalam Hidup

Dari karakter Yoda bisa diambil pelajaran bahwa kita semua membutuhkan mentor yang bisa memberikan nasihat-nasihat baik. Mentor yang akan memberitahu dan mengajarkan hal baik dan positif apa saja yang harus kita lakukan dalam hidup ini. Mentor yang bisa membimbing kita agar bisa menjadi manusia yang lebih baik.

3. Humor Itu Penting

Han Solo dan Chewbacca adalah dua karakter Star Wars yang seringkali melemparkan dialog-dialog lucu dalam film ini. Dalam hidup ini kita tidak bisa selalu serius menghadapi sesuatu kecuali kamu ingin terus-terusan stres dan depresi. Hidup ini butuh humor agar semuanya seimbang.

4. Gunakan Kekuatanmu

Kekuatan tidak selalu soal tenaga tetapi juga pikiran. Saat kamu merasa lemah dan tidak berdaya menghadapi segala persoalan hidup saatnya kamu gunakan kekuatanmu untuk kembali bangkit dan meraih impianmu.

5. Miliki Teman Baik

C-3PO dan R2-D2 merupakan teman baik dalam film Star Wars meskipun mereka hanyalah robot. Kalau robot saja membutuhkan teman baik apalagi manusia. Pilih dan miliki teman baikmu untuk bisa berbagi banyak hal seperti ngobrol, bercanda, bekerja bahkan berdebat. Selain dua robot tersebut, Han Solo dan Chewbacca juga digambarkan sebagai dua sahabat baik.

6. Hidup Harus Punya Prinsip

Meskipun kamu memiliki banyak teman baik yang sering melakukan banyak hal bersama-sama tetapi bukan berarti kamu harus sama dan selalu meniru mereka. Semua orang berbeda begitupun kamu dengan teman-temanmu bahkan keluargamu jadi kamu harus punya prinsip sendiri dalam hidupmu, apa saja hal baik dan mimpi yang ingin kamu raih tidak harus sama dengan teman dan keluargamu.

7. Setiap Orang Berhak Mendapatkan Kesempatan Kedua

Darth Vader adalah tokoh antagonis dalam film ini. Darth Vader ini sebenarnya adalah Anakin Skywalker yang menjadi jahat karena hasutan Palpatine/ Darth Sidious untuk masuk ke dalam Dark Side. Meskipun begitu, dia berani mengorbankan nyawa untuk menyelamatkan anaknya Luke. Ini membuat Luke mau berdamai dan memaafkan ayahnya tersebut karena setiap orang berhak mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahannya.

Nah sekarang kamu sudah tahu apa saja pelajaran hidup yang bisa diambil dari film Star Wars dan semoga bisa menjadi inspirasi.