Ada begitu banyak rempah-rempah yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan signifikan, tetapi sulit untuk mendapatkan rempah-rempah yang paling banyak mengandung zat-zat yang positif bagi tubuh.Alasan mengapa jahe sangat baik untuk tubuh adalah karena senyawa yang disebut gingerol. Zat ini bersifat antiinflamasi, yang berarti dapat meredakan rasa sakit dan bengkak. Zat ini juga merupakan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh dan dapat mengurangi risiko kanker seumur hidup.

Selain sebagai pencegah kanker, jahe juga memiliki bermacam-macam manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini.

1. Mengurangiasam lambung.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Refluks asam dapat terjadi berdasarkan jenis makanan yang kamu makan. Beberapa orang sangat rentan terhadap asam. Bagaimanapun, itu terasa menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, jahe sangat baik dalam mengurangi refluks asam sehingga zat aktifnya digunakan dalam pengobatan refluks asam.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe setiap hari, baik dalam teh khusus atau dicampur pada makanandapat menghilangkan refluks asam secara bersamaan.

2. Mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Peradangan adalah mekanisme pertahanan yang berguna ketika bagian tubuh yang terluka atau terinfeksi perlu diisolasi untuk membatasi kerusakan pada area lain. Namun, proses inflamasi tidak selalu dapat mengenali kapan peradangan itu membantu dan kapan saja itu akan terasa menyakitkan.

Jadi orang dengan kondisi peradangan kronis seperti radang sendi dapat mengalami banyak bantuan dari makan jahe. Kapasitas yang sama ini membuat jahe baik untuk penyembuhan semua jenis luka.

3. Minimalkanrisiko kanker.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Jahe sedang dipelajari secara luas untuk pengaruhnya pada sel kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat membunuh sel kanker ovarium lebih cepat dan aman daripada obat kemoterapi. Ini berita yang luar biasa karena kemoterapi cenderung menyebabkan banyak masalah kesehatan yang dipecahkan.

Jahe juga telah ditemukan untuk mencegah peradangan usus besar dan usus, yang merupakan faktor risiko kanker bagian-bagian tubuh tersebut. Perhatikan terus hasil penelitian yang sedang berlangsung tentang jahe dan kanker.

4. Baik untuk pencernaan.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Jahe tidak hanya memadamkan refluks asam dan mengurangi peradangan di usus. Jahe juga bisa meredakan mual. Sebagian alasannya adalah jahemerupakan antibiotik alami yang dapat melumpuhkan bakteri berbahayapenyebab sakit perut.Jahe juga baik untuk merangsang air liur yang merupakan bagian integral dari proses pencernaan.

5. Meringankandan menghindari sakit kepala.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Sifat anti-inflamasi jahe juga membantu dalam mengobati keluhan paling umum seperti sakit kepala. Banyak obat sakit kepala yang dijual bebas, namun ternyata jahe sebagai anti-radang juga dapat meringankan bahkan menyembuhkan sakit kepala.

Jahe adalah cara alami untuk hidup sehat dan tanpa efek samping dari formulasi kimia. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe setiap hari berpotensi menghindarkanmu dari sakit kepala, bahkan migrain.

6. Penurunan berat badan.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Penurunan berat badan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tubuh memandang lemak yang disimpan sebagai cadangan darurat, dan benar-benar memilih untuk tidak membakarnya. Diet memainkan peran besar, tetapi banyak yang menyalahkan berat badanmu juga karena faktor genetika. Jadi, penting untuk bekerja dengan tubuhmu dalam upaya menurunkan berat badan, dan jahe bisa menjadi sumber dukungan yang sangat baik.

Jahe dikenal menjaga metabolismemu tetap lancar sebab diet intensif sering memperlambatnya. Setelah metabolismemu melambat, kamu cenderung mendapatkan kembali semua berat yang hilang setelah berhenti berdiet. Dosis jahe harian dapat membantu mencegah masalah ini.

7. Mengurangi nyeri otot dan nyeri sendi.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Jenis nyeri umum lainnya adalah nyeri otot yang sering disebabkan oleh olahraga atau aktivitas sehari-hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe juga dapat membantu. Namun, jahe cenderung tidak segera meredakan nyeri otot.Sebaliknya, jahe yang dikonsumsi setiap hari dapat mengurangi tingkat rasa sakit yang berkembang dan mempersingkat durasi penyembuhan ketika ototmu menjadi sakit.

7 Manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi jahe setiap hari

Dengan semua manfaat kesehatan yang luar biasa ini, sulit menemukan alasan untuk tidak mengonsumsi jahe setiap hari. Terlebih lagi jahe bisa efektif baik mentah atau dimasak, segar atau kering.

Dengan rasa manis dan sedikit pedas, jahe sangat ideal untuk digunakan dalam makanan yang dipanggang, tumis kentang goreng, dan salad buah. Juga cukup enak sebagai campuran dalam teh herbal. Bagaiman pun caramu meminumnya, jahe adalah kebiasaan harian yang baik untuk dilakukan.