×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Kesalahan tentang dinosaurus yang dipercaya sampai sekarang

0

Ilmiah

7 Kesalahan tentang dinosaurus yang dipercaya sampai sekarang

Ternyata yang di film-film itu tidak semuanya benar lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

02 / 11 / 2018 20:29

Dinosaurus merupakan salah satu spesies hewan purbakala yang telah punah sejak 65 tahun yang lalu. Nah, meskipun telah banyak yang meneliti tentang hewan tersebut, namun nyatanya masih ada beberapa fakta yang salah tentang dinosaurus yang hingga kini masih saja dipercaya. Berikut merupakan kesalahan tentang dinosaurus yang masih dipercaya khalayak ramai sampai saat ini.

1. Kulit dinosaurus.

Kulit Dinosaurus

Ketika manusia pertama kali mengetahui tentang dinosaurus, mereka selalu menghubungkannya dengan buaya, kadal, dan reptil lainnya karena hingga tahun 1970 semua orang percaya kalau semua dinosaurus memiliki kulit yang tebal dan penuh sisik. Pendapat tersebut dipatahkan oleh para ilmuwan yang mengatakan bahwa burung memiliki hubungan dengan salah satu spesies dinosaurus lho. Dan akhirnya di tahun 1997 ditemukan fosil dinosaurus bernama Sinosauropteryx, yaitu seekor dinosaurus kecil pemakan daging yang memiliki bulu.

 

Loading...

2. Hidup di suhu hangat.

Yutyrannus

Kebanyakan dari kalian yang menonton film dinosaurus pasti mengira bahwa dinosaurus itu hidup di suhu yang hangat kan? Nah, sebenarnya dinosaurus tidak hanya hidup di tengah hutan dan perairan/lautan karena beberapa dari mereka ternyata ada juga yang hidup di suhu ekstrem serta tempat bersalju. Bahkan telah ditemukan tulang belulang dinosaurus yang terkubur di Alaska dan juga ada bukti bahwa ada seekor dinosaurus bernama Yutyrannus yang tinggal di suhu ekstrem dan diselimuti bulu yang tebal. Jadi tidak semua dinosaurus hidup di suhu hangat.

 

3. Dinosaurus meraung-raung.

Raungan Dinosaurus

Mendengar dinosaurus semacam T-Rex meraung itu sepertinya ada sensasi keren dan gahar gitu ya. Namun, kenyataannya raungan dinosaurus itu hanya ada di film, padahal aslinya mereka malah tidak meraung sama sekali. Ilmuwan mengungkapkan kalau mungkin saja dinosaurus itu hanya bisa menggeram layaknya buaya yang menimbulkan suara dengan menggunakan saluran pernapasannya.

 

4. Dinosaurus berdarah dingin.

Dinosaurus Perairan

Karena ada persamaan antara dinosaurus dengan kadal atau reptil lainnya, banyak orang yang berpikiran bahwa dinosaurus itu juga berdarah dingin seperti halnya reptil. Bahkan ada juga yang berkata bahwa dinosaurus itu ada yang berdarah dingin dan ada juga yang berdarah panas. Barulah ilmuwan mencapai kesimpulan bahwa semua dinosaurus sebenarnya ada di antara dua tipe tersebut. Dinosaurus itu bisa aja berdarah panas dan berdarah dingin karena hewan purbakala tersebut bisa mengatur suhu tubuhnya secara bebas.

 

5. Dinosaurus hidup bersama manusia.

Dinosaurus dan manusia

Meskipun hal ini terasa nyata dan hampir bisa dipercayai, tapi ada banyak sekali yang mengatakan kalau manusia dan dinosaurus itu tidak pernah sekalipun hidup berdampingan. Para peneliti pun mengungkapkan, kalau dilihat dari fosil yang ada, mereka telah lama mati sebelum manusia muncul di mana dinosaurus tersebut telah dinyatakan punah semenjak 65 juta tahun yang lalu. Sedangkan menurut bukti yang ada, manusia (nenek moyang manusia) itu muncul setelah dinosaurus punah sekitar 6 juta tahun yang lalu.

 

6. Dinosaurus punah.

Dinosaurus Punah

Sekitar 65 juta tahun yang lalu, meteorit besar menghantam bumi dan meyebabkan dinosaurus punah akibat dari hujan meteor tersebut. Sebenarnya setelah meteorit menghantam bumi dan terjadi tsunami, dinosaurus yang mati itu hanya ribuan ekor. Tetapi karena hal itu juga turut merusak total ekosistem di bumi, makanya lama kelamaan dinosaurus tidak bisa bertahan hidup karena suplai makanan mereka menipis akibat ekosistem yang rusak. Akibatnya setelah sekitar 3000 tahun kemudian, mereka dinyatakan punah seutuhnya karena kehilangan rantai makan.

 

7. Dinosaurus paling berkuasa.

Dinosaurus Paling Dominan

Pada masa Mesozoikum, termasuk periode Triasik, Jurasik, dan Kretaseus, dinosaurus merupakan hewan yang hidup di bumi ini dan tersebar ke seluruh dunia. Nah, pastilah orang-orang berpikir kalau dinosaurus itu merupakan hewan yang paling berkuasa dibandingkan hewan-hewan yang lainnya. Mungkin hal ini bisa dibilang benar, tapi kita yang juga harus kita perhatikan adalah ada dinosaurus yang tidak membunuh hewan lain karena mereka memakan tumbuh-tumbuhan. Bahkan, ada juga hewan yang memangsa dinosaurus kecil. Salah satu contohnya adalah Repenomanus, di mana terdapat tulang belulang dinosaurus di dalam hewan tersebut yang menjadi bukti bahwa dinosaurus bukanlah hewan yang paling berkuasa.

Itulah beberapa kebohongan tentang dinosaurus yang kalian percayai sampai sekarang. Jadi sebenarnya hal-hal yang ada di film dinosaurus itu tidak semuanya benar. Masih ada gak kenyataan di atas yang sulit kalian terima?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red