"Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Begitulah pepatah legendaris yang sering diingat di kepala secara turun-temurun. Kutipan tersebut menjelaskan bahwa kita harus benar-benar sehat dan kuat dalam menjalani aktivitas apapun, salah satunya melalui olahraga. Pada umumnya, olahraga dilakukan pada pagi hari atau sore hari karena cuaca yang sangat mendukung dalam menyerap keringat. Selain itu, olahraga dapat menyembuhkan penyakit yang sering dialami sehingga membuat stamina kita kuat atau sejuk dalam pikiran.

Di sisi lain, olahraga yang dilakukan ketika bulanRamadan membuat kita sangat enggan untuk melakukannya. Alasannya bermacam-macam, dari pinggang sakit, malas gerak, sampai takut batal puasa. Pendapat tersebut memang sering dialami oleh setiap orang selama berolahraga, namun cara berolahraga mereka justru berlebihan karena di bulan Ramadan kita bisa berolahraga tetapi dengan teknik yang ringan dan tidak harus berada di lapangan, misalnya bisa di rumah atau tempatindoorlainnya. Oleh karena itu, berikut ini jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan di bulan Ramadan.

1. Push Up.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: youtube.com

Olahraga ini justru sulit dilakukan oleh para pemula apabila tidak terbiasa. Push up lebih menekankan pada kekuatan tangan sebagai penyangga utama dan badan sebagai pendorong kekuatan. Tujuannya adalah membentuk otot tangan dan menjaga keseimbangan agar tidak mudah jatuh saat melakukan push up.

Jika biasanya push up dilaksanakan sampai membentuk badan ideal, maka kita mempraktikkannya seperlunya saja, yaitu jangan sampai badan kita mengalami patah tulang (osteoprosis) akibat kelamaan push up, apalagi keseringan menyentuh tanah serta tarik nafas terlebih dahulu sebelum push up agar tidak lelah dan terasa nyaman. Jadi, push up tidak selamanya menjamin badan menjadi berotot, melainkan lebih sehat dan bugar dari berbagai penyakit.

2. Senam pagi.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: www.performbettersc.co.uk

Siapa yang tidak pernah mengikuti senam pagi ketika sekolah dulu? Yap! Senam pagi biasanya rutin dilaksanakan sebelum masuk sekolah. Senam pagi ini lebih familiar dengan Senam Kesegaran Jasmani. (SKJ) Manfaat melakukan SKJ ini adalah untuk membuat badan menjadi lentur dan mengerakkan sendi-sendi yang kaku menjadi lebih leluasa bergerak apapun baik ketika sedang beraktivitas maupun tidak sama sekali.

Kemudian, kita bisa mencobanya dengan menerapkan sistem SKJ di dalam ruangan, yaitu mengepalkan tangan ke atas dan ke bawah, memutar pinggang layaknya menari, menggerakan bahu ke kiri dan kanan, serta gerakan senam lainnya yang mengacu pada kekuatan otot tubuh. Oleh karena itu, senam pagi dapat membuat kita bahagia dan senang dalam menghadapi tekanan berat walaupun menjalani kehidupan yang berliku-liku seperti tangga berjalan.

3. Laripagi keliling komplek.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: 123rf.com

Kalau lari pagi emang rutin dilakukan bukan hanya pas Ramadan saja, melainkan hari biasa. Lari pagi memang menyehatkan tubuh, tetapi jika dilakukan di bulan Ramadan maka kita malah tergoda dengan rasa haus saat berlari sehingga bisa saja kita justru membatalkan puasa dengan meminum air tanpa sengaja walaupun samar-samar.

Perbuatan tersebut memang hal yang lumrah tetapi sebaiknya kita membiasakan diri dengan berlari ringan saja, yaitu mengelilingi komplek tanpa menguras keringat kira-kira minmal selama 5 menit. Kebiasaan lainnya adalah mempertahankan puasa biar lancar sampai waktu berbuka tiba walaupun kehabisan nafas. Selain itu, kita harus menjaga konsentrasi dan pandangan agar tidak menimbulkan perbuatan yang tak sengaja seperti melihat warung makan, aurat, dan sebagainya demi mendapat berkah di bulan Ramadan.

4. Meditasi.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: rd.com

Meditasi adalah proses di mana kita menjernihkan diri dari hal-hal yang rumit, entah sedang putus cinta atau trauma. Meditasi juga digunakan sebagai terapi pengobatan alternatif ketika kita merasa galau atau bermasalah seputar pengalaman yang pernah dialami. Pada awalnya, meditasi hanya untuk mengatasi gangguan pernafasan saja, tetapi segala penyakit dapat diobati oleh meditasi dengan kenyamanan.

Pada bulan Ramadan ini, meditasi wajib diterapkan karena kita sudah melupakan perbuatan buruk di dunia selama ini. Lalu kita mengubahnya dengan memperbanyak zikir, membaca tadarus al-Quran, dan tidak lupa untuk membayar zakat sebagai tanda bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa selama masih hidup di dunia.

Oleh karena itu, kita bisa menembusnya dengan memberikan rezeki kepada kaum fakir miskin supaya pahala berlipat ganda. Jadi, jangan mempermainkan meditasi karena meditasi membuat hidupmu semakin damai dan menghilangkan rasa gelisah di hati.

5. Tenis meja.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: mcfcomplex.in

Tenis meja adalah salah satu olahraga unik karena dimainkan secara berdekatan. Maksud berdekatan ini adalah kita tidak perlu jauh-jauh untuk mengambil bola cukup dengan melihat kondisi sekitar karena kita bisa tahu arah bola.

Tanpa menguras keringat, kita bisa memainkan tenis meja sembari ngabuburit dengan bermain bersama 2 atau 4 orang. Supaya lebih unik, memainkan tenis meja dapat dilakukan dengan mata tertutup atau memakai bola kasti sehingga permainannya terasa seru dan tidak membosankan. Jadi, bermain tenis meja tidak perlu lapangan yang luas tetapi memakai ruang sederhana saja tanpa ribet.

6. Angkat barbel.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: verywellfit.com

Barbel diangkat tidak hanya saat berada di gym saja, melainkan bisa dipraktikkan di rumah sendiri. Angkat barbel sendiri tidak semudah mengangkat kardus karena hanya orang yang berstamina tinggi mampu melakukannya tanpa kesalahan apapun. Namun bagi kamu yang merasa malas berolahraga,kamu bisa mengangkat barbel yaitu menyesuaikan beban kilogram pada barbel sesuai kemampuanmu.

Apabila kamu seorang yang pertama kali mencoba barbel, maka solusinya adalah membuat barbel buatan sendiri seperti memakai kaleng bekas sebagai pengganti muatan pasir di barbel sampai jeriken susu yang diisi air sebagai penopang beban kamu saat mengangkat barbel. Jadi, manfaat mengangkat barbel bukan berarti menjadi kuat atau berotot ya seperti aktor film!

7. Main catur.

7 Jenis olahraga ini nyaman dilakukan selama Ramadan

Sumber: premierchesscoaching.com

Pada poin ini, main catur adalah hal yang paling membosankan bagi sebagian orang karena hanya memainkan sambil duduk sekaligus ingin cepat-cepat menyelesaikannya walaupun waktunya belum habis. Untuk mengatasi rasa jenuh, kita memainkan catur tidak hanya di rumah saja melainkan bisa dimainkan di luar rumah, misalnya restoran, perpustakaan, dan sebagainya. Tujuannya biar mencari suasana agar tidak pusing memikirkan kapan buka sama sahur. Main catur juga dapat meningkatkan saraf otak, yaitu menyusun strategi agar bidak tidak dimakan oleh musuh serta mempertahankan raja dengan kataskakmat.

Olahraga di bulan Ramadan sangat menyenangkan. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus hidup sehat dan kurangi hal-hal yang mengurangi semangat berolahraga kita seperti tidur-tiduran, main hp, atau sekadar menonton TV saja di dalam ruangan. Maknanya adalah berolahraga secara teratur dengan nyaman walaupun sedang menjalani ibadah puasa.