Di situasi pandemi seperti sekarang ini memaksa manusia mengerjakan kegiatan sehari-harinya di rumah, seperti bekerja atau belajar. Tetapi berdiam diri di rumah juga bisa menimbulkan kebosanan, terutama pada anak. Jika dalam kesehariannya anak-anak lebih sering bermain di luar rumah, di masa pandemi seperti ini kamu dituntut untuk bisa menjadi teman sekaligus guru untuk anak.

Berikut ini beberapa ide kreasi dari botol plastik yang mudah dibuat bersama anak agar anak belajar sembari bersenang-senang. Apa saja? Yuk simak!

1. Tempat pensil.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Kreasi pertama yang dapat dibuat dari botol plastik adalah tempat pensil. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit. Kamu cukup menyiapkan botol plastik, cat air, resleting, lem, dan aplikator yang akan digunakan sebagai hiasan.

Langkah pertama, kamu bisa mengajak anak mengecat permukaan botol plastil. Jika sudah mengering, belah botol secara horizontal dengan menyisakan beberapa senti agar tidak putus. Bagian yang terbelah dipasangi resleting dengan cara dilem. Resleting ini digunakan sebagai tempat untuk membuka dan menutup tempat pensilnya. Kemudian beri hiasan sesuai keinginan. Mudah, kan?

2. Tabungan.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Kreasi yang kedua adalah tabungan. Selain mengajak anak membuat tabungan, kamu juga dapat memberikan edukasi tentang pentingnya menabung. Cara membuatnya mudah saja. Kamu hanya perlu menyiapkan botol plastik bekas, cat, cutter, dan hiasan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mewarnai botol plastik. Beri warna sesuai bentuk yang akan dibuat. Setelah mengering, buatlah tempat memasukkan uang dengan menggunakan cutter. Selanjutnya kamu hanya perlu menghiasnya sesuai keinginan. Tabungan yang telah dibuat siap diisi!

3. Pot tanaman.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Salah satu aktivitas untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan pada anak adalah berkebun. Dimulai dari aktivitas sederhana seperti bercocok tanam bisa menjadi alternatif untuk mengajak anak belajar. Alat dan bahan yang perlu kamu sediakan cukup mudah didapat, yaitu botol bekas, cat, dan cutter.

Langkah membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong botol plastik menjadi dua bagian. Gunakan salah satu bagian saja. Cat bagian yang akan digunakan sesuai keinginanmu. Sekarang pot tanaman kamu sudah jadi. Selamat berkebun!

4. Kotak serbaguna.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Di meja belajar anak, sangat rentan alat tulis menjadi berantakan. Untuk itu diperlukan satu wadah untuk menghimpun alat tulis tersebut di meja belajar anak. Kamu dapat mengajak anak membuat kotak pensil dengan alat dan bahan yang cukup mudah, yaitu botol plastik, cat, cutter, dan hiasan yang diperlukan.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Yang pertama, potong botol plastik menjadi dua buah bagian. Gunakan bagian yang seperti gelas kemudian cat bagian tersebut. Lalu gambar atau hias sesuai keinginan. Kotak pensil pun sudah siap digunakan!

5. Kotak tisu.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Perlengkapan yang satu ini sering dijumpai di meja makan. Kamu tidak perlu membeli kotak tisu dan sebaiknya mengajak anak membuatnya dengan bahan botol plastik. Alat dan bahan lain yang kamu perlukan adalah botol plastik, cat, dan cutter.

Langkah membuatnya sangat mudah. Potong botol di bagian dekat tutup botol, bagian ini akan digunakan untuk memasukkan tisu. Miringkan botol hingga mencapai posisi horizontal, beri sedikit lubang memanjang sebagai tempat ke luar tisu. Hias kotak tisu sesuai keinginan. Kotak tisu siap digunakan!

6. Bunga hias.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Menghias merupakan salah satu aktivitas untuk menumbuhkan kreativitas, termasuk pada anak. Kamu dapat mengajak anak membuat bunga hias untuk dipajang di meja belajar. Alat dan bahan yang dibutuhkan sama seperti membuat kreasi lainnya, yaitu botol plastik, cat/spidol, gunting, cutter, tang, dan kawat.

Untuk membuat bunga hias, kamu memerlukan lebih dari satu botol. Potong bagian bawah botol yang dapat digunakan sebagai kelopak bunga kemudian beri warna dengan spidol atau cat. Gunakan kawat sebagai tangkai bunga dan gunakan botol yang lain sebagai potnya. Bunga hias sudah siap dipajang!

7. Mangkuk camilan.

7 Ide kreasi dari botol plastik, mudah & seru dibuat bersama anak-anak

Kreasi terakhir yang dapat kamu coba buat dengan anak adalah mangkuk camilan. Selagi belajar di rumah anak-anak perlu disuguhkan camilan. kamu tak perlu membeli mangkuk camilan, melainkan hanya perlu membuatnya dari botol plastik bekas. Selain botol, kamu hanya perlu menyiapkan cat, cutter, dan setrika.

Pertama, kamu harus memotong botol menjadi dua bagian. Rapikan bekas potongan menggunakan setrika panas. Cat hanya di bagian luarnya saja. Mangkuk camilan kamu sudah bisa digunakan kalau catnya sudah kering. Sangat mudah, bukan?

Itulah kreasi dari botol plastik yang sangat mudah dibuat. Selagi #dirumahaja kamu dapat memanfaatkan waktu luang bersama anak. Apalagi sekarang belajar dan bekerja harus dilakukan dari rumah. Mau tak mau kamu juga harus bisa menjadi guru bagi anak-anak. Selamat mencoba, ya.