Sebagai benua terbesar kelima di dunia, Antartika menyimpan sejuta rahasia di dalamnya. Betapa tidak, titik dunia yang sering disebut dengan benua dingin ini memang tidak berpenghuni selain hewan-hewan asli dan para ilmuan yang tengah mengadakan penelitian. Hanya ada pemandangan berupa hamparan es. Namun selain hamparan es itu sendiri, ternyata banyak hal yang telah terjadi di Antartika di mana tak semua orang tahu akan hal ini. Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (13/12), berikut adalah beberapa hal tentang benua Antartika yang tak banyak orang tahu.

1. Antara musim, waktu, dan kondisi

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

https://www.antarcticaguide.com

Ketika benua Antartika mencapai titik terdingin, suhunya sering berada di bawah nol derajat Celcius. Bayangkan, suhunya saja sekitar -90 derajat Celcius (130 F). Namun selama musim panas, suhunya hanya akan mencapai 15 derajat Celcius. Antartika tidak memiliki zona waktu yang dapat ditetapkan, begitu juga dengan musim. Karena benua tersebut akan tetap gelap selama musim dingin, dan matahari pun tidak akan pernah terbenam selama musim panas. Semua itu disebabkan oleh kemiringan bumi.

2. Fasilitas penelitian Residensial

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

https://weburbanist.com

Di Antartika, ada sekitar 70 hingga 80 fasilitas penelitian permanen yang mewakili 30 negara. McMurdo Station, adalah fasilitas terbesar yang merupakan pangkalan utama Amerika, dapat menampung hingga 3.000 orang selama musim panas. Menurut orang-orang yang telah menghabiskan waktu di sana, tanahnya terbuat dari tanah vulkanik. Melalui fasilitas-fasilitas tersebut, para ilmuan dapat mempelajari hal-hal baru tentang planet ini setiap hari.

Argentina adalah negara pertama yang mengirim wanita hamil ke benua tersebut sebagai bagian dari penelitian mereka tentang kondisi tanah di sana. Dan pada bulan Januari 1978, Emilio Marcos Palma menjadi orang pertama yang dilahirkan di Antartika. Sejak kelahirannya, hanya ada sepuluh orang yang lahir di benua tersebut.

3. Pegunungan Subglacial rahasia

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

https://www.telegraph.co.uk

Disebut juga pegunungan Subglacial Gamburtsev, berada di bawah benua Antartika. Pegunungan tersebut terkubur di bawah sekitar 600 meter es. Di mana kedalaman maksimum es di Antartika adalah sekitar 4.800 meter. Sedangkan puncaknya berada pada ketinggian sekitar 2.700 meter. Luas pegunungan Subglacial rahasia ini sekitar 1.200 kilometer berada di perut benua. Di bawah Antartika, juga terdapat sebuah danau. Danau Vostok, merupakan salah satu danau subglacial terbesar di dunia. Yang terkubur di bawah 3,2 kilometer es selama ribuan tahun. Dalam segi ukuran, danau Vostok menyaingi danau Ontario.

4. Hukum internasional

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

http://www.antarctica.gov.au

Pada tanggal 1 Desember 1959, 12 negara telah menandatangani Perjanjian Antartika. Perjanjian itu melarang adanya kegiatan militer di benua tersebut untuk menghindari perselisihan internasional. Perjanjian tersebut telah berkembang menjadi 53 pihak. Pertama kali ditemukan pada tahun 1820, John Davis, seorang pemburu anjing laut Amerika, mengklaim bahwa dirinya menjadi orang pertama yang mendarat di benua Antartika pada tahun 1821.

5. Pencairan

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

https://m.dw.com

Jika boleh memilih, semua dari kita pasti tidak ada yang ingin jika semua es di benua Antartika itu mencair. Yang akan menjadi masalah kolosal bagi kita. Namun sayangnya karena perubahan iklim, gletser di benua itu sudah mulai mencair. Bahkan pencairan es tersebut telah menyebabkan pergeseran gravitasi di kawasan itu. Tak ada yang tahu apa lagi yang akan terjadi di Antartika.

Menurut para ilmuan, jika semua es di Antartika mencair, maka permukaan laut akan naik setinggi 60 meter. Dan saat inipun, permukaan laut di seluruh dunia tengah naik. Yang mengkhawatirkan para ilmuan beserta kita semua adalah ketika bumi ini menjadi lautan. NASA juga menjelaskan, bahwa sekarang ini Antartika telah memanas sekitar lima kali lipat dari seluruh dunia. Dan itu sangat berbahaya.

6. Memiliki lembah terkering di dunia

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

https://www.atlasobscura.com

Yang membuat Antartika berbeda dengan wilayah lainnya adalah air hujannya tidak dapat langsung menyerap ke dalam tanah. Begitu juga dengan hujan salju yang hanya menumpuk di atasnya. Sebab, Antartika hanya menerima 5 hingga 15 cm curah hujan per tahun. Sedangkan untuk wilayah lain adalah sekitar 50 cm curah hujan per tahun. Itulah mengapa benua Antartika begitu kering. Lembah terkering di Antartika sendiri merupakan tempat terkering di bumi yang belum pernah menerima hujan atau salju selama dua juta tahun, wow!

7. Pembagian lahan

7 Hal yang tak banyak orang tahu tentang benua Antartika

http://www.antarctica.gov.au

Mengingat Antartika berukuran sekitar 1,5 luas negara Amerika Serikat, Antartika terbagi menjadi dua wilayah, yakni Timur dan Barat Antartika. Wilayah timur merupakan wilayah terbesar, yang mencakup dua pertiga benua. Di wilayah ini, juga terdapat sebuah pegunungan yang disebut pegunungan Transantartika. Gunung-gunung ini merupakan salah satu pegunungan terpanjang di dunia.