Sejak pertama kali dimulai perhelatan Liga Champions Eropa tahun 1955 sampaisekarang ada 63 kali laga final yang sudah terlaksana. Selama babak kualifikasi hingga partai puncak final perebutan Piala Champions antar klub-klub Eropa tercatat ada beberapa perwakilan sesama liga yang pernah bertemu di laga final ini. Siapa saja klub-klub tersebut?

1. Real Madrid vs Valencia.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Kedua klub ini pernah bertemu di final Liga Champions tanggal 24 Mei 2000 di Stadion Stade de France,Saint-Denis. Kala itu Real Madrid keluar sebagai juara dengan mengalahkan Valencia dengan skor telak 3-0 melalui gol yang diciptakan oleh Fernando Morientes di menit 39, McManaman menit 67, dan Raul Gonzales menit 75.

2. AC Milan vs Juventus.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Pada tanggal 28 mei 2003 Stadion Old Trafford menjadi saksi bagi kedua perwakilan klub dari Italia. Skor berakhir imbang 0-0 selama 2 x 45 menit dan perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti untuk menentukan siapa yang berhak menjadi juara. Dan AC Milan keluar menjadi juara mengalahkan Juventus dengan skor adu penalti 3-2 untuk kemenangan Milan.

3. Manchester United vs Chelsea.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Lima tahun kemudian kembali terjadi laga final antara dua perwakilan liga Inggris di final Liga Champions pada 2008, yaitu Manchester United melawan Chelsea. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Luzhniki, Rusia yang berakhir imbang dengan skor 1-1 yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-26 untuk keunggulan MU. Kemudian Chelsea menyeimbangkan kedudukan melalui gol Frank Lampard pada menit ke-45.

Pada masa perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit kedua tim tak mampu untuk menambah keunggulan. Drama adu penalti pun terjadi dan Manchester United keluar sebagai pemenang menjadi juara setelah menaklukkan Chelsea dengan skor adu penalti 6-5.

4. Bayer Munich Vs Borussia Dortmund.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Klub Bundesliga Jerman menorehkan hasil gemilang di turnamen Liga Champions pada tahun 2013. Laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London mempertemukan sesama klub Bundesliga Bayer Munich vs Borussia Dortmund di mana kedua klub juga musuh bebuyutan di Bundesliga.

Di babak pertama kedua tim bermain imbang 0-0. Memasuki babak kedua tepatnya pada menit ke-60, Bayer Munich berhasil membuka keunggulan lewat gol Mario Mandzukic. Delapan menit kemudian pada menit ke-68 Dortmund menyeimbangkan kedudukan 1-1 lewat lkay Gndoan melalui tendangan penalti.

Satu menit sebelum memasuki menit ke-90 Bayer Munich berhasil menambah gol melalui Arjen Robben pada menit 89. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Bayer Munich dan sekaligus mengantarkan Munich menjadi juara Liga Champions musim 2012/2013.

5. Real Madrid vs Atletico Madrid.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Pada laga final musim 2013/2014 untuk pertama kalinya tim underdog Atletico Madrid melaju ke final menantang tim mega bintang Real Madrid sesama perwakilan dari La Liga Spanyol. Meski untuk pertama kali merasakan turnamen elit di benua Eropa tak membuat Atletico demam panggung.

Terlihat bagaimana Atletico sempat unggul 1-0 pada menit 36 melalui Diego Godin dan hampir menjadi juara sebelum akhirnya dikalahkan 4-1 oleh Madrid pada menit ke 90+3 additional time lewat Sergio Ramos dan perpanjangan waktu 2 x 15 menit oleh Gareth Bale menit 110, Marcelo menit 118 dan diselesaikan Ronaldo menit ke 120.

6. Real Madrid vs Atletico Madrid.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Untuk kedua kalinya Atletico Madrid kembali bertarung di partai puncak turnamen akbar dan bergengsi Liga Champions melawan Real Madrid yang sebelumnya di musim 2013/2014 hanya menjadi finalis karena kalah dengan skor telak 4-1. Babak final musim 2015/2016 yang terjadi kali ini tentu sangat berbeda. Atletico Madrid yang tentunya sudah jauh berkembang baik dari segi permainan, taktik, dan kualitas kembali menjadi penantang tim mega bintang tersebut.

Berbekal pengalaman merasakan atmosfer tegangnya laga final Liga Champions diharapkan mereka mampu keluar sebagai juara untuk pertama kalinya. Namun takdir berkata lain, dua kali masuk final Atletico, mereka tetap menjadi finalis Liga Champions di musim ini yang berlangsung di San Siro Kota Milan di Italia setelah kalah adu penalti dengan skor 5-3 bagi kemenangan Real Madrid dan sebelumnya skor imbang 1-1.

7. Liverpool vs Tottenham Hotspurs.

7 Final Liga Champions Eropa ini pertemukan wakil klub sesama liga

Laga final Liga Champions yang baru saja terjadi pada tahun 2019 mempertemukan dua wakil Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspurs. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano Madrid memastikan Liverpool membawa pulang trofi juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspurs dengan skor meyakinkan 2-0. Masing-masing gol dicetak oleh M.Salah pada menit ke-2 lewat tendangan penalti dan Origi pada menit ke-87.