×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Cara menghadapi kesepian agar tak berakibat fatal

0

Life

7 Cara menghadapi kesepian agar tak berakibat fatal

Setiap tindakan pasti ada konsekuensinya, maka dari itu kita harus menerapkan mindset yang baik terhadap diri sendiri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Wira Ari Yudantoro

19 / 02 / 2019 14:52

Di masa apapun sepertinya semua orang pasti merasakan yang namanya kesepian. Hanya saja tingkat kesepiannya dan cara mengatasinya berbeda-beda. Ada yang bisa cepat move on dengan kesepian, ada yang cuek saja, ada yang berdamai dengan kesepian dan banyak juga yang berlarut-larut dengan kesepian.

Kesepian adalah kondisi mental dan emosional di mana ditandai dengan perasaan-perasaan terasing akibat kurangnya interaksi, baik baik dengan orang lain maupun dengan pasangan. Dan jika dibiarkan berlama-lama maka akan timbul stress akut sampai berujung pada kematian. Nah, berikut ini cara mengatasi kesepian.

1. Berteman dengan hobi dan kegemaran.

Menyibukkan diri dengan hobi dan kegemaran merupakan jurus jitu untuk mengatasi kesendirian. Bisa jadi hobi kita mengantarkan kita kepada orang untuk bersosialisasi dan tentunya pas untuk diajak berkomunikasi karena memiliki benang merah yang sama, yakni kegemaran. Apalagi hobi yang bisa menambah penghasilan dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Tambah banyak ajakan kesempatan terbuka dengan hobi atau kegemaran. Pastikan saja hobi yang kita lakukan memiliki manfaat positif dan tidak menimbulkan pengaruh negatif kepada kita.

 

Loading...

2. Berdamai menjadi jurus utama.

Belajarlah untuk menikmati kesendirian dan tidak menjadi masalah kita sendiri. Kalau masih bisa mengingat kita juga pernah sendirian selama 9 bulan lebih di kandungan ibu kita dan tidak menjadi masalah. Karena tidak selamanya orang lain yang bisa menemani ada di samping kita. Ketika mereka pergi, maka kamu sudah siap merasa nyaman dengan kesendirian. 

 

3. Tidak ada cara lain selain bersosialisasi.

Berinteraksi sebentar dengan orang lain yang tidak kita kenal bisa menjadi langkah yang patut dicoba. Semakin sering dilatih akan semakin lancar kita mengatasi kekauan dalam berkomunikasi. Tujuan utamanya adalah agar komunikasi yang berjalan mempunyai makna dalam keseharian yang tidak hanya mencari teman, namun nantinya juga akan membawa perubahan pada kondisi mental yang hampa.

 

4. Sesederhana senyum.

Terdengar mainstream, namun mulailah hari dengan senyum karena akan membawa aura positif dan membongkar semua masalah hidup. Apa yang kita lakukan akan tercermin kepada orang lain sehingga membuahkan respon baik dari orang lain dan membuat perbincangan semakin mudah.

 

5. Fokus terhadap gadget.

Peduli dengan permasalahan keadaan sekitar akan membuat kita bersyukur dan membuka pikiran kita untuk lebih kreatif dan peka terhadap sekitar.

 

6. Perhatian kepada orang terdekat.

Fokus dan habiskan waktu lebih sering kepada orang yang sudah ada dalam hidup, pastinya orang tua atau padangan dan keluarga. Ini tanpa bersusah payah untuk dekat seperti dengan orang lain. Pahami mereka lebih dalam dan jalinlah relasi yang lebih intens. Apa yang mereka gemari dan apa yang membuat mereka tidak suka. Banyak perhatian yang bisa kamu gali dari orang terdekatmu.

 

7. Jangan takut berkata ya.

Mencoba atau memaksa diri pada hal yang tak diinginkan karena merasa tidak bisa, akan memberi pengalaman baru dan berkesempatan bertemu dengan orang baru untuk diajak berbagi pengalaman.

 

Pada dasarnya kesepian adalah kondisi yang kita biarkan terjadi dengan sendirinya. Saat kita tahu kondisi kita dalam kesepian dan ingin keluardari kesepian ini maka akan semudah ketika kita memutuskan untuk tidak kesepian. Kita semua bisa terkoneksi dengan bantuan media sosial, hanya saja kita mau atau tidak melepas jerat kekosongan itu. Berdoa dan mengetahui semua tindakan kita pasti ada konsekuensinya, baik dilihat atau tidak merupakan mindset yang perlu kita tanamkan karena kita akan bertanggung jawab pada setiap detik yang kita habiskan.

 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red