×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Cara ampuh agar anak mau mengerjakan PR tanpa disuruh

0

Orangtua

7 Cara ampuh agar anak mau mengerjakan PR tanpa disuruh

Foto: free stock photos from www.picjumbo.com dari Pixabay

Mengerjakan PR memang penting, namun bukan berarti orang tua harus "menyuruh" si anak untuk mengerjakannya. Coba lakukan tujuh cara ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

teguh iman perdana

07 / 09 / 2020 10:50

PR atau Pekerjaan Rumah adalah hal yang amat banyak dikeluhkan oleh anak-anak. Selain dianggap mengganggu waktu bermainnya, tidak jarang PR yang diberikan juga sulit bagi seorang anak sehingga membuatnya merasa tertekan.

Tak ayal, hal tersebut membuat anak menjadi malas dan tidak bersemangat dalam mengerjakan tugas. Padahal, banyak orang tua mengkhawatirkan apabila si anak tidak mengerjakan PR akan dimarahi atau dihukum oleh gurunya saat di sekolah.

Mengerjakan PR memang penting, namun bukan berarti orang tua harus "menyuruh" si anak untuk mengerjakannya. Namun sebaliknya, saat ada tugas harusnya orang tua dapat membiasakan anak mengerjakan PR tanpa disuruh.

Selain itu juga, orang tua tidak harus marah-marah ketika anak sedang mengerjakan PR tapi harus membantunya. Membantu di sini bukan berarti harus mengerjakan tugasnya, namun mengarahkan dan memberi kesan bahwa mengerjakan PR adalah hal yang menyenangkan.

Berikut ini adalah cara menyenangkan dan ampuh agar anak mau mengerjakan PR dengan semangat dan tanpa disuruh.

Loading...

1. Ciptakan rutinitas bagi anak.

7 Cara ampuh agar anak mau mengerjakan PR tanpa disuruh

Dilansir dari Parenting.co, langkah pertama yang bisa dilakukan orang tua adalah menciptakan rutinitas bagi anak. Biarkan anak mengekplorasi sendiri, mulai dari waktu, tempat, dan cara menyelesaikan tugasnya.

Deborah Stipek, Dekan Stanford University Graduate School of Edication menyarankan ketika anak sedang mengerjakan tugas, orang tua disarankan agar menanyakan pada anak apakah dia memiliki ide lebih agar tugas yang lebih mudah dikerjakan atau mencoba menawarkan pada anak tempat yang membuatnya nyaman mengerjakan tugas seperti di taman atau di tempat yang disukainya.

2. Membuat ruang yang menyenangkan.

ilustrasi ruang belajar anak

Mengerjakan tugas di ruang monoton memang sangat membosankan. Sama halnya seperti orang dewasa, anak pun akan malas dan tidak bersemangat apabila mengerjakan tugas di ruang yang suasananya tidak membuat dia nyaman.

Jadi, buatlah ruangan yang menyenangkan dan penuh warna. Orang tua bisa membuat ruang belajar sesuai warna kesukaanya. Tambahkan pula perangkat audio yang membuatnya nyaman apalagi jika si anak suka mendengar musik.

Hanya saja, jauhkan perangkat audio visual seperti televisi dan gadget karena akan membuatnya tidak terfokus pada tugasnya. Memang tidak mudah untuk menjalankannya, tapi apa salahnya untuk dicoba?

3. Berilah anak penghargaan.

Ilustrasi gambar oleh: detikhealth

Siapa sih yang tidak suka diberi penghargaan ketika telah menyelesaikan tugasnya? Hampir seluruh orang akan menyukai hal tersebut. Memberi anak penghargaan atas apa yang dikerjakannya akan membuat dia bersemangat dan memberi kesan mengerjakan PR amat menyenangkan.

4. Bermain sambil belajar.

Ilustrasi sumber oleh: Mommyasia.id

Konsep ini sangat bisa diterapkan. Bermain sambil belajar dapat membuatnya nyaman dan gembira. Bila konsep ini diterapkan, orang tua dapat menggunakan gadget, hanya saja penggunaannya dibatasi cuma pada aplikasi penunjang seperti aplikasi membaca atau menghitung.

5. Sediakan makanan ringan.

Ilustrasi gambar oleh: frisanflag.com

Selama sesi belajar dan mengerjakan PR berlangsung, sediakanlah makanan ringan sehat untuk anak makan. Orang tua bisa menyediakan buah-buahan atau kacang-kacangan sehingga membuatnya betah berlama-lama dalam mengerjakan PR.

6. Berikanlah anak jeda.

Ilustrasi gambar oleh: cupidocreativeblog.wordpress.com

Meskipun PR adalah tugas wajib yang harus anak kerjakan, berikanlah anak jeda dalam mengerjakannya ketika dia telah kelihatan lelah. Hal ini penting agar anak dapat terus berkonsentrasi.

7. Buatlah kelompok belajar.

Ilustrasi gambar oleh: YukBelajar.id

Untuk menjauhkan kebosanan saat mengerjakan tugas, ada baiknya buatlah kelompok belajar. Dengan membuat kelompok belajar, anak akan lebih atraktif serta dapat belajar bekerja sama.

Itulah tujuh cara ampuh yang dapat orang tua terapkan pada anak agar mau mengerjakan tugas. Memang tidak selau mudah untuk menerapkannya, tapi tidak salah bukan untuk mencoba hal tersebut.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red