Sejatinya dalam semua film, ada tokoh protagonis dan antagonis. Dalam genre yang lebih spesifik, thriller dan horror misalnya, tokoh antagonis tadi terkadang berwujud manusia ataupun makhluk atau semacam entitas yang menganggu stabilitas dunia dimana tokoh protagonis berada.

Film thriller atau horor, memang mengkhususkan dalam hal menakut-nakuti penonton lewat sajian adegannya yang seringkali sangat menyeramkan atau menegangkan. Kengerian yang berhasil diciptakan, kemudian menjadi tolak ukur keberhasilan filmnya.

Hollywood, sebagai salah satu penghasil film terbanyak di dunia, sepanjang sejarahnya telah menghasilkan begitu banyak film bergenre thriller atau horror. Dari sekian banyak judul, banyak diantaranya kemudian melahirkan tokoh-tokoh villain (jahat) atau antagonis yang sangat mengena di hati penonton. Menjadikan mereka tokoh-tokoh yang tidak hanya selalu diingat, namun juga menghantui dan menjadi mimpi buruk penonton.

Berikut 6 tokoh villain yang sangat menakutkan dari film Hollywood bergenre thriller/horror. Urutan didasarkan dari tahun pembuatan filmnya.

Check this out!

6 Villain paling menyeramkan dalam film Hollywood

1. Norman Bates

Tahun : 1960

Film : Psycho

Pemeran : Anthony Perkins

Keterangan : psikopat yang senang menyiksa korban dan menikmatinya.

Film garapan sutradara Alfred Hitchcock ini menjadi salah satu film horror paling sensasional sepanjang sejarah. Seorang wanita yang melarikan uang perusahaannya, tiba di sebuah motel di kota yang sepi. Ia kemudian menginap dan dilayani oleh pemilik motel, bernama Norman Bates. Terungkap bahwa Bates adalah seorang psikopat yang memang mengincar siapapun yang datang untuk bermalam di motelnya. Wajah Bates yang dingin dan tangan bengisnya membunuh korban membuat penonton merasa ngilu.

6 Villain paling menyeramkan dalam film Hollywood

2. Annie Wilkes

Tahun : 1990

Film : Misery

Pemeran : Kathy Bates

Keterangan : pintar, kejam, senang menyiksa secara fisik maupun psikologis.

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King ini berkisah mengenai seorang penulis terkenal (Paul Sheldon) yang mengalami kecelakaan mobil. Ia diselamatkan oleh seorang wanita bernama Annie Wilkes, yang adalah fans-nya sendiri. Annie Wilkes merawat Sheldon dengan telaten, memberinya makan, minum dan mengobati luka-lukanya.

Sheldon yang awalnya berterima kasih, lama-lama ketakutan sebab ternyata Wilkes tidak membolehkannya pergi kemana pun. Wilkes menjelma menjadi seorang fans sejati yang posesif terhadap idolanya. Bagaimanapun caranya, Sheldon harus tinggal bersamanya!

Serem kan.

6 Villain paling menyeramkan dalam film Hollywood

3. Hannibal Lecter

Tahun : 1991

Film : The Silence of The Lambs

Pemeran : Anthony Hopkins

Keterangan : Pandai memikat dan memanipulasi orang, dan juga seorang kanibal.

Lecter adalah seorang dokter jenius yang menguasai pelbagai disiplin ilmu. Ia dikenal sebagai pribadi yang memesona, teman yang menyenangkan, dan pandai memasak. Sebelum tertangkap, ia merupakan warga kota yang sangat dihormati. Tak dinyana, ia telah membunuh banyak orang, dan tak segan untuk memasak bagian tubuh dari para korbannya, dan menyajikannya untuk tamu.

Anthony Hopkins yang memerankan Hannibal Lecter dianggap sangat sukses dengan aktingnya. Tatapan Lecter yang tajam dan dingin, serta kata-kata nya yang rapi namun menusuk, membuat para penonton merasa ngeri dibuatnya.

Dalam The Silence of The Lambs Hannibal Lecter dimintai kerjasamanya untuk mengungkap kasus pembunuhan, oleh seorang agen FBI, Clarice Starling (Jodie Foster).

Chemistry antara Hopkins dan Foster sama-sama mengantarkan mereka meraih piala Oscar untuk kategori aktor dan aktris terbaik.

6 Villain paling menyeramkan dalam film Hollywood

4. John Doe

Tahun : 1995

Film : Se7en

Pemeran : Kevin Spacey

Keterangan : serial killer yang senang menyiksa para korbannya sampai mati berdasarkan dosa-dosanya.

Dua orang detektif, menyelidiki beberapa kasus pembunuhan sadis, yang rupanya saling berkaitan. Si pembunuh, yang kemudian mereka sebut dengan John Doe senang melakukan penyiksaan berdasakan 7 dosa pokok dalam ajaran Kristen, yaitu kesombongan, ketamakan, iri hati, kemarahan, hawa nafsu, kerakusan dan kemalasan.

Kevin Spacey berhasil memerankan pembunuh berdarah dingin yang sulit ditangkap. Saking licinnya, ia kemudian berhasil membodohi kedua detektif yang ingin menangkapnya.

John Doe dalam film Se7en ini juga membuat penonton berteriak kesal atau bahkan menangis di akhir film dengan ending yang ia sajikan. Bocoran: betul-betul mengerikan dan di luar dugaan.

6 Villain paling menyeramkan dalam film Hollywood

5. Joker

Tahun : 2008

Film : The Dark Knight

Pemeran : Heath Ledger

Keterangan : psikopat yang senang menyiksa psikologis korban-korbannya, meneror dan memanipulasi.

Terhitung beberapa aktor sudah pernah memerankan Joker, salah satu musuh Batman. Namun Heath Ledger barangkali akan selalu menjadi Joker yang dikenang para penggemarnya. Ledger berhasil membawakan peran villain yang sering mengenakan riasan seperti badut ini menjadi tokoh jahat yang benar-benar menjijikkan dan menakutkan. Untuk kerja kerasnya, Heath Ledger mendapat piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik. Sayangnya, tak lama setelah dirilisnya film ini, Ledger ditemukan tewas, diduga karena over dosis.

6 Villain paling menyeramkan dalam film Hollywood

6. Pennywise

Tahun : 2017

Film : It

Pemeran : Bill Skarsgard

Keterangan : entitas yang sering menyamar sebagai Pennywise si Badut jahat, senang memangsa anak kecil, menyebarkan kengerian dan memasuki mimpi buruk.

Meskipun It versi 2017 ini bukan satu-satunya film yang pernah dibuat. Film ini merupakan remake dari serial TV lawas dengan judul yang sama. Merupakan adaptasi dari novel horror karya Stephen King. Meskipun demikian, di film besutan 2017 ini, Bill Skarsgard telah membuat Pennywise menjadi sosok sangat menyeramkan. Pennywise meneror kota kecil Derry, memangsa beberapa anak dan menciptakan mimpi buruk yang mengerikan. Dengan dandanan badut dan senyumannya yang membuat bulu kuduk merinding, penonton benar-benar merasa terhantui.