Selama ini pengaruh kekuasaan dan dominasi Amerika Serikat di entertainment alias hiburan film, televisi, dan musik sangat terasa. Lebih separuh produk perfilman dunia yang beredar merupakan buatan Hollywood alias Amerika. Musik dan lagu juga sama. Sinetron? Sama saja.

Mulai dari bioskop hingga radio dan televisi, produk-produk hiburan 'Made in America' sangat mudah ditemui dan bersliweran. Akibatnya secara tidak langsung membentuk citra kalau Amerika adalah pelopor berbagai jenis tayangan hiburan dunia. Padahal situasinya tidak selalu seperti itu.

Sebenarnya banyak hal populer di dunia karena Amerika merupakan karya adaptasi. Contohnya banyak. Paling gampang adalah reality showdi TV. Banyak yang aslinya bukan desain atau ide orang Amerika sendiri, namun merupakan produk negara lain yang sukses dan kemudian dibuat versi Amerika-nya. Dalam perjalanan, produk adaptasi tadi cenderung dan relatif lebih dikenali dan populer di dunia ketimbang show aslinya. Untuk hal ini memang produser dan pemasaran Amerika terbilang hebat. Tapi tetap tidak menghilangkan fakta kalau acara-acara itu aslinya bukanlah "created by American".Beberapa acara atau show yang dimaksud adalah seperti berikut.

1. American Idol. Acara asli: Pop Idol. Asal negara: Inggris.

6 TV Show populer Amerika ini terinspirasi dari negara lain

Foto: Digital Spy

Acara ini sangat populer sampai ada versi Indonesian Idol-nya buat negara kita. Acara pencarian bakat menyanyi dengan sistem voting SMS (walau ada juri menilai kemampuan penyanyi yang berlaga) ini aslinya merupakan produk TV Inggris. Lucunya, acara American Idol dan Pop Idol memiliki satu juri yang sama: si flamboyan Simon Cowell yang di-setting nyinyir dan skeptis kepada peserta. Tapi buat banyak penonton justru di situ pula daya tarik acara kontes menyanyi ini.

2. Americas Got Talent. Acara asli: Britains Got Talent. Asal negara: Inggris.

6 TV Show populer Amerika ini terinspirasi dari negara lain

Foto: Daily Mirror

Simon Cowell masih terlibat di acara ini, tidak saja sebagai bagian panel juri tapi juga produser acara. Jika di Pop Idolatau American Idol fokusnya adalah pencarian bakat menyanyi, maka di acara Got Talentini cakupannya diperluas tidak hanya sebatas bakat, skill,dan kemampuan menyanyi saja. Bisa sulap, akrobat, bahkan stand-up comedy atau komika. Orang Indonesia pernah mencuri perhatian di ajang ini seperti pesulap Demian Aditya dan mentalist The Sacred Riana.

3. The Voice. Acara asli: The Voice of Holland. Asal negara: Belanda.

6 TV Show populer Amerika ini terinspirasi dari negara lain

Foto: SugarCity Events

Acara pencarian bakat menyanyi ada banyak di luar sana. Salah satu yang mencoba tampil beda adalah The Voice, di mana para panel juri akan membelakangi peserta dan baru akan berhadapan dengan peserta tadi jika merasa peserta memiliki bakat dan suara bagus untuk bernyanyi secara profesional.

The Voice berasal dari Belanda dan sudah berlangsung sepuluh musim lamanya. Sementara di Amerika sendiri The Voice cukup populer dengan juri-juri beken dan berasal dari industri musik seperti penyanyi Christina Aguilera, Gwen Stefani, hingga penyanyi sekaligus produser John Legend.

The Voice mengklaim kalau lulusan mereka memiliki suara indah tanpa perlu polesan berlebihan seperti produk acara lain. Karena itulah proses audisi (alias gimmick-nya) seperti tadi: juri tidak melihat tampang penyanyi namun lebih ke kualitas suaranya.

4. Who Wants to Be a Millionaire? Acara asli: Who Wants to Be a Millionaire?Asal negara: Inggris.

6 TV Show populer Amerika ini terinspirasi dari negara lain

Foto: Deadline

Indonesia juga sempat mengadaptasi TV show ini dengan pembawa acara Tantowi Yahya dan uang hadiah Rp 1 miliar. Aslinya Who Wants to Be a Millionaire? berasal dari Inggris dan kemudian dipopulerkan Amerika ke dunia. Model acaranya seragam di setiap negara (termasuk saat versi Indonesia-nya) di mana peserta punya kesempatan membawa pulang uang hingga 1 juta Poundsterling untuk versi Inggris, 1 juta Dollar untuk versi Amerika dan 1 miliar Rupiah untuk versi Indonesia jika mampu menjawab dengan benar serangkaian pertanyaan bersifat umum secara tepat.

5. American Ninja Warrior. Acara asli: Sasuke. Asal negara: Jepang.

6 TV Show populer Amerika ini terinspirasi dari negara lain

Foto: Sasukepedia Wiki

TV show ini memerlukan kekuatan dan ketahanan fisik pesertanya karena melibatkan halangan dan rintangan yang harus dilewati agar sampai ke titik finish. Di Jepang acara ini sudah mulai sejak 1997 dan melibatkan 100 peserta dengan empat panggung penuh rintangan yang harus diselesaikan peserta yang ingin memenangkan permainan. American Ninja Warrior sangat populer dan pernah diikuti selebritas seperti Stephen Amell (pemeran Oliver Queen / Green Arrow di serial TV Arrow) dan aktris Mena Suvari.

6. The Masked Singer. Acara asli: King of Masked Singer. Asal negara: Korea Selatan.

6 TV Show populer Amerika ini terinspirasi dari negara lain

Foto: One Hallyu

Mirip dengan The Voice,namun di sini pesertanya merupakan selebritas (bisa penyanyi, aktor/aktris, atlet olahraga professional) dan mereka akan memakai topeng serta kostum yang menutupi seluruh penampilan fisik. Identitas para peserta tidak akan dibongkar namun informasi tentang mereka akan dibuka sedikit demi sedikit. Para juri dan penonton harus menebak siapa sosok di balik topeng yang menyanyi di hadapan mereka. Acara ini sangat populer di Korea Selatan dan mulai mencuri perhatian penonton Amerika serta dunia. Season ke-4 sudah dimulai sejak akhir September 2020 dan diprediksi akan tetap meraih rating tinggi.

Walau bisa diperdebatkan, sulit untuk membantah fakta kalau banyak hal jadi populer dan terkenal saat ditayangkan atau ditangani para pekerja seni Amerika. Di Indonesia sendiri sebenarnya juga sama, banyak TV show yang juga merupakan adaptasi, baik dari reality show maupun sinetron negara asing. Beberapa malah terkesan mencontek mentah-mentah sementara lainnya berupaya menampilkan sesuatu yang berbeda walau tetap saja contekan acara lain. Kamu bisa tebak acara apa saja itu?