×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips mengurangi rasa dilema agar hati dan pikiran tenang

0

Life

6 Tips mengurangi rasa dilema agar hati dan pikiran tenang

Dilema memang tidak nyaman dan serasa terngiang-ngiang di pikiran dan hati. Begini cara untuk mengatasinya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

02 / 03 / 2020 13:15

Pernahkah kamu dilema sangat luar biasa oleh sesuatu? Entah dalam hal pekerjaan, pasangan, memilih barang dan sebagainya? Tentu sangat menyebalkan, bukan? Serasa teringat terus dalam pikiran dan membuat hati tidak tenang.

Tak jarang dilema juga menyebabkan tidak fokus dengan aktivitas yang sedang dilakukan, bahkan untuk beberapa orang rasa dilema bisa menjadi biang timbulnya stres. Memang sangat sulit menjatuhkan pilihan saat sedang dilema berat dan tak jarang membuatmu terjebak dalam rasa serba bersalah.

Lalu, adakah cara untuk mengurangi rasa dilema agar hati dan pikiran agak tenang? Tentu ada beberapa usaha yang bisa kamu lakukan, simak rangkumannya berikut ini.

1. Lihat plus minus pilihan tersebut dari berbagai sisi.

6 Tips mengurangi rasa dilema agar hati dan pikiran tenang

Loading...

Foto: segiempat.com

Jangan melihat sesuatu hanya dari satu sisi, lihatlah dari berbagai sisi. Kamu akan bisa melihat kekurangan dan kelebihan dari setiap pilihan yang ada. Pikir-pikir lagi, usahakan alasan yang terkumpul tidak didominasi oleh perasaan maupun emosi.

2. Mencari kegiatan untuk mengalihkan kegalauan tersebut.

Jika kamu sudah menimang dan berpikir berkali-kali namun belum menemukan jawaban yang mantap, ada baiknya kamu mencari pengalih agar dilema tersebut tidak malah membuat stres. Carilah kegiatan menghibur yang bisa membuatmu lupa dengan kegalauan itu walau untuk sejenak. Jika hati dan pikiran sudah agak tenang tentu kamu bisa berpikir dengan jernih dan mantap dalam menjatuhkan pilihan.

3. Curhat pada orang yang dipercaya.

6 Tips mengurangi rasa dilema agar hati dan pikiran tenang

Foto: freepik.com

Curhat memang banyak dijadikan solusi saat bimbang dan sedih. Beberapa orang ada yang merasa lega jika sudah bercerita pada orang lain walau si lawan bicara hanya sebatas mendengarkan. Curhat memang bisa memberi perasaan lega, namun ada baiknya kamu curhat pada orang yang bisa dipercaya. Selain soal privasi, saran yang dia berikan juga bisa memengaruhimu untuk menjatuhkan sebuah pilihan.

4. Berdoa.

6 Tips mengurangi rasa dilema agar hati dan pikiran tenang

Foto: ibadah.co.id

Selain mencari pelarian dengan membuat diri bahagia, berdoa juga hal terbaik yang bisa dilakukan. Karena mencurahkan kebimbangan pada manusia pun terkadang tidak bisa menemukan solusi sehingga lebih baik mencurahkan masalah yang dihadapi langsung pada Tuhan. Memang terkadang jawabannya tidak bisa langsung dirasakan, namun dengan rajin berdoa hati akan terasa lebih tenang. Untuk yang beragama Islam kamu bisa mencoba salat istikharah dan salat tahajud di malam hari.

5. Olahraga relaksasi.

Sederhananya, olahraga relaksasi gerakannya santai dan cenderung membuat suasana hati tenang. Beberapa olahraga yang masuk dalam olahraga relaksasi semisal yoga, menari, lari santai bersama teman-teman, tai chi dan sebagainya. Olahraga yoga bisa dicoba karena gerakannya yang santai dan menenangkan serta juga bisa dilakukan sendirian. Selain itu olahraga juga baik untuk kesehatan dan psikologis.

6. Membuat batasan waktu untuk menjatuhkan suatu pilihan.

Dilema memang sangat tidak enak, serasa ada beban psikologis yang besar. Seolah-olah berada dalam posisi serba salah dan timbul kekhawatiran yang besar. Namun bagaimanapun kamu harus memberikan keputusan. Larut dalam dilema tidak baik untuk psikologis, selain itu kamu juga susah fokus karena sering terngiang akan hal tersebut. Menjatuhkan pilihan memang terasa berat dan salah satu pihak akan terluka. Namun kasihani juga dirimu yang harus tersiksa karena dilema.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red