×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips ini membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit

0

Kesehatan

6 Tips ini membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit

Tidur yang cukup dan teratur juga dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Cahyo Tri Aprianto

30 / 08 / 2020 14:50

Ada alasan mengapa 40 kedipan mata kamu sering disebut sebagai "tidur nyenyak". Ternyata, agar bisa bangun setiap hari dengan kulit tampak sehat, seseorang butuh banyak menutup mata. Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit, menurut ahli kulit terkemuka.

“Tidur penting untuk semua sistem tubuh dan fungsinya,” kata Judith Hellman, MD, dokter kulit bersertifikat. “Mengenai kulit, kurang tidur menyebabkan pelepasan hormon stres kortisol, yang pada gilirannya mendorong peradangan pada kulit, menyebabkan flare-up pada kondisi seperti jerawat, psoriasis, dan bahkan eksim.”

National Sleep Foundation merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam tidur per malam untuk orang dewasa. Kurang dari itu bisa berperan dalam perkembangan keriput, kulit kendur, dan lingkaran hitam di bawah mata. Alasannya? Selama tidur, tubuhmu mengirimkan cairan ke organ dan jaringan yang perlu diisi ulang sambil membuang kelebihan cairan dari area lain.

Mempersingkat proses tersebut adalah salah satu alasan mengapa orang yang kurang tidur sering mengalami kantung mata (misalnya kantong cairan). Kurang tidur juga meningkatkan peradangan dan hormon stres yang dapat mengganggu kestabilan sistem kekebalanmu, memperburuk masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

Selain itu, mengembangkan rutinitas perawatan kulit malam hari yang sehat dapat berdampak pada penampilan kulit saat pagi hari. Ikuti tips perawatan kulit malam hari ini untuk bangun dengan kulit yang lebih baik.

Loading...

1. Selalu cuci muka sebelum tidur.

Merasa lelah bukanlah alasan untuk mengabaikan kebiasaan dasar untuk kulit yang sehat, termasuk membersihkan wajah sebelum tidur. Wanita harus memastikan untuk menghapus semua riasan karena alas bedak dan kosmetik penutup kulit lain dapat menyumbat pori-pori dan mencegah kulit bernapas dalam semalam. Luangkan dua menit sebelum tidur dan bersihkan dengan air hangat dan pembersih yang lembut. Tepuk-tepuk wajahmu hingga kering dengan handuk lembut.

2. Oleskan pelembap.

Produk apa yang digunakan dalam semalam akan berbeda tergantung pada apakah seseorang memiliki kulit kering, berminyak, atau sensitif. Seorang dokter kulit dapat membantu menentukan jenis kulit pasien. Secara umum, pembersih lembut yang diikuti dengan pelembap adalah pilihan yang tepat, kata Robin Evans, MD, dokter kulit bersertifikat. “Bagi kebanyakan orang, pelembap yang kaya akan emolien harus diaplikasikan setelah pembersihan yang benar sebelum tidur,” katanya.

Carilah pelembap yang terasa melembapkan dan menenangkan, tetapi tidak terlalu berat. Untuk orang yang rentan berjerawat, carilah produk yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Artinya produk tersebut dibuat tanpa bahan komedogenik (penghambat pori) yang terdapat pada beberapa pelembap dan cenderung tidak terlalu beraroma, yang juga dapat mengiritasi kulit sensitif.

3. Periksa antioksidan.

Orang yang membersihkan dan melembapkan wajahnya setiap malam dan masih merasa terbangun dalam keadaan lelah dapat memanfaatkan produk yang mengandung antioksidan, termasuk vitamin C dan teh hijau yang dapat membantu perbaikan kulit dalam semalam.

4. Pertimbangkan produk anti penuaan.

Tidak ada produk yang akan menghapus garis-garis halus atau kerutan seluruhnya, tetapi mengoleskan serum anti-penuaan dan krim mata sebelum tidur dapat membantu. Saat tidur, produk yang meresap ke dalam kulit memungkinkan hasil yang lebih kuat.

5. Berikan sesuatu produk ke wajah sebagai permulaan.

Untuk hasil terbaik, biarkan produk kecantikan malam harimu meresap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum tidur. Menerapkannya sekitar 15 menit sebelum berbaring membantu mencegahnya bergesekan di seprai atau menyentuh sarung bantalmu yang dapat membuat mata kamu iritasi.

6. Tidurlah tujuh hingga sembilan jam.

Selama tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan manusia, bahan yang diperlukan untuk produksi kolagen. Protein yang membuat rambut berkilau, kuku kuat, dan kulit bercahaya.

Kurang tidur meningkatkan kadar kortisol yang dapat mengganggu produksi kolagen. Jika waktu tidurmu berubah belakangan dan baru-baru ini, cobalah memajukannya secara bertahap dalam rentang 15 menit selama satu atau dua minggu hingga kamu mencapai setidaknya waktu minimum tujuh jam.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red