Kalian sudah pada tau Black MIrror? Serial sains fiksi yang dirilis sejak 2011 ini memang fenomenal. Serial yang sudah berjalan sebanyak 4 season dan punya 19 episode ini menceritakan berbagai macam teknologi yang bisa mengubah dunia, termasuk perilaku manusianya.

Eits, kalo diperhatiin, beberapa teknologi ini menjadi kenyataan loh. Padahal, serialnya dirilis sebelum banyak orang yang tahu tentang teknologi tersebut. Gak percaya? Coba cek aja 6 di antaranya berikut ini:

1. Manusia Rating

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Episode ini menceritakan seorang wanita yang hidup di dunia di mana rating adalah hal penting untuk menilai seseorang. Rating ini bisa didapat dari orang lain, baik itu teman, tetangga, sampe orang yang hanya berpapasan. Tentu aja, semakin tinggi rating yang ia dapat, maka hidupnya semakin mudah.

Faktanya, dilansir di Wired, negeri Tiongkok pada tahun 2020 akan memberlakukan sistem serupa yang bernama social credit. Jadi, pemerintah akan menilai positif atau negatif seseorang berdasarkan rating orang tersebut.

2. Robot anjing

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Episode ini menceritakan kepunahan manusia akibat teror dari anjing-anjing robot yang memburu dan membunuh manusia. Kecanggihan robot-robot ini gak perlu diragukan, mereka bisa menembak, melacak, membuka pintu, dan ngebom.

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Hebatnya, baru-baru ini beredar kabar bahwa sebuah perusahaan yang bernama Boston Dynamics mengembangkan teknologi serupa, berupa robot anjing yang diberi nama BigDog. Robot ini bisa melakukan hal-hal unik, seperti berlari, mengenali pemilik, sampe membuka pintu sendiri!

3. Animasi Emoji

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Sebuah media ternama di Inggris memiliki program The Waldo Moment di mana terdapat tokoh animasi yang menginterview orang penting di negara tersebut. Tokoh animasi ini meniru gerakan seseorang di belakang layar. Di serial tersebut, Waldo mencalonkan diri menjadi anggota parlemen dengan melakukan berbagai kampanye hitam melawan pesaing-pesaingnya.

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Teknologi ini diterapkan oleh Apple yang menyediakan fitur Animojis di Iphone X. Konsepnya mirip sama Waldo. Animojis mengubah raut dan gerak bibir pengguna iPhone X menjadiavataryang bisa beranimasi layaknya Waldo.

4. Teknologi AI

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Terinspirasi dari Star Trek, di mana terdapat awak pesawat luar angkasa yang semua anggotanya merupakan hasil kreasi digital yang dibuat dari DNA asli orang tersebut. Yah, mirip menggunakan teknologi AI. Nah, dunia ini dipegang sepenuhnya oleh satu orang. Jadi, orang ini bisa menciptakan dunianya sendiri dengan menggunakan teknologi AI yang menyerupai dengan dunia nyata!

Teknologi ini bisa menjadi nyata. Apalagi dengan adanya teknologi AI yang bisa menduplikasi/replikasi sesuatu. Bahkan, menurut penelitian teknologi Seagate, 96% dari pengamat IT percaya bahwa teknologi AI mampu mendorong produktivitas dan kinerja bisnis. Mereka juga percaya dalam waktu dekat investasi dibidang IT dapat mendukung penggunaan teknologi AI ini.

5. Drone Lebah

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Epsiode ini menceritakan dunia yang geger di jagat social media, di mana orang bisa nge-tweet untuk membunuh orang-orang yang ia benci dengan menggunakan hashtag #deathto. Pembunuhan ini menggunakan teknologi berbentuk lebah dalam jumlah yang sangat banyak. Lebah ini diretas untuk membunuh orang-orang tersebut. Lebah ini memiliki berbagai teknologi, mulai dari pengawasan seperti drone dengan menggunakan pengenalan wajah alias face recognition dank ode-kode unik.

Eits, teknologi yang didapat dalam lebah ini juga bisa menjadi kenyataan. Buktinya, saat iniSeagatesudah punya teknologi hard disk pengawasan bernamaSeagateSkyhawk yang disesuaikan untuk beban kerja CCTV non stop dengan kapasitas mencapai 10TB. Skyhawk ini bisa merekam hingga 90% dari waktu sekaligus mendukung hingga 64 kamera HD CCTV. Jika teknologi yang sudah publik ini sudah tersedia di 2018, maka bukan tidak mungkin teknologi yang lebih canggih akan tersedia dalam waktu dekat, apalagi untuk sektor pemerintah dan keamanan negara.

6. Mobil pizza otomatis

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Di episode ini, terdapat mobil pizza tanpa pengemudi yang bergerak otomatis mengantar pizza ke berbagai tempat. Uniknya, salah satu perusahaan Pizza terbesar di dunia, Pizza Hut baru-baru ini memamerkan teknologi mereka berupa mobil otomatis yang bekerja sama dengan perusahaan mobil asal Jepang, Tokyo.

6 Prediksi mencengangkan Black Mirror yang jadi kenyataan

Itulah beberapa prediksi menarik dari serial Black Mirror ang ternyata menjadi kenyataan. Kalo digunakan secara berlebihan, teknologi ini tentu bisa berdampak buruk bagi umat manusia. Namun, kalo digunakan sebagaimana mestinya tentu teknologi ini bisa bermanfaat buat banyak orang.